Persaingan bisnis retail yang semakin ketat - Bagaimana cara untuk bertahan??

2
3 Posts
9 Points

Pada saat ini Indonesia sedang dalam tahap perkembangan usaha yang begitu pesat. Akibatnya banyak usaha-usaha baru yang muncul dan mulai menjadi kompetitor-kompetitor bagi para pelaku usaha yang lama. Salah satu yang paling menyolok adalah dalam bisnis usaha retail seperti yang ditunjukkan oleh menjamurnya waralaba dan franchise Indomaret, Alfamart, Circle-K, sampai pada bisnis retail yang besar yaitu Hypermart, Carrefour, Giant, Hero, LotteMart.

Sebagai seorang pedagang yang juga bergerak di bidang retail, saya merasakan benar persaingan yang semakin ketat ini membuat omzet jauh berkurang dari tahun-tahun sebelumnya.

Apa yang harus saya lakukan dalam menghadapi situasi ini?? Apakah saya harus beralih ke bidang usaha yang lain?

Last edited 23 November 2013


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2 Posts/Answers
3
1 Posts
7 Points

Bagaimanapun juga, bisnis ritel memang menjanjikan peluang omzet yang luar biasa besar, tidak hanya di luar negeri saja. Wall Mart contohnya, yang menjadi salah satu bisnis ritel terbesar di dunia dengan omzet puluhan milayaran dollar per tahunnya. Bagaimana dengan Indonesia?? Tidak dapat dipungkiri lagi, Indonesia dengan populasi jumlah penduduk yang sangat besar, pasti juga menyimpan potensi market bisnis ritel yang besar pula.

Dimana ada gula disitu ada semut juga.. Jadi apabila kita saat ini berkecimpung dalam dunia penjualan ritel, mau tidak mau harus menghadapi persaingan pasar yang sangat ketat. Pihak-pihak bermodal besar pasti sudah melirik potensi ini, sehingga kompetitor-kompetor baru pasti bermunculan.

Nah, jika ingin menang dalam persaingan tersebut, mau tidak mau kita harus bisa 'Stand Out' (menonjol) dari antara kerumuman tersebut. Caranya?? yaitu dengan memiliki unique value. Kalau masalah harga, kita sulit mengalahkan para peritel besar dengan modal yang besar. Namun segi-segi yang lain masih ada peluang bagi kita untuk memiliki positioning yang bagus. Salah satu keunikan yang bisa kita tawarkan adalah melalui pelayanan yang unik, dan bisa juga dengan menawarkan produk-produk tertentu yang tidak dimiliki kompetitor lain.

enter image description here

Sebagai pemain bisnis ritel kita bisa bermain di ceruk pasar (niche) yang tidak disentuh oleh para peritel besar tersebut. Lalu kita bisa all-out pada ceruk pasar tersebut. Misalnya: kita menjual produk-produk khusus perawatan wanita yang all-in dan lengkap. Nah kalo begini kita bisa mengambil pangsa pasar, yaitu para wanita yang kemungkinan besar kita bisa lebih lengkap dibandingkan supermarket yang menjual beraneka ragam barang (mulai dari kebutuhan pokok hingga perawatan tubuh secara umum).

Meskipun dengan cara yang demikian, pangsa calon konsumen kita menjadi lebih terbatas, namun paling tidak kita tidak kalah telak, dan bahkan mungkin bisa menjadi referensi bagi orang-orang yang khusus ingin mencari produk-produk khusus yang tidak ditemukan di supermarket / hypermarket tersebut.

Mungkin hal ini bisa menjadi pencerahan bagi anda yang saat ini berkecimpung dalam dunia bisnis ritel.

Last edited 27 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

0
23 Posts
91 Points

Kalau menurut saya, bisnis ritel di Indonesia sudah termasuk kurang sehat. Karena bisnis ritel ini seharusnya bisa dikelola lebih banyak oleh masyarakat, namun saat ini justru dikuasai oleh para pengusaha besar dan sudah menyebar hampir ke seluruh pelosok kota dan desa. Memang dibandingkan dengan toko ritel tradisional di pasar, tingkat kenyamanan berbelanja di toko ritel modern lebih nyaman dan lengkap, juga murah harganya. Namun hal ini bisa menimbulkan kesenjangan sosial.

Seharusnya pemerintah lebih memberikan dukungan dan pelatihan kepada masyarakat kelas menengah untuk mengelola toko ritel yang lebih professional dan membatasi penguasaan pasar ritel oleh perusahaan asing atau perusahaan besar secara langsung. Hal ini bisa membunuh potensi bisnis yang bisa dikembangkan oleh masyarakat kecil..

Setuju??

Last edited 04 May 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: