Even putaran final Piala Eropa 2016 tinggal menghitung hari. Tidak hanya tuan rumah Prancis yang melakukan banyak persiapan, tapi juga tim-tim lainnya yang berusaha menyajikan penampilan terbaiknya. Buat para fans, tentunya menjadi impian untuk menyaksikan langsung performa tim kesayangan mereka di Perancis.

potensi keuntungan tuan rumah Euro 2016

Memang, setiap event besar seperti Euro atau Piala Eropa, negara yang menjadi tuan rumah akan kebanjiran rejeki yang cukup besar selama penyelenggaraan tersebut. Panitia penyelenggara Euro 2016 memprediksi Perancis akan kebanjiran paling sedikit 3 juta pengunjung yang akan datang silih berganti untuk mendukung tim kesayangan mereka berlaga mulai putaran group hingga mencapai partai final jika berhasil lolos. Total akan ada 30 hari penuh penyelenggaran kompetisi sepakbola Eropa yang hanya berlangsung 4 tahun sekali tersebut.

Tentunya sebagian besar pendatang nantinya adalah yang berniat menonton langsung pertandingan dari serangkaian jadwal Piala Eropa 2016. Mereka adalah para pecinta sepakbola yang tidak ingin kehilangan momen ini. Namun juga tidak menutup kemungkinan juga para wisatawan biasa yang memang ingin berlibur di Perancis.

Hal ini diprediksi akan meningkatkan pendapatan berbagai sektor ekonomi di Perancis. Apalagi hampir dipastikan, seluruh pengunjung akan membelanjakan uangnya untuk makanan, minuman, kudapan, hingga pernak-pernik yang berkaitan dengan Piala Eropa 2016 (Euro 2016).

biaya hidup selama piala eropa 2016

Menurut France Football, menjelang penyelenggaraan Piala Eropa 2016 ini dipastikan seluruh harga bakal melonjak tinggi, hingga mencapai level 50-100%. Hal ini terutama berpengaruh pada sektor makanan berat dan minuman. Situs olahraga terbesar di Perancis ini memprediksi seluruh café maupun resto yang berada di kota penyelenggaraan Piala Eropa, akan menaikkan harganya secara maksimal.

Hasil yang sama juga diprediksi oleh lembaga riset asal Inggris, Hitachi Capital. Mereka memperkirakan biaya hidup minimal yang harus dikeluarkan para suporter sepak bola saat berada di Perancis adalah sekitar 1600 euro, atau sekitar 32 juta rupiah. Angka tersebut hanya berlaku untuk menghadiri 3 pertandingan saja, dan belum termasuk biaya transportasi lho.

Seandainya para fans setia menemani timnas favoritnya hingga lolos sampai ke final, biaya hidupnya akan terus membengkak. Bahkan jika memilih untuk menginap di lokasi terbuka, seperti fans camp atau penginapan khusus backpacker, mereka harus merogoh kocek setidaknya 6500 euro atau Rp 130 juta rupiah. Fantastis bukan!

para fans yang menonton Euro 2016

Hitachi Capital memberikan contoh untuk biaya hidup supporter timnas Inggris. Saat mendukung tim berjuluk The Three Lions di fase grup melawan Wales, Rusia, dan Slovakia, mereka harus mengeluarkan dana untuk tiket, akomodasi, dan biaya hidup selama berada di Perancis. Untuk pembelian tiket fase knock-out, dana yang digelontorkan berada di angka minimal 6 juta rupiah. Selain itu terdapat tambahan biaya penginapan selama 2 hari yang mencapai angka 2 juta rupiah.

Menonton pertandingan pun belum lengkap tanpa membawa camilan di tangan. Tambahan uang minimal sebesar 100 ribu rupiah untuk setiap kali para supporter menyaksikan penampilan tim pujaannya. Biar makin seru, kenakan juga replika kostum tim kesayangan dengan mengeluarkan dana 1 juta rupiah. Belum lagi 1,2 juta rupiah yang dikeluarkan untuk berbagai program pada hari pertandingan. Total dana yang harus dikeluarkan untuk menikmati beberapa pertandingan saja sudah lebih dari 10 juta rupiah.

Walaupun demikian, Gerald Grimes yang menjabat Direktur Operasional Lembaga Riset Hitachi Capital, mengungkapkan biaya hidup para fans Piala Eropa2016 ini masih lebih rendah, ketimbang saat penyelenggaraan Piala Dunia 2014 yang lalu. Namun, ia mengharapkan para pecinta sepakbola yang menyempatkan diri menyaksikan pertandingan tim kesayangannya secara langsung, harus bertindak cermat dan hemat. Apalagi banyaknya hal yang ditawarkan oleh penyelenggara Euro 2016. Setidaknya, harus ada ekstra dana kaget, minimal 1000 euro atau kurang lebih 20 juta rupiah.

[youtube]xiQ7e5_yny4[/youtube]

Mulailah dengan menghemat dana-dana yang bisa ditekan, seperti penggunaan akomodasi yang sederhana, menekan biaya transportasi dengan mengikuti rombongan tim, serta berhemat dalam hal makanan, kudapan, atau membeli pernak-pernik berbau Euro 2016. Nah, apakah ada yang berminat menonton Piala Eropa 2016 di Perancis secara langsung?

Last edited 26 June 2016