PERLUKAH MELANJUTKAN KULIAH DI LUAR NEGERI?

Kalau berbicara mengenai pendidikan, harus diakui secara objektif bahwa kualitas pendidikan tinggi di Indonesia masih tertinggal dibandingkan sebagian besar negara di dunia. Meskipun beberapa universitas di Indonesia yang mengklaim sudah menggunakan standar internasional, namun dalam prakteknya ada banyak hal yang masih belum bisa menyamai kemapanan kurikulum dan infrastruktur penunjang di negara-negara maju.

Memang Indonesia sedang bergerak ke arah itu, namun masih perlu waktu yang tidak sedikit untuk bisa mencapainya. Menggunakan ranking apapun (misalnya QS World University Ranking, Times Higher Education), universitas-universitas di Indonesia tidak ada yang masuk 200 terbaik universitas dunia. Laporan OECD juga menyatakan bahwa kualitas pendidikan tinggi di Indonesia masih tertinggal.

enter image description here

Universitas Harvard (Harvard University) adalah universitas swasta di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik dunia. Beberapa teman pernah bercerita bahwa saat kuliah di Harvard University ia baru bisa merasakan perbedaan kualitas pendidikan di UI (Universitas Indonesia) dan di Harvard.

Katanya bagaikan bumi dan langit. Beberapa aspek di mana universitas di Indonesia masih tertinggal menurutnya adalah ketersediaan infrastruktur pendidikan, kualifikasi dosen, keterhubungan universitas dengan industri, dan profesionalisme dosen dan mahasiwa, dsb.

Tertarik untuk sekolah di luar negeri?? Tapi bagaimana dengan biayanya??

Apa saja yang perlu kita persiapkan untuk sekolah di luar negeri?? Bagi teman-teman yang punya pengalaman pernah belajar di luar negri...

Perlu ngga sih kita belajar ke luar negeri untuk mendapatkan prestasi akademik yang lebih baik??? Apakah dengan sekolah ke luar negeri kita bisa mendapat pekerjaan yang lebih baik??

Yuk kita sharing disini...

Last edited 12 May 2014