Update Status Facebook Lewat Email

Platform Facebook memang dirancang agar penggunanya dapat terus terhubung dengan teman-teman secara virtual dimanapun dan kapanpun. Facebook seolah-olah ingin menunjukkan bahwa tidak ada alasan bagi facebookers untuk tidak bisa mengupdate statusnya di Facebook. Pada awalnya Facebook hanya bisa diakses dengan menggunakan website di komputer, namun belakangan versi web mobile, aplikasi iOS, aplikasi Android, Aplikasi Java untuk perangkat handphone, sudah diluncurkan. Dengan demikian facebookers bisa lebih asyik lagi dalam 'melaporkan kegiatan hariannya' yang bisa mengundang perasaan terkenal dan narsis... hahaha....

Facebook memang menyediakan berbagai macam cara untuk membuat facebookers bisa mengupdate statusnya kapan saja. Selain bisa mengupdate status lewat SMS, facebook juga menyediakan cara lain yaitu dengan menggunakan Email. Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa Facebook seringkali mengirimkan email kepada kita setiap kali ada request friend, atau ada pesan yang masuk ke inbox, atau ada konfirmasi pertemanan. Namun selain dapat menerima info facebook lewat email, kita juga bisa mengupdate status atau menuliskan di wall/ timeline kita melalui email. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Login ke website / aplikasi Facebook., kemudian klik pada menu dropdown 'Account' pada bagian kanan atas, kemudian pilih 'Account Setting / Pengaturan Akun' .

    enter image description here

    Pada halaman pengaturan akun ini ada banyak jenis pengaturan yang ditampilkan pada side menu sebelah kiri.

  2. Pilih Tab untuk pengaturan 'Mobile' atau 'Seluler'. Pada halaman ini akan tertampil pengaturan setting untuk ponsel yang sudah pernah diaktifkan sebelumnya, dan salah satunya adalah info mengenai alamat email khusus yang akan digunakan untuk mengupdate status kita ([email protected]).

    enter image description here

    nb: Jika anda belum meregistrasikan nomor ponsel dan belum muncul info alamat email khusus tersebut pada halaman ini, silahkan registrasikan nomor ponsel anda terlebih dahulu.

  3. Simpan alamat email tersebut, dan jangan disharekan ke orang lain. Gunakan akun email anda untuk mulai mengirimkan update status menggunakan email. Gunakan alamat email yang anda dapatkan dari facebook (misal: [email protected]) sebagai tujuan pengiriman email anda, kemudian tuliskan update status anda pada bagian subject, bagian body email tidak akan dimunculkan di facebook.

    enter image description here

    nb: anda juga dapat mengupload gambar foto dengan menggunakan attachment pada email tersebut.

  4. Update status anda akan muncul pada bagian kronologi / timeline anda.

    enter image description here

Selamat mencoba...

Last edited 12 May 2014