Customer Service Executive dipekerjakan di berbagai tingkatan, mulai dari kantor pusat hingga ke barisan depan (front end) bisnis. Posisi ini seringkali bertanggung jawab terhadap tim dan pekerja layanan pelanggan (Customer Service), mereka harus memastikan bahwa pelanggan menerima layanan terbaik dari perusahaan dan memastikan karyawan layanan pelanggan (CS) sepenuhnya terlatih. Mereka juga memantau target tingkat kepuasan pelayanan yang telah disepakati, dan mengembangkan serta memelihara kebijakan layanan pelanggan.

enter image description here

Job Description:

Entertain customer inquiries. Service existing customers & their needs. Visits to customers’ office when necessary.

Salary:

IDR 2,750,000 - 4,000,000

Pengalaman Kerja:

2 - 3 tahun


LATAR BELAKANG PENDIDIKAN

Customer Service Executive cenderung memiliki gelar sarjana dalam bisnis, studi manajemen, atau pemasaran. Beberapa perusahaan juga dapat memilih mereka dengan gelar yang relevan dengan sektor yang hendak mereka masuki, seperti layanan ritel atau keuangan. Mereka yang tidak memiliki pendidikan tinggi masih mungkin memiliki kesempatan untuk masuk posisi management trainee, dengan memperoleh pengalaman sebagai perwakilan layanan pelanggan dan mendapatkan kualifikasi yang relevan sepanjang proses tersebut jika memungkinkan.

Seorang Customer Service Executive harus memiliki kualitas kepemimpinan alami. Kemampuan untuk menyajikan informasi dalam cara yang jelas dan singkat, yang bermanfaat bila mengadakan pertemuan dengan tim dan dalam kesempatan sesi pelatihan. Karena Customer Service Executive dapat menangani masalah yang lebih kompleks, bisa datang dari manajer lain ataupun pekerja yang lebih junior, maka kemampuan untuk bekerja dengan baik di bawah tekanan diperlukan juga ketika berhadapan dengan pelanggan yang kompain dan marah.

Tanggung Jawab

Tanggung jawab seorang Customer Service Executive bervariasi antara sektor industri, lokasi geografis, dan tingkat pengalamanya. Beberapa tugas termasuk memberikan bantuan kepada pelanggan, menyelidiki keluhan yang kompleks atau lama penanganannya, mengeluarkan kompensasi bila diperlukan, dan menganalisis statistik untuk menentukan tingkat layanan pelanggan yang ditetapkan oleh perusahaan.


Apakah anda seseorang dengan jabatan "Customer Service Executive" di salah satu perusahaan?

ataukah anda sedang mengejar posisi tersebut??

Anda bisa share pengalaman anda dengan cara menjawab salah satu dari pertanyaan berikut ini:

  • Berapa lama anda mencapai posisi tersebut? Bagaimana sejarahnya?
  • Lokasi pekerjaan anda?
  • Berapa range salary (gaji) untuk posisi tersebut di perusahaan anda bekerja?
  • Apa saja keahlian khusus yang dibutuhkan untuk posisi tersebut?
  • Apa background pendidikan (kuliah) anda?
  • Apa saran dan pengalaman yang dapat bagikan kepada para generasi muda yang akan atau sedang masuk dalam dunia profesi untuk mencapai posisi karier seperti anda?
  • Universitas dan jurusan mana yang anda sarankan untuk mendapatkan skill dan keahlian untuk mencapai posisi sebagai Customer Service Executive??

Dengan membagikan pengalaman dan informasi yang anda ketahui.. anda sedang memberikan sebuah "modal yang sangat berharga" bagi generasi mendatang untuk dapat memiliki masa depan dan pekerjaan yang menjadi impian mereka.

Last edited 21 March 2014