Penawaran kartu kredit sangat mudah menggiurkan masyarakat untuk memakainya. Jika kita sering berpergian di pusat perbelanjaan maka tidaklah sulit untuk menemukan penawaran-penawaran tersebut. Belum lagi penawaran yang dilakukan dengan surat yang didatangkan ke rumah, serta telepon dari orang tak dikenal yang nyasar ke HP kita.

Kartu kredit tidak selalu merupakan hal yang negatif, jika digunakan dengan tepat dan cermat, kartu kredit justru dapat digunakan untuk tujuan bisnis dan menghemat pengeluaran. Bila Anda ingin menggunakan kartu kredit, sebaiknya Anda harus cermat memilih kartu kredit mana yang tepat. Tujuannya adalah agar Anda tidak dirugikan oleh perusahaan tersebut. Penawaran yang dilakukan oleh perusahaan penerbit kartu kredit tersebut sebenarnya memiliki satu alasan saja yaitu hanya menginginkan uang Anda. Jika tidak hati-hati, maka Anda akan terjerat hutang dan dikejar-kejar oleh tukang tagih.

enter image description here

Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan agar kita tidak terjebak dengan banyaknya penawaran kartu kredit:

  1. Perhatikan jaringan dan otorisasinya. Biasanya perusahaan penerbit kartu kredit memperlihatkan level bonafiditasnya hingga di tingkat Internasional. Artinya dengan jaringan dan otorisasi yang mendunia, maka penggunaannya juga lebih luas dan diakui. Selain itu, pilih juga kartu kredit yang memiliki pengalaman cukup lama dalam menerbitkan kartu kredit.

  2. Perhatikan tingkat bunga pinjamannya. Annual Percentage Rate (APR) atau tingkat bunga pinjaman yang dibebankan biasanya berbeda pada setiap transaksi pembelian, penarikan tunai, dan lain sebagainya. Terkadang ada penerbit kartu kredit yang menawarkan suku bunga lebih rendah, namun hal itu tidak berlaku untuk selamanya, melainkan hanya dalam jangka waktu tertentu saja, misalnya pada masa promosi. Untuk itu, jangan mudah tergiur dengan penawaran tersebut, perhatikan dengan lebih seksama syarat dan ketentuan yang berlaku.

    enter image description here

  3. Perhatikan pelayanannya. Salah satu pertimbangan yang juga tidak kalah penting adalah pelayanannya. Beberapa fasilitas seperti layanan informasi, pengaduan, penyelesaian masalah, dan kemudahan pembayaran selama 24 jam baik melalui ATM, internet, maupun ponsel. Apabila penerbit kartu kredit memberikan pelayanan yang memudahkan kita, maka kita bisa melakukan pembayaran tagihan dengan mudah juga.

  4. Keamanan kartu kredit. Pilihlah kartu kredit yang memiliki fasilitas foto diri dan tanda tangan yang dicetak pada kartu. Tujuannya adalah agar terhindar dari tindakan kejahatan pada kartu kredit kita. Selain itu, pilih juga penerbit kartu kredit yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti asuransi perjalanan, asuransi ketidaknyamanan perjalanan, asuransi pembelian barang, dan lain sebagainya. Gunanya agar Anda bisa melakukan antisipasi terhadap berbagai risiko keuangan yang timbul selama pemakaian kartu kredit. Perlu diingat juga bahwa fungsi kartu kredit adalah untuk memudahkan dalam bertransaksi.

    Ketika kita menggunakan kartu kredit dan melakukan transaksi, itu artinya kita telah meminjam uang pada bank. Oleh karena itu, jangan pernah menggunakan kartu kredit di atas kemampuan finansial kita. Semoga tips-tips tersebut dapat bermanfaat bagi kita yang sedang bingung untuk memilih kartu kredit..

Punya tips-tips lainnya? Silahkan share disini...

Last edited 22 March 2014