Facebook merupakan social media dengan basis pengguna terbesar di dunia saat ini. Berdasarkan data statistik tahun 2013 awal, Facebook dikabarkan telah memiliki lebih dari 1 Miliar pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Facebook telah mengubah cara seseorang untuk bisa saling terhubung satu sama lain.

Tidak semua pengguna Facebook mengetahui beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam menggunakan Facebook secara aman dan benar. Tidak jarang juga para facebookers kebingungan menghadapi banyaknya perubahan-perubahan tampilan dan fitur-fitur baru yang selalu ditambahkan oleh Facebook. Memang ada banyak perbaikan dari sisi antar muka (Facebook), namun bagi user yang sulit untuk beradaptasi (misalnya: para pemula) hal ini cukup membingungkan.

Untuk itu Team PeopleHOPE berupaya untuk menyediakan sebuah panduan yang lengkap bagi pengguna Facebook mulai dari tingkat pemula (awam) hingga level pengguna aktif yang ingin memanfaatkan Facebook lebih dari sekedar aplikasi untuk pertemanan. Seri tutorial Facebook ini diharapkan dapat menjadi panduan yang memudahkan para Facebookers untuk mendalami dan menggunakan fitur-fitur penting yang ada di Facebook secara maksimal.

enter image description here

Seri tutorial Facebook ini akan dipubllish secara bertahap, dengan urutan topik sebagai berikut:

Panduan untuk membuat akun facebook baru (Registrasi)

Level: Pemula

Bagian ini akan membahas langkah-langkah awal untuk bergabung di Facebook. Dimulai dari Sign Up (registrasi), yang meliputi langkah-langkah untuk mengisi info profil dasar, menemukan teman-teman pertama di Facebook, mengubah gambar profil, konfirmasi account facebook, hingga perkenalan antar muka Facebook: Home (beranda) dan Timeline (kronologi).


Panduan untuk pengaturan akun (Account Settings) dan informasi profile (Facebook Profile)

Level: Pemula

Pada bagian ini akan dibahas cara untuk melakukan pengaturan akun standar (General Account Settings), seperti mengganti nama, password, bahasa, dsb, mengupdate profile facebook, menuliskan informasi diri (tanggal lahir, tempat tinggal, pekerjaan, status hubungan, dsb), setting alamat profile facebook, membuat photo album, dsb.


Panduan untuk bergabung dalam jaringan (Network)

Level: Pemula

Panduan ini akan menjelaskan apa itu network dan cara kerjanya di Facebook, bagaimana cara bergabung dalam jaringan, keluar dari jaringan, atau membuat jaringan baru.


Panduan untuk menemukan dan mendapatkan teman (Friends)

Level: Pemula

Bagian ini dikhususkan untuk membahas seputar pertemanan di Facebook, bagaimana cara kerja pertemanan di Facebook, mengirimkan undangan (invitation) kepada orang untuk menjadi teman kita di Facebook, menerima permintaan (request) untuk menjadi teman, melihat informasi mengenai teman kita, mengatur dan mengorganisasikan teman-teman tersebut pada profil kita, serta bagaimana cara memutuskan hubungan pertemanan (Unfriending).


Panduan untuk mengirim pesan kepada teman (Messaging).

Level: Pemula

Bagian ini akan menjelaskan fitur-fitur di Facebook untuk berinteraksi dengan cara mengirim dan menerima pesan dari teman, melakukan chatting di Facebook, poke, serta menulis di wall teman.


Panduan untuk melihat dan mengatur update pertukaran informasi (Feeds and notification)

Level: Pemula

Pada bagian ini kita akan melihat beberapa macam informasi update yang ada di Facebook, seperti news feeds, mini feed, notification, subscription, dan notes (blog). Melalui update info ini kita bisa mendapatkan informasi mengenai teman, kejadian terupdate, dan informasi menarik lainnya dengan cepat.


Panduan untuk bergabung dalam group (Facebook group)

Level: Intermediate

Di Facebook kita dapat bergabung dalam sebuah group. Di sini kita akan mempelajari lebih lanjut mengenai apa itu group di Facebook? bagaimana cara menemukan dan bergabung dalam group, berpartisipasi dalam group, serta membuat group baru.


Panduan untuk membuat dan mengatur events (Facebook events)

Level: Intermediate

Selain digunakan untuk aktifitas pertemanan, Facebook juga dapat digunakan sebagai aplikasi yang dapat mengatur dan mengorganisasikan event-event. Kita akan sama-sama mempelajari apa itu Events dan jenis-jenisnya di Facebook, bagaimana cara menemukan event-event umum, dan membuat event yang baru.


Panduan untuk membuat iklan dan promosi di Facebook (Ads and Pages)

Level: Intermediate

Sudah tidak asing lagi bahwa Facebook bisa menjadi salah satu tempat untuk beriklan dan berpromosi yang menarik. Kita akan membahas hal itu pada bagian ini, yaitu mengenai Facebook pages, social ads, menghubungkan facebook ke website kita, dsb.


Panduan untuk keamanan dan privasi (Security and Privacy)

Level: Intermediate

Pada bagian ini kita akan membahas sektor keamanan dan privasi data-data kita yang ada di Facebook. Untuk melindungi data-data kita yang bersifat pribadi agar tidak menjadi konsumsi publik, dengan cara mengontrol apa saja yang kita bagikan kepada umum, mengatur hak akses ke account facebook kita, serta menyesuaikan beberapa setting privacy awal (default).


Seri tutorial ini akan terus diupdate dan dilengkapi berdasarkan fitur-fitur baru dan update-update baru yang ada di Facebook.

Anda juga bisa memberikan usulan topik yang akan dimasukkan dalam seri panduan lengkap facebook ini dengan memberikan tanggapan atau komentar pada topik ini.

Last edited just now