Seorang Advertising Manager (Manajer Periklanan) adalah seseorang yang bekerja untuk mempromosikan produk perusahaan atau jasa. Manajer iklan bekerja di beragam jenis industri, dan bekerja bersama-sama dengan departemen pemasaran dan departemen penjualan untuk membantu perusahaan menghasilkan pendapatan. Di atas semua itu, manajer iklan mempekerjakan, melatih dan mengarahkan staf mereka serta melacak anggaran/budget iklan.

Job Description:

Mengembangkan strategi iklan perusahaan sesuai dengan / produk / kebijakan perusahaan yang memegang merk. Bekerja sama dengan biro iklan untuk membuat perusahaan produk / gambar. Siapkan dan melacak A & P pengeluaran. Mengembangkan materi promosi & dukungan penjualan.

Salary:

IDR 8,000,000 - 15,000,000

Pengalaman Kerja:

4 - 5 tahun


enter image description here

Manajer periklanan (Advertising Manager) mengawasi kampanye perusahaan atau klien mereka untuk mempromosikan diri melalui segala sesuatu, mulai dari radio, televisi, surat kabar, hingga ke Internet. Manajer periklanan memberikan citra positif kepada apa yang ditawarkan oleh perusahaan mereka, dan membuat bagaimana perusahaan mereka dapat mengungguli kompetisi.

Mereka bertugas merancang iklan, kampanye, dan umumnya hanya menyoroti atribut perusahaan mereka yang terbaik. Manajer iklan juga harus mengikuti dan menganalisa apa yang orang lain lakukan, sebuah upaya untuk membuat kampanye yang mereka lakukan saat ini terkini atau dapat menjadi "tren"

Seorang manajer iklan yang baik adalah seseorang yang termotivasi, profesional, energik dan mampu memecahkan masalah. Dia harus memiliki keterampilan komunikasi tertulis dan lisan yang kuat, karena ia berhubungan dengan semua orang, mulai dari klien sebagai pelanggan dan juga dalam menghadapi rekan atau karyawannya sendiri. Dia juga harus sangat terorganisir dan kreatif, dan tahu bagaimana cara untuk mengkoordinasikan dan memotivasi staf.

Karena dalam banyak hal dari pekerjaan di departemen periklanan dilakukan dengan program komputer, manajer iklan kemungkinan akan membutuhkan setidaknya pemahaman dasar dari teknologi komputer dan perangkat lunak.


LATAR BELAKANG PENDIDIKAN

Sebagian besar perusahaan mencari kandidat untuk posisi ini, mereka yang memiliki gelar sarjana atau gelar master. Seringkali seorang manajer periklanan harus menghabiskan waktu untuk bekerja di tingkat yang lebih rendah dari profesi, atau bekerja dengan tim pemasaran atau tim penjualan, sebelum dipromosikan ke posisi pengawasan. Para calon ataupun manajer iklan biasanya difokuskan pada kursus di bidang iklan, pemasaran, bisnis, hubungan masyarakat dan komunikasi.

Di Amerika sendiri, lebih dari 44.000 pekerja dipekerjakan sebagai manajer iklan pada bulan Mei 2008, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS). Lapangan pekerjaan bagi manajer iklan diperkirakan tetap stabil. Peningkatan yang diharapkan dalam jumlah televisi dan stasiun radio dan peningkatan tajam dalam jumlah iklan di media digital ... akan menghasilkan kebutuhan bagi manajer iklan untuk mengawasi program periklanan baru dan inovatif.


Apakah anda seseorang dengan jabatan "Advertising Manager" di salah satu perusahaan yang bergerak di sektor Marketing dan Periklanan?

ataukah anda sedang mengejar posisi tersebut??

Anda bisa share pengalaman anda dengan cara menjawab salah satu dari pertanyaan berikut ini:

  • Berapa lama anda mencapai posisi tersebut? Bagaimana sejarahnya?
  • Lokasi pekerjaan anda?
  • Berapa range salary (gaji) untuk posisi tersebut di perusahaan anda bekerja?
  • Apa saja keahlian khusus yang dibutuhkan untuk posisi tersebut?
  • Apa background pendidikan (kuliah) anda?
  • Apa saran dan pengalaman yang dapat bagikan kepada para generasi muda yang akan atau sedang masuk dalam dunia profesi untuk mencapai posisi karier seperti anda?
  • Universitas dan jurusan mana yang anda sarankan untuk mendapatkan skill dan keahlian untuk mencapai posisi sebagai Advertising Manager??

Dengan membagikan pengalaman dan informasi yang anda ketahui.. anda sedang memberikan sebuah "modal yang sangat berharga" bagi generasi mendatang untuk dapat memiliki masa depan dan pekerjaan yang menjadi impian mereka.

Last edited 22 March 2014