Persaingan Sengit: Line vs WhatsApp vs Wechat vs ChatOn vs KakaoTalk

1
708 Posts
910 Points

Layanan Chat atau Instant Messaging memang bukan merupakan sesuatu yang baru. Sejak jaman dahulu orang sudah mulai mengenal layanan ini melalui komputer. Seiring dengan perkembangan tren teknologi, maka orang mulai mengenai SMS melalui HP yang menjadi salah satu layanan paling populer hingga saat ini.

Layanan chat menggunakan perangkat mobile yang paling dikenal (sempat 'booming' di seluruh dunia, termasuk Indonesia) adalah BBM (BlackBerry Messanger), namun layanan ini hanya tersedia secara eksklusif pada perangkat BlackBerry saja. Namun akhir-akhir ini RIM mulai melepaskan layanan ini juga untuk Android dan iOS, dikarenakan pangsa pasarnya sudah mulai tergerus.

enter image description here

Beberapa tahun terakhir ini merupakan tahun kejayaan smartphone yang berbasiskan Android dan iOS, maka layanan yang serupa dengan BBM makin banyak yang bermunculan, dan populer dengan cepat. Dengan pangsa pasar yang sangat besar, banyak penyedia layanan messaging ini berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan. Persaingan pun tidak dapat dihindarkan. Tercatat paling tidak ada 8 layanan chat yang popoler belakangan ini, yaitu Line, WhatsApp, Wechat, ChatOn, KakaoTalk, Skype, YM. Dua yang disebutkan terakhir merupakan pemain lama dalam dunia messaging dan VoIP.

Facebook sebagai raksasa jejaring sosial juga tidak mau ketinggalan, dengan basis pengguna sekitar 1,1 milyar di tahun 2013 ini, layanan Facebook Messanger yang diluncurkan diharapkan mampu bersaing dengan layanan chatting lainnya.

Seperti apa fitur-fitur yang ditawarkan oleh masing-masing layanan messaging tersebut, mari kita bedah lebih dalam dan membandingkan satu sama lain.

  1. LINE. Dengan menawarkan layanan menelepon dan berkirim pesan secara gratis ke sesama pengguna LINE yang dilengkapi dengan emoji (emoticon), sticker icon, dan LINE card. LINE tahun ini sudah berhasil memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Perlu dicatat bahwa pertumbuhan pengguna LINE termasuk salah satu yang paling pesat beberapa bulan terakhir ini, misalnya saja dari 100 juta pengguna menjadi 200 juta pengguna hanya dalam waktu 6 bulan saja.

    LINE juga terus memperkuat layanannya dengan berbagai aplikasi pendukung, seperti LINE bubble, LINE pop, Wild Runner, Dragon Fight, dsb. Hal inilah yang membuat LINE berhasil menarik banyak pelanggan baru setiap bulannya.

    enter image description here

    Fitur-fitur yang ditawarkan oleh LINE: Free call menggunakan internet, Group Chat, Photo Sharing, Audio Sharing, Video Sharing, Emoticon Message (pesan animasi).

    Aplikasi ini tersedia di hampir semua jenis perangkat smartphone saat ini (Android, iOS, Windows Phone, Blackberry, serta aplikasi di Windows PC dan Mac OS).

  2. WeChat. Aplikasi WeChat termasuk salah satu aplikasi chat yang paling ringan. Aplikasi ini menawarkan pesan teks atau suara, juga video call. Selain itu juga ada fasilitas group chat seperti di BBM dan dilengkapi dengan smiley animasi, dan juga fitur untuk berbagi komentar dan like pada foto yang dikirimkan oleh teman.

    WeChat merupakan layanan yang berasal dari China, dan berhasil mendapatkan 50 juta pengguna pertamanya dalam waktu hanya 1 tahun. Secara umum, hingga saat ini WeChat belum mampu bersaing dalam ranah global, terbukti hanya 70 juta pengguna yang berasal dari luar China, dari total 300 juta lebih pengguna yang terdaftar.

    Karena itulah, baru-baru ini WeChat menggandeng salah satu mega bintang dunia, yaitu Lionel Messi untuk menjadi bintang iklan sekaligus menjadi tanda untuk menyatakan perang di tingkat global melawan layanan-layanan yang sejenis.

    enter image description here

    Fitur-fitur yang ditawarkan oleh WeChat: Free call menggunakan internet, Group Chat, Photo Sharing, Audio Sharing, Video Sharing, Emoticon Message (pesan animasi), Walkie Talkie Mode up to 40 friends. Aplikasi ini tersedia di hampir semua jenis perangkat smartphone saat ini (Android, iOS, Windows Phone, Blackberry, serta Symbian).

