Video Review Aplikasi BBM (BlackBerry Messanger) di Android

1
708 Posts
910 Points

Aplikasi BBM (Blackberry Messanger) memang pernah booming di Indonesia beberapa tahun yang lalu. Namun sejak kedatangan penantang baru di dunia smartphone, yaitu Android, Blackberry di Indonesia semakin tergerus peminatnya. Kondisi perusahaan RIM yang memproduksi Blackberry juga sudah diambang kebangkrutan.

Dipasar gadget, Blackberry semakin terhimpit oleh pesatnya perkembangan Android, bahkan kini smartphone Android sudah menggeser posisi Apple sebagai penguasa pasar smartphone dunia. Untuk mengatasi hal ini RIM sepertinya membuat strategi baru untuk menyelamatkan perusahaan RIM dari kebangkrutan, yaitu dengan memfokuskan diri di layanan messagingnya yaitu BBM.

enter image description here

Strategi baru yang dicanangkan oleh RIM adalah "BBM for All", artinya layanan BBM sudah tidak lagi eksklusif hanya bagi pengguna gadget Blackberry. Dengan ini, pengguna Android dan iOS akan dapat menikmati layanan tersebut juga.

Rencananya Aplikasi BBM ini akan tersedia untuk umum dan bisa di download pada tanggal 22 September 2013. Namun karena masalah teknis rencana ini tertunda. Aplikasi BBM di Android ternyata banyak yang 'palsu', hal ini yang menjadi alasan ditariknya aplikasi tersebut dari Google PlayStore (Android) dan AppStore (iOS).

Satu bulan berselang, akhirnya Blackberry benar-benar meluncurkan aplikasi BBM untuk Android dan iOS. Belajar dari pengalaman sebelumnya, maka untuk kali ini, yang berminat untuk mendownload aplikasi ini seperti dibuat 'antrian' alias 'waiting list'. Akibatnya mungkin hingga saat ini ada yang belum bisa memiliki aplikasi BBM tersebut. Meski demikian pihak Blackberry mengklaim bahwa pada hari peluncurannya, 22 Oktober 2013 kemarin, sudah ada lebih dari 10 juta unduhan. Ini menunjukkan tingkat antusiasme yang sangat tinggi dari para pengguna smartphone Android dan iOS.

Mampukah strategi BBM for All ini menyelamatkan RIM, mengingat pasar chat dan messaging di Android juga sudah tidak sepi dari pesaing, seperti LINE, Whatsapp, KakaoTalk, WeChat, dsb. Dimana masing-masing layanan tersebut sudah eksis dan memiliki ratusan juta pengguna di Android.

Kita nantikan saja....

Last edited 27 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1 Posts/Answers
0
23 Posts
91 Points
heryadi posted this in Android

Fitur BBM di Android sempat membuat pasar penjualan HP dan smartphone Android melonjak dengan tajam. Mungkin BBM memang masih mendapatkan tempat di hati para pecinta gadget di Indonesia. Apalagi dengan kehadiran BBM di Android yang mana handsetnya lebih murah, maka jumlah penggunanya pun bisa lebih luas. Belum lagi dengan banyaknya yang beralih ke ponsel Android dari ponsel Blackberry.

Apakah strategi ini justru tidak membuat perangkat Blackberry tidak laku nantinya? berhubung harganya yang tergolong mahal untuk kalangan menengah.....

Last edited 12 May 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: