Brand management (Manajemen Merek) berfokus pada kegiatan pemasaran merek tertentu untuk meningkatkan popularitasnya di kalangan konsumen yang sedang disasar, dan juga untuk memperoleh pangsa pasar. Fungsi Brand management adalah untuk membawa produk perusahaan dan fokus pada membangun citra positif di mata publik, dengan menggunakan teknik pemasaran kreatif. Sebagaimana pasar menjadi semakin kompetitif, Brand/Product Manager (Manajer Merek) berfungsi sebagai kekuatan vital dalam membantu membedakan perusahaan tersebut dari para pesaingnya.

Job Description:

Conceptualize & execute activities for brand positioning. Determine product pricing. Maintain & direct product’s image in the market.

Salary:

IDR 10,000,000 - 15,000,000

Pengalaman Kerja:

3 - 4 tahun


enter image description here

Brand/Product Manager (Manajer Merek) umumnya bertanggung jawab untuk membangun ekuitas merek produk perusahaan atau lini produk dengan bantuan dari tim lintas-fungsional, yang meliputi departemen lain seperti pengembangan produk, riset pasar, periklanan, hubungan masyarakat dan penjualan. Melalui kolaborasi ini, mereka mengembangkan strategi positioning yang terintegrasi, untuk memastikan pencitraan maksimum dari merek perusahaan tersebut.

Tugas-tugas penting lainnya dari seorang Brand/Product Manager adalah melibatkan analisis secara mendalam terhadap konsumen untuk menentukan kebutuhan keseluruhan dari produk perusahaan; penghubung dengan divisi pemasaran untuk menciptakan taktik promosi yang akan meningkatkan citra merek, review dan analisis hasil penjualan merek produk untuk menentukan pengembangan produk di masa depan dan peluang bisnis untuk merek tersebut, membuat tim pemasaran mendapatkan visi merek yang baru.


SYARAT PENDIDIKAN

Menurut StateUniversity.com, berbagai pilihan latar belakang pendidikan dapat diterima bagi mereka yang bercita-cita untuk menjadi Brand/Product Manager. Namun, profesi ini mengharuskan anda memperoleh gelar sarjana dan pelatihan tambahan dalam kursus yang berkaitan dengan administrasi bisnis, pemasaran, periklanan, komunikasi, ekonomi atau statistik.

Brand/Product Manager biasanya bekerja penuh waktu, yang terdiri dari 40 jam atau lebih per minggu. Mereka juga diharapkan untuk bekerja malam hari dan akhir pekan. Karena tipe pekerjaan yang bersifat menuntut untuk terlibat dalam membangun dan mempertahankan merek perusahaan, manajer merek harus memenuhi tenggat waktu dan seringkali harus menghadiri pertemuan dengan departemen perusahaan yang lain. Selain itu, manajer merek diharapkan untuk melakukan perjalanan di luar negeri untuk berkolaborasi dengan berbagai klien.

JENJANG KARIER

Brand/Product Manager biasanya dimulai dari posisi entry level seperti peneliti pasar atau perwakilan penjualan. Dengan pengalaman yang terbukti sukses, ada potensi untuk dipromosikan menjadi manajer merek. Atau alternatif lainnya, posisi Brand/Product Manager juga dapat diisi dengan cara mempekerjakan profesional baru yang memiliki latar belakang pendidikan dan keterampilan yang diharapkan oleh jajaran direksi perusahaan.


Apakah anda seseorang dengan jabatan "Brand/Product Manager" di salah satu perusahaan yang bergerak di sektor Marketing/Advertising?

ataukah anda sedang mengejar posisi tersebut??

Anda bisa share pengalaman anda dengan cara menjawab salah satu dari pertanyaan berikut ini:

  • Berapa lama anda mencapai posisi tersebut? Bagaimana sejarahnya?
  • Lokasi pekerjaan anda?
  • Berapa range salary (gaji) untuk posisi tersebut di perusahaan anda bekerja?
  • Apa saja keahlian khusus yang dibutuhkan untuk posisi tersebut?
  • Apa background pendidikan (kuliah) anda?
  • Apa saran dan pengalaman yang dapat bagikan kepada para generasi muda yang akan atau sedang masuk dalam dunia profesi untuk mencapai posisi karier seperti anda?
  • Universitas dan jurusan mana yang anda sarankan untuk mendapatkan skill dan keahlian untuk mencapai posisi sebagai Brand/Product Manager??

Dengan membagikan pengalaman dan informasi yang anda ketahui.. anda sedang memberikan sebuah "modal yang sangat berharga" bagi generasi mendatang untuk dapat memiliki masa depan dan pekerjaan yang menjadi impian mereka.

Last edited 21 March 2014