Memulai Usaha Kecil: Sebaiknya menggunakan modal sendiri dulu??

3
5 Posts
21 Points
agus arifin posted this in Peluang Usaha

Memulai usaha sendiri tapi modal kecil, perlukah meminjam??

Bagi anda yang ingin memulai usaha sendiri, dan ingin merintis bisnis dari nol, maka sebaiknya kita mulai dengan menggunakan modal sendiri. Setiap usaha pasti punya resiko kegagalan, karena itu mulai membuka usaha sendiri atau bisnis sendiri dengan tingkat resiko yang masih mampu kita jangkau, yaitu sesuai dengan modal yang ada pada diri kita.

enter image description here

Dalam tahap memulai sebuah usaha, maka kita harus menetapkan terlebih dahulu jumlah uang yang mana sudah kita perhitungkan dengan resiko terburuk jika usaha yang kita rintis tersebut gagal. Jangan terburu-buru untuk mencari dan mendapatkan modal dari sumber lain, karena resiko yang akan kita tanggung bisa menjadi lebih besar.

Ada beberapa alasan mengapa kita sebaiknya memulai usaha sendiri (misal bisnis atau usaha rumahan) dengan modal sendiri.

Pertama, jika kita memulai usaha sendiri dengan menggunakan pinjaman dari pihak lain (misal: bank), maka belum-belum usaha yang kita baru rintis akan menanggung beban bunga dan cicilan tersebut. Hal ini menyebabkan adanya faktor tekanan dan beban yang bisa membuat kebanyakan pebisnis pemula menjadi pusing dan tidak fokus pada pengembangan usaha. Pasalnya dalam tahapan awal merintis usaha sendiri, masih harus membuka pasar dan penghasilan tidak menentu (belum stabil) karena harus mencari bentuk dan model bisnis yang tepat serta strategi pemasaran yang paling efektif.

Kedua, dengan menggunakan modal sendiri, kita dapat lebih sadar akan resiko dan karenanya bisa mengatur dan memaksimalkan penggunaan modal yang ada seefektif mungkin. Secara psikologis orang akan menjadi boros jika modal yang tersedia cukup besar, padahal uang itu adalah pinjaman. Akibatnya tanpa disadari banyak pemborosan yang terjadi yang seharusnya bisa diminimalkan.

Alternatif memulai usaha sendiri dengan modal minim (pas-pasan)

Jika memang dalam merintis usaha, atau memulai usaha sendiri kita benar-benar tidak memadai dalam soal modal, maka kita bisa memulai usaha dengan menjual atau memasarkan barang milik orang lain (reseller atau konsinyasi), atau menjalankan usaha yang menggunakan uang muka, misal sablon baju atau percetakan. Selain itu jika memungkinkan, modal usaha bisa didapat dari pemasok bahan baku yang mana pembayarannya dapat dilakukan setelah order atau proyek kita selesai.

enter image description here

Selain dengan cara-cara tersebut, kita bisa merintis usaha sendiri dengan menjalin kemitraan dengan orang lain. Dengan cara demikian kita bisa mendapatkan modal yang cukup dengan cara bagi hasil dengan orang lain. Meski keuntungan yang di dapat lebih sedikit, namun cara ini tetap lebih aman daripada meminjam, karena resiko tidak kita tanggung sendiri. Berbagi untung tapi juga berbagi kerugian. Skema inilah yang umum dikenal sebagai kongsi.

What next??

Nah... setelah bisnis (usaha sendiri) yang kita rintis sudah memiliki bentuk dan pola perputaran modal yang bagus (cash flow lancar), barulah kita bisa melangkah ke tahap selanjutnya yaitu meminjam untuk mengekspansi usaha dan meningkatkan omzet. Inilah tahapan yang seharusnya dilakukan oleh para perintis usaha dengan modal kecil.

Jangan terlalu yakin dengan konsep bisnis anda sebelum menemukan formula dan bentuk yang tepat dalam prakteknya. Kita harus melewati dulu masa pembelajaran dan penggodokan ide dan konsep melalui proses waktu. Setelah konsep tersebut matang dan terbukti dalam prakteknya, maka yang namanya pinjam meminjam modal tambahan adalah sesuatu yang sah-sah saja, dan justru dianjurkan.. Karena pada tahapan ini prosentase keuntungan bisnis yang sedang dijalankan pasti mampu membackup bunga pinjaman dan sekaligus cicilannya..

Bagaimana menurut anda??

Last edited 28 June 2015


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2 Posts/Answers
2
23 Posts
91 Points
heryadi posted this in Peluang Usaha

Banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk membangun sebuah usaha mandiri karena terbentur dengan masalah modal. Ini merupakan alasan klasik yang hampir dijumpai dan ditanyakan pada seminar-seminar mengenai wirausaha. Banyak yang justru tidak fokus pada konsep bisnis yang akan dijalankannya.

Beberapa bisnis yang berhasil tidak langsung dari modal besar, mereka biasanya membuat semacam 'pilot project' atau prototipe dari bisnisnya dengan modal seadanya. Ini justru akan membantu sebuah bisnis bisa menemukan target pasar yang sesungguhnya dan seringkali tidak sesuai dengan rencana semula. Jika sudah mendapatkan sebuah 'konfirmasi pasar' maka sebenarnya masalah modal bisa didapatkan dengan berbagai cara, seperti yang sudah disinggung diatas.

Tidak jarang bahkan sebuah bisnis dapat berkembang pesat hanya dari pengelolaan modal yang terbatas namun efektif dan efisien dalam penggunaanya. Karena mendapatkan respon pasar yang baik, usaha terus dapat berkembang dari modal sendiri.

Last edited 29 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1
3 Posts
11 Points
Shiane posted this in Peluang Usaha

Kalau menurut saya uang tetap memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Sebuah bisnis tanpa uang ibarat pesawat jet tanpa bahan bakar. Ia punya kemampuan yang besar untuk melesat dan menghasilkan keuntungan yang besar, namun karena kekurangan modal, maka tetap tidak bisa berbuat lebih. Tanpa ketersediaan modal yang memadai, maka sebuah bisnis tidak bisa berkembang mencapai potensi maksimalnya. Namun semuanya ini hanya berlaku jika sebuah bisnis sudah memiliki konsep bisnis yang tepat dan kinerja yang terbukti.

Lebih tepatnya adalah kemampuan untuk mengelola uang dalam bisnis. Modal sudah tersedia, konsep bisnis sudah tepat, anda juga sudah memiliki produk yang berkualitas dan tim kerja yang tangguh, namun jika gagal dalam mengelola keuangan dan arus kas, maka bisnis bisa dipastikan akan segera bangkrut. Karena itu modal uang bukanlah berbicara mengenai nominal semata, namun juga dalam hal manajemen dan pengelolaannya....

Last edited 26 June 2016


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: