Produk Unggulan Apple yang lebih tipis namun jauh lebih bertenaga

Buat para pecinta gadget Apple, menjelang akhir tahun ini akan tersedia gadget tablet terbaru yang memiliki desain yang lebih ramping dan upgrade kinerja yang cukup mumpuni, yaitu iPad Air dan iPad Mini 2. Untuk wilayah Amerika kedua produk baru ini sudah bisa pre-order mulai 1 November 2013 kemarin. Sementara untuk wilayah yang lain, termasuk Indonesia masih belum ada kepastian kapan akan mendarat dan dipasarkan secara resmi.

ipad Air

Produk terbaru iPad Air bisa dibilang merupakan iPad yang paling terlihat perubahan dalam desainnya semenjak iPad 2. Dengan ketebalan yang direduksi hingga 20% dari seri iPad generasi sebelumnya dan body yang lebih ramping meski tetap menggunakan layar berukuran 9.7 inch, iPad Air ini menampilkan desain yang cukup menggembirakan.

Ketebalannya yang hanya sekitar 7.5 mm ternyata tidak membuat iPad Air mengalami penurunan dalam performanya, justru dengan menggunakan Prosesor A7 yang sudah menggunakan terknologi 64 bit, Apple membuat produk ini bisa bekerja dengan 2 kali kecepatan iPad generasi sebelumnya.

enter image description here

Memang tidak ada terlalu banyak perubahan dari sisi kepadatan pixel dan ukuran layarnya, yaitu 9.7 inch dengan resolusi 1236x2048. Namun Apple tetap melakukan peningkatan pada sisi kinerjanya, yaitu dengan mengusung prosesor Dual Core 1.3 GHz Cyclone yang dikombinasikan dengan Graphics Quad Core maka kinerja grafisnya akan meningkat secara signifikan. Aktifitas bermain game, menonton video HD, maupun berselancar di dunia Internet menjadi begitu responsif dan menakjubkan.

Apalagi dengan dukungan update iOS terbaru yaitu iOS 7.0.2, maka iPad Air ini bisa dikatakan lebih 'fresh' dan mengesankan. Kamera yang disematkan tidak mengalami perubahan dalam ukuran yaitu 5 MP untuk kamera belakang dan 1.2 MP untuk kamera depan. Meski berukuran hanya 5 MP, namun Apple mengklaim kamera ini sudah bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas Full HD ([email protected]).

iPad Mini 2

Produk kedua yang juga dirilis oleh Apple bersamaan dengan iPad Air adalah iPad Mini 2. Kehadiran iPad Mini 2 sudah diprediksi oleh banyak pengamat teknologi akan mengusung layar retina, dan memang demikian kenyataannya. iPad Mini 2 ini pasti akan mengobati kekecewaan para penggemar Apple terhadap iPad Mini generasi pertama yang menggunakan resolusi rendah pada layarnya.

enter image description here

Dengan tetap menggunakan ukuran layar 7.9 inch, namun menggunakan resolusi 1536x2048 maka sudah dapat dibayangkan betapa jernihnya layar iPad Mini 2 ini. Ketajaman layarnya bahkan bisa dikatakan lebih dari iPad Air. Untuk prosesor dan graphics yang digunakan sama dengan yang ada di iPad Air, sehingga peningkatannya cukup drastis dari seri iPad Mini pertama. Kinerjanya diklaim 7 kali lebih kuat dari iPad Mini generasi pertama.

Harga yang ditawarkan

Untuk model dan harganya, sama dengan seri-seri sebelumnya iPad Air dan iPad Mini 2 ini tersedia dalam versi Wi-Fi dan Wi-Fi + Cellular. Untuk iPad Air versi Wi-Fi akan berada pada rentang harga $499 - $799, sementara versi Wi-Fi + Cellular dipatok pada harga $629 - $929.

Sementara untuk iPad Mini 2 versi Wi-Fi lebih terjangkau dibandingkan iPad Air yaitu ada di harga $399 - $699 dan versi Wi-Fi + Cellular tersedia pada harga $529 - $829.

Last edited 29 June 2014