Beberapa orang menilai kecerdasan atau kepandaian dengan tolok ukur yang standar, seperti nilai tes dan rata-rata indeks prestasi. Beberapa yang lain menghubungkan kepandaian dengan akal sehat, yaitu kemampuan memecahkan masalah.

Meskipun ada berbagai pandangan yang berbeda mengenai kecerdasan, kita bisa sepakat bahwa otak manusia adalah kunci untuk semuanya. Otak memiliki kapasitas yang besar untuk dapat beradaptasi, saling terhubung, dan tumbuh. Jaringan saraf otak dapat diperluas dan diperkuat melalui pengalaman belajar. Rangsangan membuat otak lebih kuat dan lebih penting.

enter image description here

Riset membuktikan bahwa kemampuan otak manusia rata-rata hanya digunakan 10%nya saja, sementara 90%nya belum digunakan potensinya. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kapasitas otak anda yang artinya bisa meningkatkan kecerdasan kita:

  1. Praktek meditasi. Meski setiap orang dapat memiliki pandangan yang berbeda mengenai cara untuk melakukan meditasi, tetapi pada umumnya melibatkan ketenangan dan latihan pernapasan yang terfokus untuk mencapai keadaan mental yang stabil.

    Sebuah studi menunjukkan bahwa meditasi setiap hari secara teratur dapat membuat struktur otak menjadi lebih baik bahkan dapat meningkatkan ukuran bagian-bagian dari korteks serebral. Tidak mengherankan, beberapa perusahaan terkemuka di dunia dan berpikiran maju menawarkan kelas meditasi untuk karyawan mereka.

  2. Latihan Otak. Otak juga memerlukan latihan. Latihan rutin bagi otak mampu mempertahankan kekuatan dan vitalitas.

    Beberapa kegiatan yang menyenangkan seperti bermain teka-teki silang, Sudoku, menyikat gigi dengan tangan yang berlawanan, atau berjalan dengan cara yang berbeda, bahkan hanya dengan membaca artikel ini sebenarnya juga memberikan otak kita sedikit latihan.

  3. Waktu tidur. Tidak banyak orang yang mengetahui tentang hubungan antara tidur dengan kerja otak. Selama bertahun-tahun orang salah menduga bahwa otak akan berfungsi bekerja pada saat tidur, seperti hanya diisi ulang.

    Penelitian sekarang menunjukkan bahwa otak benar-benar dapat melakukan beberapa fungsi penting selama tidur. Informasi dari hari sebelumnya akan didaftarkan dan dimasukkan ke dalam struktur memori yang tepat sehingga dapat mempermudah akses memori jangka pendek hingga jangka panjang. Tidur malam yang baik dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan kemampuan untuk fokus.

  4. Menjaga KesehatanTubuh. Tubuh manusia pada dasarnya saling terhubung, jadi tidak bisa hanya menjaga salah satu bagian tanpa yang lain.

    Latihan fisik adalah baik dan secara tidak langsung juga mempengaruhi otak manusia. Dengan meningkatkan aliran sirkulasi darah ke otak, maka tingkat oksigen dan glukosa ke otak juga meningkat. Makanan sangat berpengaruh dengan kesehatan otak. Beberapa makanan seperti minyak ikan, ikan, telur, protein, sayuran hijau, teh hijau, teh herbal dan kacang-kacangan merupakan "makanan yang baik untuk otak".

Last edited 12 May 2014