“Facebook’s mission is to give people the power to share and make the world more open and connected.”


Terasa hangat dalam ingatan kita bahwa sebenarnya dunia ini terjadi melalui proses evolusi yang sangat panjang, bahkan Charles Darwin menganggap nenek moyangnya berasal dari kera yang berevolusi. Demikian pula halnya dengan Facebook sebagai social media. Sejak awal berdirinya, Facebook telah berkembang dan mengalami evolusi yang cukup besar. Jika dilihat dari sejarahnya, Facebook hanya dikenal di kalangan mahasiswa Universitas Harvard, tempat dimana Mark Zuckerberg (founder Facebook) menempuh pendidikan kuliahnya.

Bermula dari sebuah visi dan misi yang sederhana, yaitu menghubungkan teman-teman kampus di Harvard untuk bisa saling mengenal satu sama lain melalui platform Internet, Facebook kini mampu menghubungkan orang-orang yang ada diseluruh belahan dunia. Menurut Facebook, "Saat ini orang-orang menggunakan Facebook untuk bersaing dengan teman-temannya dalam hal meng-upload koleksi foto-foto, video, berbagi link, serta mempelajari lebih lanjut tentang orang yang mereka kenal baik dalam dunia nyata maupun yang baru mereka temui di Facebook".

enter image description here

Aplikasi situs yang dikembangkan oleh Mark Zuckerberg pada awalnya juga masih sederhana, namun sudah memberikan nilai plus dari sisi interaktif, intuitif, user-friendly. Perlahan namun pasti beragam aplikasi yang lebih kompleks telah disiapkan oleh Facebook untuk bersaing ditingkat global.

Facebook telah menyatakan misinya dengan berfokus pada penyediaan teknologi yang memungkinan seseorang untuk bisa berkomunikasi dengan komunitas yang dikenalnya melalui Internet. Banyak dari mereka merasa diuntungkan dengan adanya Facebook ini karena mereka dapat terhubung dengan teman, kekasih, dan famili. Mereka juga dapat mengikuti perkembangan dunia dan berbagi serta mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran mereka.

Sebenarnya visi yang dikehendaki oleh pendiri Facebook hanyalah menghubungkan antara orang yang satu dengan yang lain. Namun dalam perkembangannya Facebook ternyata sanggup menghubungkan orang dengan organisasi dan perusahaan.

Jadi kita bisa menyimpulkan bahwa Facebook bukan hanya sekedar website semata, namun lebih memberikan fungsi yang lebih besar bagi dunia. Pertanyaannya, setelah semua orang yang ada di dunia terhubung satu dengan lain melalui media sosial ini, apa dampaknya bagi kehidupan manusia??

Apakah dunia bisa menjadi lebih baik?? atau justru menjadi semacam provokasi dunia maya, dimana orang-orang menjadi lebih senang berhubungan secara virtual dibandingkan berhubungan dalam alam yang nyata??

How do you think??

Last edited 26 June 2016