Ketika suatu keinginan dan akan menjadi cikal bakal suatu keahlian maka hal itu bisa dilakukan di mana saja. Saat ingin menjadi juru masak, lakukanlah dari hal yang paling kecil dan dari lingkungan yang kecil pula. Siapa bilang jika ingin menjadi chef harus selalu di tempat umum? Katakanlah restoran atau hotel yang memiliki citra yang bagus. Tidak usah jauh-jauh untuk menjadi koki yang andal dapat dilakukan di rumah kita sendiri. Dengan menjadi juru masak di rumah sendiri maka akan bisa dilakukan banyak kreasi. Kita akan bisa melakukan banyak eksplorasi tanpa ada yang menghujatnya.

Mulailah dari membuat masakan yang ringan, seperti halnya nasi goreng. Untuk permulaan menjadi seorang chef yang hebat, semuanya dilakukan dari hal yang kecil. Banyak bahan yang bisa didapat di sekitar kita untuk membuatnya. Jika memang tidak tahu sama sekali resepnya, kita bisa menanyakan kepada orang terdekat atau browsing di internet.

enter image description here

Setelah mencoba memasak makanan yang ringan maka beralihlah ke masakan lainnya, tentu dengan level yang masih mudah, seperti sayur bayam. Siapkan berbagai bahannya, kemudian aturlah untuk pemasukan bumbunya. Di tengah pemasakan jangan segan-segan untuk mencicipinya apa saja yang masuh perlu untuk ditambahkan.

Apabila telah selesai, hidangkanlah untuk seluruh anggota keluarga dan biarkan mereka melakukan penilaian terhadap masakan kita. Jika mereka berkomentar bahwa masakan kita kurang memuaskan, janganlah sedih. Kegagalan memang terkadang diperlukan untuk bisa menjadi seorang koki yang andal. Di sanalah letak keberhasilan suatu keinginan. Dengan adanya kegagalan tersebut maka kita akan bisa meriset ulang di bagian manakah yang kurang memuaskan tersebut.

Anggota keluarga adalah “konsumen” yang tidak kejam, seperti halnya ketika kita memutuskan untuk menjadi juru masak di tempat umum yang akan menikmati adalah seluruh lapisan masyarakat. Keluarga adalah bagian yang selalu menjadikan keinginan kita menjadi semakin kuat. Setelah kita bisa menjadi tulang punggung dalam hal masak memasak dan masakan kita pun semakin hari semakin membaik, keahlian kita sebagai chef akan mendapat sanjungan.

Punya cita-cita menjadi seorang Chef???

Yuk kita share pengalaman kita, baik yang sudah menjadi seorang Chef, atau baru memiliki cita-cita menjadi seorang chef... Mari kita saling bertukar pengalaman dan kisah yang menginspirasi seputar dunia kuliner dan karier seorang Chef..

Last edited 22 March 2014