Putih telur buatan rumah sering digunakan sebagai masker wajah penyembuh jerawat. Manfaat putih telur untuk wajah bisa dalam bentuk penggunaan masker wajah. Masker ini murah, efektif dan tidak memerlukan keahlian khusus atau bahan istimewa.

Putih telur dapat digunakan untuk membuat masker wajah yang mengurangi bercak bekas jerawat. Masker putih telur juga mengencangkan dan menyegarkan kulit wajah. Cara merawat wajah menggunakan putih telur bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah sebagai masker wajah. Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur perlu dilakukan secara tepat sehingga bisa memberikan efek yang signifikan terhadap kulit dan juga dapat digunakan sebagai cara mencerahkan kulit wajah yang praktis dan murah.

manfaat putih telur untuk wajah

Manfaat Masker Putih Telur

Salah satu cara terbaik menggunakan putih telur sebagai masker wajah untuk merawat wajah dan mencerahkan kulit adalah dengan mencampur putih telur dengan sari lemon. Sari lemon melepaskan sel kulit mati untuk membuka pori-pori kulit wajah. Putih telur menangkap sel kulit mati supaya wajah lebih mudah dibersihkan.

Sari lemon membantu menghilangkan blackhead dan whitehead ketika ditambahkan ke putih telur. Jangan gunakan kuning telur pada wajah Anda. Mereka lebih mudah terkontaminasi bakteri, ketimbang putih telur. Kuning telur juga bereaksi terhadap benzoyl peroxide.

Untuk membuat masker putih telur, Anda membutuhkan 3 butir telur, 1 lemon, 1 mangkok besar bersih, 2 mangkok kecil bersih dan 2 handuk bersih. Mangkok tembaga sangat baik, karena tembaga akan menstabilkan busa yang akan Anda buat dengan cara mengaduk putih telur. Jangan tambahkan krim tartar ke campuran ini untuk membuat putih telur menjadi halus. Hal itu tidak baik untuk wajah Anda.

  • Pecahkan telur, pisahkan putih dari kuningnya. Letakkan kuning telur pada mangkok kecil, dia bisa digunakan untuk memasak. Letakkan putih telur pada mangkok besar. Potong lemon separuh, peras lemon dengan pemeras supaya bijinya tidak bercampur. Letakkan pada mangkok kecil yang lain.

  • Ambil 1 sendok makan atau 15 ml sari lemon. Tambahkan ke putih telur. Aduk putih telur dan sari lemon sampai Anda mendapatkan busa putih. Cuci tangan Anda dan bersihkan wajah Anda, keringkan dengan handuk bersih.

  • Gunakan campuran putih telur tersebut pada wajah Anda. Biarkan mengering selama 15 menit. Cuci dengan air hangat. Keringkan dengan handuk bersih. Periksa wajah Anda di cermin.

Manfaat putih telur yang digunakan sebagai masker wajah akan membuat kulit Anda lebih kesat. Barangkali pengaruhnya tidak langsung terasa pada bekas jerawat Anda, namun secara perlahan noda hitam dan blackhead menjadi lebih pudar. Jerawat Anda akan sedikit demi sedikit mengerut. Setelah Anda memeriksa kulit wajah Anda, gunakan pelembab ringan pada wajah Anda untuk menjaga kelembaban kulit wajah Anda.

Manfaat Putih Telur

Riset telah meneliti enzim dalam putih telur sebagai sumber pencerah kulit. Enzim tersebut bernama Lysozyme. Dia 20 kali lebih aktif daripada pencerah kulit alami Kojic Acid dan membantu menghilangkan warna merah dan pink pada kulit. Manfaat putih telur bahkan mampu membantu menghilangkan bekas jerawat atau noda flek hitam atau biru pada wajah, yang biasanya muncul setelah penggunaan pencerah kulit hydroquinone pada orang yang mengalami onchronosis.

Banyak pengguna masker putih telur melaporkan bahwa mengoleskan putih telur pada kulit membuat kulit menjadi lebih kencang dan kesat. Efek tersebut muncul akibat interaksi antara albumin di dalam putih telur dengan garam di dalam kulit. Jika Ada menginginkan rasa yang lebih kencang setelah menggunakan masker putih telur, tambahkan ¼ sendok teh atau 1 gram garam ke dalam campuran putih telur sebelum Anda menggunakannya pada wajah Anda.

Ada dasar ilmiahnya bahwa Anda sebaiknya tidak menggunakan kuning telur untuk membuat masker penyembuh jerawat. Warna kuning pada kuning telur karena pigmen xanthene. Pigmen ini dapat berinteraksi dengan hidrogen peroksida yang dilepaskan bakteri jerawat. Interaksi tersebut membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Terdapat sejumlah kecil hidrogen peroksida yang dilepaskan bakteri jerawat. Ada banyak hidrogen peroksida yang dilepaskan oleh benzoyl peroxide. Jika Anda memiliki jerawat aktif dan telah menggunakan benzoyl peroxide, kuning telur akan membuat kulit Anda sangat sensitif dan mudah terbakar sinar matahari. Hal itu tidak terjadi dengan putih telur.

Cara Merawat Wajah Dengan Putih Telur Yang Aman

Kebanyakan telur bebas dari mikroorganisme penyebab penyakit. Namun mungkin saja telur dapat terkontaminasi oleh Salmonella. Ketika telur berpindah-pindah, bisa saja terjadi retakan halus pada kulit telur yang memungkinkan masuknya organisme pengganggu. Semakin lama proses berpindah-pindahnya telur, semakin besar kemungkinan dia mengandung bakteri. Proses itu dimulai dari kandang ayam, pemindahan, pembersihan, penyimpanan pada peternakan, pengiriman ke distributor, penyimpanan pada toko, pembelian dan penyimpanan di rumah. Sebaiknya Anda membeli telur segar dan segera menggunakannya agar terhindar dari bibit penyakit.

Putih telur selalu lebih aman daripada kuning telur. Putih telur mengandung lebih sedikit besi, sementara kuning telur mengandung banyak besi. Seperti manusia, bakteri membutuhkan besi supaya sehat. Risiko Anda diserang bibit penyakit lebih besar jika menggunakan kuning telur sebagai masker Anda, ketimbang menggunakan putih telur. Putih telur mengandung enzim yang dapat membunuh bakteri, baik di dalam telur maupun pada wajah Anda.

Bagaimana dengan alergi telur?

Alergi putih telur biasanya dipicu oleh lysozyme, yang merupakan komponen putih telur yang memperbaiki warna kulit. Jika Anda tidak pernah punya riwayat alergi telur sebelumnya, Anda tidak perlu khawatir. Anda tidak akan mengalaminya ketika menggunakan masker putih telur sebagai cara mencerahkan kulit wajah Anda. Jika Anda menggunakan masker putih telur buatan pabrik, Anda bisa saja mengalami gejala alergi. Karena mungkin saja ada penambahan lysozyme pada produk tersebut. Sebaiknya jangan menggunakan masker putih telur buatan pabrik. Dan jangan menggunakan masker putih telur jika Anda pernah memiliki riwayat alergi telur.

Demikianlah manfaat putih telur untuk mencerahkan kulit wajah maupun perawatan jerawat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda perlu memadukan dengan jenis perawatan wajah yang lain.

Last edited 26 June 2016