Manfaat Tahu dan Tempe Bagi Kesehatan

5
708 Posts
910 Points

Manfaat Tahu dan Tempe bagi asupan gizi manusia yang paling utama adalah kandungan proteinnya yang tinggi. Kandungan protein pada tahu bisa disejajarkan dengan protein dari susu bubuk. Kandungan protein yang tinggi dalam tahu memang bersumber dari bahan baku utama pembuatan tahu yaitu kedelai.

Meski kedelai memang sudah diteliti memiliki kandungan protein yang tinggi yaitu sekitar 35% - 43%, namun protein yang terkandung di dalam kedelai ini bisa dicerna secara efektif oleh tubuh manusia jika tidak dikonsumsi dalam kondisi yang mentah. Karena itu jika kedelai diolah melalui proses fermentasi kandungan protein yang ada di dalam kedelai bisa dicerna dengan baik, bahkan kandungan proteinnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan protein dalam kedelai mentah.

Manfaat Tahu dan Tempe

Tahu merupakan salah satu makanan yang bergizi tinggi

Selain dapat meningkatkan kandungan proteinnya, proses pengolahan kedelai menjadi tahu ternyata juga memiliki manfaat yang sangat baik. Salah satunya adalah menurunkan kandungan raffinosa dan stakiosa yang terdapat dalam kadar yang tinggi dalam kedelai mentah. Kedua zat ini bisa menyebabkan kembung di dalam lambung dan saluran pencernaan. Pada proses pengolahan menjadi tempe bahkan bisa tercipta senyawa yang bermanfaat untuk mencegah diare...

Sungguh sangat luar biasa bukan??

Prosentase kandungan protein yang ada di dalam tahu bahkan mengungguli kandungan protein yang terdapat pada bahan makanan lain seperti daging, kacang hijau, ikan segar, telur ayam, dan telur puyuh. Maka dari itu kedelai juga bisa diolah menjadi minuman susu kedelai yang memiliki nutrisi dan kandungan protein yang hampir setara dengan susu sapi.

Tempe bermanfaat bagi pencernaan dan Pencegahan Penyakit

Khusus untuk tempe, karena dalam salah satu tahap pembuatan tempe ini dilakukan fermentasi menggunakan bakteri Micrococcus luteus dan Coreyne bacterium, maka ada manfaat tambahan lainnya yang sangat baik bagi pencernaan dan kesehatan kita.

Pada saat pembuatan tempe biasanya bakteri (atau yang lebih dikenal sebagai laru atau ragi) tersebut ditaburkan untuk proses fermentasi. Bakteri inilah yang berperan dalam memecahkan susunan kimia protein yang terdapat pada kedelai sehingga menjadi mudah untuk dicerna. Selain protein, kandungan karbohidrat, lemak,dan yang lain juga ikut diuraikan menjadi susunan yang lebih sederhana yang dapat dicerna dengan lebih mudah.

Manfaat Tahu dan Tempe bagi kesehatan

Dengan bantuan dari bakteri tersebut selain kandungan gizi protein meningkat jauh, kandungan gizi yang lainnya juga ikut meningkat, seperti vitamin B12 yang bisa meningkat hingga 33 kali lipat dibandingkan dengan kedelai biasa. Kandungan asam folat meningkat 4 -5 kali, kandungan asam pentatonat juga meningkat hingga 2 kali lipat. Sehingga manfaat tahu dan tempe menjadi lebih istimewa dibandingkan jika kita hanya mengkonsumsi kedelai biasa.

Karena kandungan gizinya yang sedemikian lengkap dan mudah untuk dicerna, maka makanan olahan dari tempe sudah dapat diberikan kepada anak-anak mulai dari masa balita. Selain karena kandungan proteinnya yang baik untuk pertumbuhan, tempe juga sangat kaya dengan asam amino essensial yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan kerja otaknya.

Bagi orang dewasa, tempe juga bermanfaat karena memiliki fungsi antioksidan yang dapat mencegah kanker dan menghambat penuaan dini pada kulit wajah. Salah satu jenis antioksidan yang terdapat di dalam tempe adalah isofaflon, yang memiliki peranan dalam menangkal radikal bebas. Antioksidan ini muncul pada proses fermentasi tempe dengan menggunakan bakteri Micrococcus luteus dan Coreyne bacterium.

Tempe juga telah diteliti memiliki zat anti kanker payudara dan kanker prostat karena memiliki genestein dan phytoestrogen yang memang sudah terbukti bermanfaat mampu mencegah tumbuhnya sel kanker baik pada wanita maupun pria.

Bagaimana??

Setelah kita mengerti akan manfaat dan kandungan gizi serta khasiat tahu dan tempe ini kita akan mulai mengerti bahwa makanan yang satu ini tidak boleh dipandang sebelah mata.

Meskipun harganya memang tidak semahal daging dan ikan, namun kandungan gizinya segudang...

Last edited 28 June 2015


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1 Posts/Answers
4
23 Posts
91 Points
heryadi posted this in Food and Baverages

Jangan pandang sebelah mata makanan yang satu ini. Ya, tahu dan tempe dulu identik dengan makanan murah dan kelas menengah ke bawah, namun ternyata mengandung gizi dan protein yang sangat kaya dan lengkap. Jika kita ingin mendapatkan manfaat yang sesungguhnya dari tahu dan tempe, maka kita perlu juga memilih tahu dan tempe yang proses pembuatannya tidak menggunakan bahan-bahan kimia atau pengawet yang justru menggangu kesehatan kita.

Cara yang paling baik dan aman memang adalah kalau kita bisa membuat sendiri tahu dan tempe tersebut. Dengan demikian kita bisa memilih sendiri bahan-bahan yang akan digunakan dan tidak perlu takut atau was-was karena kita sudah tahu sendiri bahan yang kita gunakan. Selain itu kita juga bisa menjaga sendiri kualitas dan kebersihan dari tahu dan tempe tersebut.

Panduan dalam artikel ini saya rasa sudah lengkap dan bisa segera dipraktekan sendiri di rumah. Saya juga ingin mencobanya.. semoga berhasil...Bounce

Last edited 08 December 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: