Proteksi Total Smartphone Anda

4
18 Posts
42 Points
Joe Salim posted this in Smartphone

Memiliki smartphone yang canggih bisa menjadi sebuah kesenangan tersendiri. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk hiburan, kerja, serta komunikasi dengan lebih nyaman dan fun. Namun kita juga perlu menjaga agar smartphone kesayangan kita tersebut tidak mengalami masalah, gangguan, atau kejadian yang tidak diinginkan.

Ancaman Virus/Malware

Smartphone memang sudah menjadi gadget yang popular, sehingga digunakan oleh banyak orang. Hal ini tentu menjadi sasaran yang potensial bagi pihak-pihak tertentu yang ingin mencuri kesempatan tersebut.

Layaknya sebuah computer, smartphone merupakan gadget yang sudah memiliki sistem operasi. Dengan sistem operasi tersebut, maka smartphone andalan kita mampu menjalankan berbagai macam aplikasi dan program. Berbagai macam virus/program jahat berusaha untuk menyusup ke smartphone kita melalui berbagai macam cara. Salah satunya adalah melalui aplikasi yang dipasang di smartphone tersebut.

enter image description here

Seperti yang kita tahu, banyak data-data penting yang tersimpan di smartphone tersebut, apalagi idealnya sebuah smartphone akan selalu terkoneksi dengan Internet, baik melalui Wi-Fi atau seluler. Kondisi ini seharusnya membuat kita lebih waspada dan berhati-hati.

Idealnya pada saat kita menggunakan smartphone, kita perlu menggunakan aplikasi antivirus sebagai perlindungan pertama terhadap smartphone kita. Antivirus tersebut biasanya tersedia baik dalam versi gratis (biasanya free trial) ataupun berbayar. Untuk Blackberry bisa didownload di Blackberry App World, untuk Android cari saja di Play Store Android, sementara produk Apple bisa didapatkan di App Store. Salah satu contoh AntiVirus yang bisa digunakan adalah AVG Anti virus atau TrustGo.

Selain dapat digunakan sebagai proteksi terhadap serangan virus/malware, Aplikasi anti virus biasanya juga menyediakan fungsi untuk backup/restore data, serta scanning data yang ada di memori eksternal.

Perlindungan Fisik Smartphone

Meskipun saat ini ada banyak smartphone sudah menggunakan teknologi layar yang tahan gores (Gorilla Glass) tapi ada baiknya kita menggunakan case untuk melindungi smartphone kita. Fungsinya adalah untuk melindungi keseluruhan body smartphone agar tidak rusak karena goresan, benturan, ataupun saat terjatuh. Selain itu juga menambahkan nilai estetika, membuat smartphone kita kian fashionable. Ada baiknya jika membeli case yang original sesuai dengan brand smartphone tersebut. Meski harganya lebih mahal, namun **kualitas dan kesesuaian dengan ukuran smartphone pasti lebih baik dibandingkan yang non-original.

Ada baiknya juga memilih case yang sifatnya water proof (anti air). Hal ini digunakan sebagai antisipasi jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, missal: terkena tumpahan air minum, kena hujan, atau tercebur ke dalam air.

enter image description here

Perlu diketahui bahwa saat ini hanya ada beberapa model smartphone saja yang sudah memiliki fitur tahan terhadap debu dan air, seperti Sony Xperia Z, Sony Xperia Acro S, dan Sony Xperia Go.

Perlindungan Keselamatan Smartphone

Saat ini tidak hanya mobil, rumah, dan manusia saja yang bisa diasuransikan. Smartphone juga bisa mendapatkan asuransi. Selain karena harga smartphone yang memang biasanya mahal, namun juga karena penggunanya juga semakin banyak. Seringkali kita tidak bisa menduga jika ada sesuatu yang akan terjadi pada smartphone kesayangan kita, untuk itu pilihan untuk memberikan asuransi tidaklah berlebihan. Asuransi tersebut untuk memberikan kita rasa aman jika sampai ada kejadian yang tidak kita inginkan terjadi, seperti kecurian, rusak karena jatuh, dsb.

Beberapa peritel smartphone sudah memberikan layanan tambahan ini. Misalnya Global Teleshop yang bekerjasama dengan Sinar Mas untuk memberikan asuransi kepada smartphone mereka yang bergaransi resmi. Jangka waktunya sekitar 3 bulan, dengan opsi untuk memperpanjang dengan membayar premi dengan jumlah tertentu.

Jika anda tidak terlalu tertarik dengan layanan asuransi, maka sebaiknya pastikan jika smartphone tersebut bergaransi resmi. Jangan tergiur oleh tawaran yang berharga miring, namun tidak ada garansi jika terjadi gangguan pada smartphone tersebut. Pastikan juga layanan purna jualnya, seperti layanan service dan lokasi service centernya. Jika kerusakan terjadi pada smartphone tersebut, kita tidak terlalu pusing untuk membawanya ke tempat servis yang terdekat.

Semoga beberapa tips diatas bermanfaat bagi anda. Berikan komentar atau pertanyaan seputar topic ini, atau jika ada tambahan info yang dapat melengkapi informasi di atas.

Last edited 25 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1 Posts/Answers
0
9 Posts
33 Points
andre cool posted this in Smartphone

Waduh.. repot juga ya punya smartphone yg mahal-mahal. Selain harga perangkatnya yang mahal dan bikin ketar-ketir kalo rusak, kita juga perlu keluarkan kocek lg untuk membeli casing atau proteksi lainnya agar bisa melindungi perangkat kesayangan kita tersebut...

Tapi smartphone sekarang ini memang canggih.. selain bisa dioperasikan dengan fitur-fitur yang keren, sekarang smartphone juga ada yang anti air dan debu. Mungkin ini menjadi nilai plus bagi yang ingin mendapatkan proteksi langsung bawaan si smartphone.

Kalo mengasuransikan smartphone... hmmmm.. perlu ga ya??

Bakal ada tambahan pengeluaran rutin nih...

Last edited 12 May 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: