Untuk mendaftar account baru atau menjadi member baru di Facebook bisa dikatakan mudah, anda hanya perlu memiliki alamat email aktif dan juga berusia di atas 13 tahun (ini sesuai kebijakan penggunaan Facebook). Tapi bagi beberapa orang yang awam dengan internet, mendaftar akun baru di Facebook bisa dikatakan tidak mudah karena banyaknya step-step yang harus diikuti hingga akun tersebut selesai dibuat.

Memang beberapa orang yang tidak terlalu ambil pusing dengan detail profil mereka di Facebook, bisa men-skip beberapa langkah-langkah registrasi yang bersifat opsional, sehingga bisa lebih cepat selesai. Memang beberapa langkah yang disertakan pada waktu registrasi bisa dilakukan secara manual, dengan mengupdate profile pada waktu akun facebook sudah terbuat. Namun jika anda tidak ingin kebingungan untuk mengatur data profil paling dasar yang dibutuhkan untuk memulai di Facebook, maka usahakan untuk mengikuti step-step registrasi dengan urut dan lengkap.

Berikut ini langkah-langkah untuk mendaftar / membuat account baru di Facebook:

  1. Ketikkan alamat website Facebook pada browser yang anda gunakan http://www.facebook.com. Tampilan halaman awal Facebook akan muncul seperti berikut:

    enter image description here

    Usahakan untuk mendaftar akun baru di Facebook dengan menggunakan komputer/laptop, bukan dari handphone (step-step yang akan muncul pada panduan ini menggunakan browser di komputer).

  2. Form untuk mendaftar sebagai member baru sudah langsung muncul pada halaman awal tersebut, jadi anda tinggal mengisikan beberapa data yang diminta disana yaitu:

    • Nama lengkap, Nama yang akan ditampilkan di akun Facebook anda, misal: Budi Utomo, Nama depan: Budi, nama belakang: Utomo. Facebook menginginkan nama asli, bukan nama samaran atau nama benda atau brand (misal: sport car, basketball team, ferrarri, dsb)
    • Alamat email yang aktif, karena akan digunakan untuk verifikasi oleh Facebook. Facebook akan mengirimkan email berisi link ke email anda untuk mengaktifkan membership facebook anda. Jika anda belum memiliki email, anda bisa membuat email baru di http://mail.google.com atau http://mail.yahoo.com.
    • Password (kata sandi), bersama dengan alamat email, password akan digunakan untuk login ke Facebook.
    • Tanggal lahir, untuk memastikan apakah anda berusia 13 tahun ke atas, sekaligus menjadi remainder bagi teman-teman anda bahwa anda berulang tahun pada tanggal tersebut.
    • Jenis kelamin atau gender. (Laki-laki: male, Perempuan: female).

    enter image description here

    Jika semua data sudah diisikan dengan lengkap, klik tombol Sign Up.

  3. Tahap selanjutnya adalah untuk melengkapi data-data profil yang paling mendasar untuk menggunakan Facebook sebagai jejaring pertemanan. Pertama, Facebook akan memberikan anda pilihan untuk menemukan teman dan menambahkannya dalam daftar teman anda di Facebook dengan cara melacak daftar kontak yang ada di email anda. Ini merupakan salah satu cara tercepat untuk mendapatkan teman-teman yang sudah anda kenal di email, untuk menjadi teman anda di Facebook.

    enter image description here

    Caranya: anda tinggal memasukkan alamat email yang anda miliki (baik itu di Gmail, Yahoo mail, atau hotmail). Misal: anda ingin mendapatkan teman dari daftar kontak di Gmail. Isikan alamat email anda, kemudian tekan tombol Find Friends.

    enter image description here

    Kotak dialog baru akan muncul, Facebook meminta konfirmasi ijin dari anda untuk mengakses alamat email tersebut. Klik tombol Accept untuk mengijinkan Facebook membuka email tersebut.

    enter image description here

    Anda akan mendapatkan petunjuk untuk mengekspor alamat kontak yang ada di Gmail anda. Klik link click here untuk membuka Gmail anda.

