Kisah Facebook Yang Diangkat ke Layar Lebar

Tidak berlebihan bila situs pertemanan Facebook menjadi bahan sorotan media beberapa tahun belakangan ini. Siapa yang pernah menyangka situs pertemanan yang dikembangkan oleh Mark Zuckerberg ini bisa berkembang menjadi perusahaan raksasa dunia dan mempengaruhi kebudayaan dunia saat ini. Faktanya, tercatat sudah ada lebih dari 1 miliar orang yang terdaftar dalam situs jejaring sosial Facebook, dan hampir sebagian besar mereka merupakan pengguna aktif.

Facebook telah menjadi bagian dari budaya pop yang sangat erat dengan kehidupan banyak orang saat ini. Bahkan proses IPO (Initial Public Offering) Facebook menjadi momen yang bersejarah bagi industri digital dunia. Dengan banyaknya sorotan publik dan media massa yang diarahkan kepada Facebook, maka tidak heran kisahnyapun layak diangkat ke layar kaca dalam bentuk film dan bahkan mendapatkan beberapa penghargaan dalam nominasi film terbaik pada tahun 2010.

enter image description here

The Social Network, itulah judul film yang diadaptasi dari novel non-fiksi karya Ben Mezrich berjudul The Accidental Billionaires yang diarahkan oleh nominasi Academy Award, David Fincher. The Social Network mengisahkan perjalanan seorang Mark Zuckerberg menciptakan Facebook. Dalam film tersebut dikisahkan Mark yang diperankan oleh Jesse Eisenberg, sedang mengalami sebuah kencan yang buruk bersama Erica (Rooney Mara). Mark kemudian mencoba melampiaskan kekesalannya dengan membuat situs facemash.com yang salah satu fiturnya adalah mampu membandingkan dua orang wanita untuk dipilih sesuai selera bagi mereka yang masuk ke situs ini.

Keisengan Mark dan kawan-kawannya ini ternyata berhasil menarik perhatian saudara kembar Winklevoss bersaudara (Armie Hammer) yang ingin membuat sebuah situs harvardconnection.com. Mereka menawarkan kerjasama yang akhirnya diterima oleh Mark. Dengan berjalannya waktu, ternyata Mark mengembangkan sendiri pikirannya ke dalam situs yang awalnya ia beri nama thefacebook. Tanpa diketahui Winklevoss bersaudara, Mark berhasil meluncurkan thefacebook dikalangan mahasiswa Harvard, yang menjadi cikal bakal situs jejaring sosial terbesar di dunia saat ini, yaitu Facebook.

The Social Network memang bercerita bagaimana perjalanan seorang Mark Zuckerberg menciptakan Facebook. Namun David Fincher juga menampilkan beberapa konflik yang menarik selama 120 menit film berlangsung. Konflik antara Mark dan Winklevoss bersaudara yang menuntut facebook sebagai ide mereka. konflik antara Mark dan Eduardo Saverin (Andrew Garfield) kawan sekaligus lawan dalam memperebutkan pengakuan di dalam pengembangan Facebook. Ditambah kisah Mark dan Erica yang memiliki pandangan berbeda dalam hidup. Sampai perkenalannya dengan Sean Parker (Justin Timberlake) sang pencipta Napster yang akhirnya mengubah thefacebook menjadi facebook. Dengan tagline film, You Don’t Get To 500 Million Friends Without Making A Few Enemies. The Social Network digambarkan dengan pas oleh sang sutradara.

Klik link video dokumentasi dibalik pembuatan film "The Social Network" untuk melihat beberapa hal yang cukup menarik dalam penggarapan film ini.

Last edited 2 weeks ago