Berapa Gaji Pekerja Bank di Jakarta?

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh lembaga penyedia tenaga kerja Kelly Services Indonesia yang dirilis Juli 2011 dan berlaku hingga Juli 2012, gaji para pekerja bank ternyata besar, mulai dari rentang 3 juta/bulan (para teller, customer service) hingga mencapai 150 juta/bulan (untuk posisi Finance Director).

Bank yang menjadi obyek survei adalah perusahan asing dan perusahan dalam negeri dengan pengukuran/ penilaian rata-rata dari masing-masing bank sehingga dapat menjadi acuan kita berapa standar gaji pekerja bank pada posisi tertentu di Jakarta.

enter image description here

Khusus untuk profesi yang ada di bank ini , jabatan yang tersedia lebih spesifik dibanding profesi dalam industri lainnya dan terbagi menjadi beberapa unit kerja, misalnya: Bagian Akunting dan Finance, Back Office, Bagian Kredit, serta bagian operasional pada umumnya.

Berikut hasil survei dari Kelly Service:

BANKING – ACCOUNTING & FINANCE

Finance Director/CFO Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja lebih dari 12 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp80 juta s.d 150 juta.

Financial Controller Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja antara 10-12 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp40 juta s.d 80 juta.

Senior Finance Manager Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja antara 8-10 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp30 juta s.d 40 juta.

BANKING – MIDDLE OFFICE CREDIT

Head of Credit Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja lebih dari 12 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp45 juta s.d 70 juta.

Senior Vice President Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja lebih dari 10 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp40 juta s.d 45 juta.

Vice President Degree Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja lebih dari 7 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp30juta s.d Rp 40juta.

Senior Associate Degree Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja antara 2-4 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp20 juta s.d 25 juta

BANKING – BACK OFFICE CORPORATE ACTIONS

Director Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja lebih dari sembilan tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp45 juta s.d 55 juta.

Associate Director Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja antara 6-9 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp30 juta s.d 40 juta.

Analyst Dengan gelar minimal S1 danpengalaman kerja antara 3-5 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp8 juta s.d 10 juta.

SETTLEMENTS

Manager Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja lebih dari 4 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp20 juta s.d 25 juta.

GENERAL OPERATIONS

Bank Teller Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja 1-3 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp2 juta s.d 2,8 juta.

Customer Service Officer Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja 2-3 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp3 juta s.d 6 juta.

Bank Auditor Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja 2-3 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp3,5 juta s.d 6,25 juta.

Collection/Debt Recovery Officer Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja 2-3 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp1,75 juta s.d 3,75 juta.

Compliance Officer Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja 2-3 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp3,5 juta s.d 5,9 juta.

Securities/Equities Dealer Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja 3-5 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp3,5 juta s.d 6 juta.

FX Dealer Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja 2-3 tahun, jabatan ini tawarkan gaji antara Rp2,5 juta s.d 3,5 juta.

Personal Financial Consultant/Personal Banker Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja 2-3 tahun, jabatan inimenawarkan gaji antara Rp3juta s.d 5,5 juta.

Settlement Officer Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja 3-5 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp.4 juta s.d 7juta.

Remittance/Settlement/ Loans Clerk Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja 3-5 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp1,75 juta s.d 3,5 juta.

Bank Operations Officer Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja 0-3 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp1,75 juta s.d 3 juta.

Trade Finance Officer Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja 3-5 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp 2,75 juta s.d 4,5 juta.

Trade Finance Clerk Dengan gelar minimal S1 dan pengalaman kerja 2-3 tahun, jabatan ini menawarkan gaji antara Rp2,5 juta s.d 3,5 juta.

Itu semua hanyalah hasil survei di atas kertas. Bagaimana dengan realitanya??

Teman-teman HOPERs yang punya pengalaman bekerja di bank bisa share disini,

Silahkan bagikan pengalaman tersebut, dengan mencantumkan:

  • Posisi pekerjaan di bank
  • Gaji per bulannya
  • Tahun kerja ke berapa
  • Lokasi kerja (kota)
  • Pada tahun berapa gaji tersebut diterima.

Last edited 22 March 2014