Tahun 2012 adalah tahun di mana pasar tablet di Indonesia mulai menggeliat. Banyak produsen tablet luar negeri yang laris manis penjualannya di Indonesia, seperti iPad dan varian Samsung Galaxy Tab. Meskipun kualitasnya memang bagus, tapi banyak orang yang tidak punya budget besar untuk membeli tablet-tablet tersebut, yang rata-rat dibanderol dengan harga 5 juta ke atas. Sebagian agak 'eman' beli tablet dengan harga segitu, karena sudah bisa digunakan untuk membeli notebook baru yang bisa dipakai untuk kerja.

enter image description here

Untungnya di pasar indonesia ada alternatif Tablet PC dengan harga yang relatif murah, berkisar 1 juta hingga 2 juta rupiah. Kebanyakan tablet-tablet tersebut menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Bahkan versi sistem operasi Android yang diusung tidak kalah dengan merek Brand ternama. Sayangnya, karena mereka menjual dengan harga yang sangat miring, banyak vendor yang menurunkan kualitas dan performa tablet tersebut.

Nah, tablet lokal apa sih yang layak untuk dibeli dengan budget 1-2 juta, yang performanya tidak mengecewakan. Kalau saya sementara ini mengincar beberapa produk berikut sebagai daftar target pembelian:

  1. Smartfren AndroMax Tablet (Harga 1,5 jutaan)

  2. Axioo Pico Pad 7 (Harga 1,4 jutaan)

  3. Advan Vandroid T6 (Harga 1,9 jutaan)

Kalau menurut teman2 mana yang paling layak dibeli?? yang performanya tidak mengecewakan?? Atau punya usulan yang lain??

Last edited 26 June 2016