Harga TABLET: Samsung Galaxy Note 8

Dengan kemunculan iPad Mini yang menggunakan ukuran layar sebesar 8 inch, Samsung seolah-olah tidak mau tertinggal dari kompetitornya tersebut. Tentu dengan brand sekelas Apple, pasti memiliki pertimbangan khusus dalam menggunakan ukuran layar tersebut. Hasilnya, iPad mini mendapatkan perlawanan secara langsung dari Samsung lewat produk barunya yaitu Samsung Galaxy Note 8.0. Dengan harga tablet yang lebih murah dibandingkan iPad Mini, Samsung berharap bisa sukses dengan seri tablet ini.

Dengan ukuran layar yang tidak seperti biasanya (7 inch dan 10 inch), Samsung berharap dapat terus mendominasi penjualan tablet pada segmen pasar yang sedang dibidik oleh Apple dengan iPad mininya. Dengan ukuran ini, pecinta gadget bisa mendapatkan pengalaman yang cukup menarik, karena selain masih nyaman dalam genggaman satu tangan (orang dewasa), ukuran layarnya terasa lebih lega dibandingkan dengan tablet yang berukuran 7 inch.

enter image description here

Bulan Agustus 2013 yang lalu beberapa toko dan counter Gadget sudah banyak yang menawarkan Samsung Galaxy Note 8 ini di kisaran harga Rp. 5.000.000. Namun seiring dengan adanya pelemahan nilai kurs mata uang rupiah terhadap dollar, harga tablet Samsung Galaxy Note 8 ini juga bakal naik. Untuk mengikuti perkembangan harga tablet Samsung Galaxy Note 8 ini, silahkan lihat di Daftar Lengkap Harga HP dan Tablet 2013.

Seperti apa fitur dan kemampuan yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Note 8.0 ini? mari kita lihat dengan lebih detail.

Fitur-fitur unggulan Galaxy Note 8.0:

  1. Layar berukuran 8.0" dengan LCD Capacitive touchscreen 16 juta warna dan resolusi layar sebesar 800x1280 pixel mampu menampilkan detail gambar yang baik.
  2. Menggunakan Sistem Operasi Android terbaru Jelly Bean, yaitu versi OS v4.1.2 dengan TouchWiz launcher.
  3. Menggunakan prosesor yang bertenaga 1.6 GHz quad-core Cortex-A9 CPU, dan menggunakan grafis Mali-400MP GPU, Exynos 4412 Quad chipset.
  4. Ukuran RAM 2GB termasuk salah satu yang terbesar di kelas tablet saat ini.
  5. Dilengkapi dengan S Pen active stylus yang sudah mendukung di banyak aplikasi bawaan Samsung.
  6. Menggunakan kamera 5 MP wide-angle lens autofocus dengan fitur face detection, dan mampu merekam video 720p HD pada 30fps.
  7. Pilihan kapasitas memori internal 16/32/64GB dan terdapat slot microSD untuk tambahan kapasitas penyimpanan hingga 64 GB.
  8. Mendukung fungsi dual-band Wi-Fi 802.11 a/b/g/n untuk browsing yang lebih cepat dan stabil.
  9. Dilengkapi dengan GPS yang menggunakan konektifitas A-GPS, GLONASS support, dan fitur digital compass.
  10. Mendukung Stereo Bluetooth v4.0.
  11. Memiliki port microUSB untuk USB host, TV-out (1080p), MHL, dan untuk pengisian daya (charging).
  12. Dilengkapi dengan accelerometer, gyroscope, dan proximity sensor, dan Infrared port.
  13. Menggunakan standard 3.5 mm audio jack
  14. Ukurannya termasuk tipis di kelas tablet saat ini (ketebalannya hanya 8 mm)
  15. Memiliki kamera depan 1.3MP yang dapat digunakan untuk melakukan video-call.
  16. Sudah dilengkapi dengan aplikasi bawaan editor dokumen dan file manager.
  17. Mendukung hampir semua video and audio codec sehingga berbagai format film dan lagu dapat dimainkan dengan lancar pada Galaxy Note 8.0 ini.
  18. Kapasitas baterai cukup besar, yaitu 4600 mAh.

Beberapa kekurangan yang ada pada Samsung Galaxy Note 8.0:

  1. Speaker terletak pada bagian bawah, tidak seperti seri Galaxy Note 10.1 yang ditempatkan dibagian depan, sehingga suara audio akan terganggu saat perangkat ini sedang diletakkan.
  2. Dibandingkan dengan iPad Mini, desain dan material Samsung Galaxy Note 8.0 tidak memberikan kesan premium.
  3. Tidak dilengkapi dengan FM radio dan tidak mendukung NFC.
  4. Kualitas hasil jepretan foto dan perekaman video tidak terlalu mengesankan.

Secara keseluruhan bisa dilihat, bahwa Samsung menawarkan tablet dengan performa high-end (tablet kelas atas), namun secara keseluruhan tidak jauh berbeda dari generasi yang sebelumnya yaitu Samsung Galaxy Note II. Hanya ukuran layar yang lebih besar, yaitu 8 inch, membuat seri terbaru ini keluar dari pakem layar 5 inch dan 10 inch yang digunakan pada generasi sebelumnya.

Bagi yang merasa ukuran layar 5 inch kurang luas (Galaxy Note II), namun tidak ingin model yang terlalu besar (Galaxy Note 10.1), maka Samsung Galaxy Note 8.0 ini menjadi pilihan yang pas, karena masih nyaman dalam genggaman satu tangan.

Dilihat dari performanya, pasti tidak dapat diragukan lagi. Prosesor Quad-Core bersanding dengan 2GB RAM, memastikan aplikasi dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada lagi kata 'lag' (not responding).

Last edited 16 March 2016