Hyperhidrosis (Keringat Berlebih) Dan Tips Mengatasinya

1
55 Posts
68 Points

Manakala saya masih remaja, saya gemar berolahraga, yaitu bulutangkis. Sebelum melakukan aktifitas tersebut, maka saya harus mengadakan pemanasan dengan cara berolahraga ringan. Saya melihat teman saya hanya dengan olahraga ringan keringat terus mengucur,sehingga seluruh kaos menjadi basah kuyup. Orang ini gemar makan yang pedas, asam, serta buah mentah yang asam seperti mangga muda. Anehnya yang mengucur deras justru bagian wajah dan leher. Gejala seperti ini menurut pakar dokter diberikan istilah hiperhidrosis.

Hyperhidrosis (Keringat Berlebih)

Hiperhidrosis sangat mengganggu diri kita karena sering menimbulkan aroma yang tidak sedap, sehingga kita kurang pede jadinya. Beberapa jenis hiperhidrosis yang ditulis oleh beberapa buku kesehatan, diantaranya:

  1. Hiperhidrosis Primer. Hiperhidrosis primer bisa terdeteksi ketika masa kecil atau juga muncul di masa remaja, hal ini dikarenakan faktor turunan dan belum ada penelitian lebih lanjut. Namun hiperhidrosis primer ini muncul keringat berlebih pada tangan, kaki, wajah, lipatan lengan, lipatan paha, dsb.

  2. Hiperhidrosis Sekunder. Hiperhidrosis sekunder biasanya lebih merupakan akibat dari zat medis tertentu yang diminum dan hanya merupakan side effect saja dari obat-obatan kimia tertentu. Orang yang mengalami hiperhidrosis sekunder biasanya berkeringat pada bagian umum dan mengalami keringat berlebihan saat rehat. Selain itu juga terjadi pada bagian tangan, wajah, lipatan lengan, lipatan paha, dan lengan.

Saya mencoba bertanya apakah memang keringat tersebut hanya mengucur di bagian wajah dan leher, jawabnya YA. lalu saya mencoba untuk memberikan kepadanya resep agar keringat tersebut bisa diatasi dengan cara yang sehat. Bukan menggunakan obat-obatan dokter namun lebih pada pemberian herbal yang sehat dan alami tanpa campuran bahan kimiawi.

Cara Pengobatan Hiperhidrosis (Keringat Berlebih)

Datanglah berobat ke dokter spesialis untuk mendapatkan diagnosa yang tepat. Para dokter biasanya memberikan obat topikal dan sistemik yang sangat baik digunakan dalam pengobatan hiperhidrosis. Pemberian suntikan iontophoresis dan toksin botulinum juga dapat mengobati.

Kadang-kadang hiperhidrosis juga bisa disebabkan oleh masalah psikologis: cemas, stress, dan depresi. Dalam kasus ini, biasanya dokter memberikan obat-obat penenang (anti-depressants) agar dapat membantu mengatasi masalah ini.

Ada cara yang lebih alami dalam mengatasi hiperhidrosis atau keringat berlebih, diantaranya adalah:

  • Mengkonsumsi buah manggis dan lapisan dalam dari kulit manggis yang dikerok lalu di juice dan disaring lalu ditambahkan dengan madu asli secukupnya.
  • Mengkonsumsi buah kiwi atau jus anggur segar setiap hari dalam beberapa hari.
  • Mengoleskan fermentasi sari buah apel pada bagian lipatan paha atau lengan dapat mencegah bau yang tidak sedap sekaligus mengurangi hiperhidrosis (keringat berlebih).

Selamat mencoba... dan konsultasikan kepada dokter yang berkompeten bila kurang memuaskan...

By the way, mungkin anda punya tips tambahan terhadap hiperhidrosis tersebut, anda bisa menambahkan agar bisa menjadi saluran berkat bagi orang lain yang mengalami hiperhidrosis...

Last edited 03 January 2015


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2 Posts/Answers
0
25 Posts
70 Points
guest posted this in Tips-tips Kesehatan

Perkenalkan saya JODY, Senang boleh mendapatkan info HYPERHIDROSIS ,karena saya sangat banyak keluar keringat sejak masa puber 15tahun ,sekarang usia 22 tahun masih tetap aja keluar keringat di bagian ketiak dan leher .Khusus ketika saya makan pedas dan asam , keringat mengucur deras , saya coba minum jus kiwi tersebut ternyata berkurang banyak makasih infonya.


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

0
25 Posts
70 Points
guest posted this in Tips-tips Kesehatan

Aku juga bersyukur kalau ada info hyperhidrosis sehingga aku bisa mencegahnya sejak dini ,karena ayahku juga begitu .Maaf kadang udah mandi tapi selang 3 jam baunya seperti lidah buaya mentah . OBAT apa yang cocok buat bau badan yang ,maaf, bikin mual ,tolong solusinya .

Last edited 12 May 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: