Seorang Business Analyst (Analis Bisnis) merupakan sebuah profesi yang diperlukan hampir di setiap bidang industri. Sebuah analisis bisnis yang dilakukan oleh pihak ketiga (yang independen) seringkali berguna dan penting bagi perusahaan untuk bisa mendapatkan gambaran dan pandangan yang obyektif. Seringkali orang-orang yang terlibat secara langsung dengan operasional atau manajemen perusahaan akan kesulitan untuk melihat kekurangan dalam metode maupun cara-cara yang dilakukannya. Disinilah seorang analis bisnis dapat membantu melihat dan menunjukkan permasalahan dan inefisiensi untuk dapat menjadi perhatian bagi pihak manajemen perusahaan.

Job Description:

Mengumpulkan persyaratan dan detail data dari klien, melakukan analisa dan memberikan hasil analisa kepada klien. Mengorganisasikan tim dalam sebuah proyek.

Gather client requirements, analysis, design and deliver to the client. Manage the team within project.

Salary:

IDR 17,000,000 - 28,000,000

Pengalaman Kerja:

3 - 5 tahun


enter image description here

MENGENAL PROFESI BUSINESS ANALYST (ANALIS BISNIS)

Peranan analis bisnis telah berkembang selama bertahun-tahun. Pada 1980-an dan awal 1990-an, peran analis bisnis dan analis sistem komputer adalah sama. Sekarang peran tersebut telah berevolusi untuk mencakup semua bidang perusahaan, seperti pemasaran dan keuangan.

Peranan analis bisnis adalah untuk memberikan wawasan dan analisis operasional dan manajemen perusahaan sebagai pihak ketiga. Seorang analis bisnis mengidentifikasi masalah atau potensi masalah dan menawarkan solusi praktis bagi sebuah perusahaan.

Tugas dan tanggung jawab yang khas dari seorang analis bisnis termasuk mempelajari operasi dari sebuah perusahaan dan menawarkan cara-cara untuk meningkatkan efisiensi dan biaya yang lebih rendah. Selain itu, seorang analis bisnis dapat mempelajari rencana proyek dan membuatnya lebih mudah untuk dibaca. Sebagai seorang pengamat pihak ketiga, ia tidak memiliki agenda lain selain meningkatkan operasi bersamaan dengan menyusutkan biaya.

Tidak ada prasyarat mutlak bagi anda yang bertekad untuk menjadi seorang analis bisnis. Seringkali latar belakang teknis lebih disukai, tetapi jika anda memiliki latar belakang di bidang pemasaran atau keuangan anda juga bisa menjadi memenuhi syarat untuk menjadi seorang analis bisnis. Beberapa latar belakang pendidikan dan karier dalam bidang bisnis dan industri akan sangat membantu untuk mencapai posisi pekerjaan ini.


Apakah anda seseorang dengan jabatan "Business Analyst" di salah satu perusahaan yang bergerak di sektor Telekomunikasi?

ataukah anda sedang mengejar posisi tersebut??

Anda bisa share pengalaman anda dengan cara menjawab salah satu dari pertanyaan berikut ini:

  • Berapa lama anda mencapai posisi tersebut? Bagaimana sejarahnya?
  • Lokasi pekerjaan anda?
  • Berapa range salary (gaji) untuk posisi tersebut di perusahaan anda bekerja?
  • Apa saja keahlian khusus yang dibutuhkan untuk posisi tersebut?
  • Apa background pendidikan (kuliah) anda?
  • Apa saran dan pengalaman yang dapat bagikan kepada para generasi muda yang akan atau sedang masuk dalam dunia profesi untuk mencapai posisi karier seperti anda?
  • Universitas dan jurusan mana yang anda sarankan untuk mendapatkan skill dan keahlian untuk mencapai posisi sebagai Analis Bisnis (Business Analyst) ??

Dengan membagikan pengalaman dan informasi yang anda ketahui.. anda sedang memberikan sebuah "modal yang sangat berharga" bagi generasi mendatang untuk dapat memiliki masa depan dan pekerjaan yang menjadi impian mereka.

Last edited 22 March 2014