    enter image description here

    Klik tombol More, kemudian pilih menu Export.

    enter image description here

    Anda bisa memilih secara manual data kontak mana yang akan anda undang untuk menjadi teman anda di Facebook, atau jika anda ingin semua kontak, pilih All Contact. Kemudian untuk formatnya pilih Google CSV.

    enter image description here

    Klik tombol Export untuk mendownload daftar kontak tersebut.

    enter image description here

    Tutup jendela dialog box tersebut, kemudian scroll ke bawah untuk mengupload file daftar kontak yang baru anda download tersebut. Klik tombol choose file pada bagian Upload your 'google csv'.

    enter image description here

    Facebook akan membaca daftar kontak tersebut dan anda akan diminta untuk mengkonfirmasi apakah anda ingin mengirimkan undangan kepada teman-teman kontak tersebut untuk bergabung menjadi teman anda di Facebook, Contoh uindangan yang akan dikirim adalah sebagai berikut ini:

    enter image description here

    Klik yes untuk mengirimkan undangan tersebut (send invites).

    enter image description here

    Anda bisa mengulangi langkah diatas untuk akun email lainnya yang anda miliki...

    enter image description here

  4. Tahap berikutnya adalah melengkapi data informasi profile anda (basic), yaitu nama sekolah anda (SMA / highschool), universitas tempat anda kuliah (collage / university), tempat kerja (employer), kota anda tinggal saat ini (current city), dan kota asal anda (hometown).

    enter image description here

    Data-data ini bisa anda skip (lewati), tapi sebaiknya diisikan langsung saja, karena berdasarkan data-data ini Facebook akan membantu anda menemukan teman-teman lama (teman SMA atau teman kuliah), rekan-rekan kerja, teman-teman dari kota yang sama. Facebook akan memberikan saran teman-teman yang bisa anda tambahkan menjadi teman anda nantinya.

    Data-data profil tersebut bisa anda atur agar tidak tertampil secara publik (bisa dilihat siapa saja), yaitu dengan cara mengatur privasi data tersebut pada tombol yang ada dikanan tiap informasi tersebut.

    enter image description here

    Setelah selesai melengkapi data-data tersebut, klik tombol "Save & Continue". Maka Facebook akan menampilkan daftar teman-teman yang berkaitan dengan data-data profil anda tersebut. Anda bisa menambahkan mereka menjadi teman anda dengan cara mengklik tombol Add Friend pada teman-teman yang anda kenal.

    Sebagai catatan: platform Facebook sudah semakin canggih sehingga bisa mendeteksi hubungan pertemanan anda, karena itu sebaiknya anda menambahkan teman-teman yang anda kenal di dunia yang nyata. Jika tidak akun anda bisa diblokir oleh Facebook.

    enter image description here

  5. Tahap terakhir sebelum akun anda selesai adalah mengubah gambar profil anda. Untuk mengubah gambar profil, anda bisa mengupload gambar yang ada dikomputer atau mengambil gambar secara langsung dari webcam.

    enter image description here

Untuk mengunggah foto dari komputer, pilih Upload a Photo. Pada kotak dialog baru yang muncul, klik choose file...

enter image description here

Pilih gambar yang akan anda gunakan, klik OK.

enter image description here

Klik tombol "Save & Continue"...


Yup, selesai sudah registrasi akun Facebook anda yang baru, dan siap untuk digunakan...

Jika anda melewatkan banyak step dalam proses registrasi ini, Facebook biasanya akan mengirimkan link aktivasi akun Facebook ke email anda, untuk mengkonfirmasi apakah email anda aktif. Notifikasi untuk konfirmasi ini biasanya akan muncul di bagian atas pada halaman welcome page.

enter image description here

Segera buka email anda (bisa dengan cara klik tombol "go to your email", dan cari email dari Facebook seperti yang nampak seperti berikut ini:

enter image description here

Klik tombol "Complete Sign-Up", maka akun Facebook anda sudah aktif dan siap untuk digunakan.


Untuk panduan lainnya silahkan lihat topik mengenai seri tutorial Facebook selengkapnya.

enter image description here

Last edited 12 May 2014