  3. WhatsApp. Aplikasi ini mungkin adalah yang paling pertama populer di Indonesia. Bebeda dengan aplikasi chatting yang lainnya, aplikasi chatting ini sudah menggunakan skema gratis selama satu tahun pertama, dan berbayar USD0,99 untuk tahun berikutnya. Namun untuk pengguna iOS pembayaran hanya perlu dilakukan satu kali saja (tidak berulang setiap tahun seperti pengguna di BlackBerry dan Android).

    Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah pengguna tidak perlu lagi mendaftarkan satu per satu kontaknya, karena akan langsung dibaca oleh aplikasi. Selain itu, jika pengguna tidak sempat membuka pesan yang masuk pada saat itu juga, maka pesan akan disimpan secara otomatis. Aplikasi ini juga menawarkan fitur-fitur tambahan seperti berbagi lokasi, pertukaran kontak, wallpaper, notifikasi suara, dan masih banyak lagi.

    Menurut sumber wikipedia, pada bulan agustus 2013 ini tercatat lebih dari 300 juta pengguna aktif di seluruh dunia dengan lebih dari 325 juta foto yang dishare setiap harinya dan milyaran pesan terkirim setiap harinya.

    Fitur-fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp: Group Chat, Photo Sharing, Audio Sharing, Video Sharing, Email conversation, Location Sharing. Aplikasi ini tersedia di hampir semua jenis perangkat smartphone saat ini (Android, iOS, Windows Phone, Blackberry).

  4. KakaoTalk. Layanan ini asalnya dari negeri Korea Selatan. Salah satu fitur andalannya adalah Walkie-Talkie, pesan suara akan langsung terkirim hanya dengan satu sentuhan tombol, layaknya Walkie-Takie. Daya pikat lainnya adalah fitur Plus Friend yang memungkinkan pengguna dapat berteman dengan artis idola K-POP seperti Super Junior dan Girls Generation.

    Dari segi jumlah pengguna, KakaoTalk masih tertinggal dari LINE dan WeChat, yaitu 100 juta pengguna aktif hingga saat ini.

    Fitur-fitur yang ditawarkan oleh KakaoTalk: Free Internet calls, Group Chat, Photo Sharing, Audio Sharing, Video Sharing, Pesan animasi (emoticon), Plus Friends, Send Multiple Photos, Walkie-talkie. Aplikasi ini tersedia di hampir semua jenis perangkat smartphone saat ini (Android, iOS, Windows Phone, Blackberry, dan Bada).

  5. ChatOn. Samsung dengan pangsa pasar smartphone yang paling tinggi saat ini, tidak mau ketinggalan mencicipi perebutan kue di layanan mobile chat ini. Pada mulanya samsung hanya membundling fitur ini secara eksklusif di smartphone Samsung. Belakangan Samsung juga mengembangkan aplikasi ini supaya kompatibel juga dengan perangkat yang lain, yaitu Android, Bada, BlackBerry, dan iOS.

    Salah satu fitur andalan aplikasi ini adalah Trunk, yaitu kemampuan untuk berbagi foto dan video dengan semua peserta chat. Dalam aplikasi ini juga dikenal adanya peringkat dan poin yang didapat dari interaksi menggunakan aplikasi ini.

    Fitur-fitur yang ditawarkan oleh ChatOn: Interaction Rank, Group Chat, Photo Sharing, Audio Sharing, Video Sharing, Pesan animasi (emoticon), Trunk, Send Animation Drawing, Walkie-talkie. Aplikasi ini tersedia di perangkat Android, iOS, Blackberry, dan Bada.

Last edited 23 January 2018


comments
1 user(s) write 2 comment(s) on this post
guest posted this 17 January 2018

- Comment awaiting moderation -

(Menunggu Persetujuan Admin atau Moderator)
guest posted this 23 January 2018

- Comment awaiting moderation -

(Menunggu Persetujuan Admin atau Moderator)

Please Log In to Comment..

1 Posts/Answers
1
9 Posts
33 Points
andre cool posted this in Test and Review

Layanan messaging memang merupakan kebutuhan hampir semua pengguna ponsel. Jika dulu SMS menjadi andalan, sekarang ini kita bisa mengirimkan pesan dengan lebih cepat dan murah. Android menjadi salah satu pemicu maraknya penggunaan pesan instan itu. Saat ini saya juga tengah mencoba hampir semua layanan messaging yang disebutkan diatas, tapi sebenarnya cuma perlu satu biar ga ribet.

Belum lagi BBM yang masuk ke Android, pilihannya semakin banyak dan persainganpun semakin ketat. Bahkan Whatsapp yang dibeli oleh Facebook dengan harga fantastis menjadi sebuah pemicu bagi vendor lain untuk menggeber layanan mereka agar bisa menarik lebih banyak pelanggan ke depannya.

Yang paling menarik kedepannya adalah layanan telp gratis melalui instant messaging tersebut. Dulu layanan VoIP sempat dilarang di Indonesia karena dianggap bakal merugikan operator seluler.. sekarang gimana ya??

Last edited 12 May 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: