Selama berabad-abad, banyak orang menggunakan masker madu sebagai cara penyembuhan jerawat. Masker madu juga bermanfaat untuk menghilangkan berbagai bercak, noda, dan bekas jerawat. Tidak ada resep tunggal penggunaan manfaat masker madu untuk membantu menghilangkan jerawat. Masker madu dapat dibuat dengan dipadukan dengan berbagai tanaman lain. Misalnya digabungkan dengan jeruk nipis, kayu manis, apel, yogurt lemon, lidah buaya, minyak pohon teh, dan aspirin.

Masker madu sudah biasa digunakan sebagai cara penyembuhan jerawat tanpa dokter. Jika Anda bermaksud mencari cara menyembuhkan jerawat dengan cara yang tidak menyakitkan, tanpa zat kimia, maka masker madu sangat cocok bagi Anda.

manfaat madu untuk wajah

Anda dapat menghilangkan jerawat tanpa merasakan rasa sakit atau menelan pil pahit atau mengoleskan krim dan losion. Krim dan losion dalam banyak kasus mengandung jelly dan minyak yang dicampur dengan pewarna buatan, pemutih kulit dan antibiotik. Zat kimia yang ada di dalamnya dapat menjadi bahan untuk membantu menghilangkan jerawat, tapi juga bisa merusak kulit Anda. Paduan berbagai zat kimia dapat mempengaruhi tubuh Anda dalam berbagai cara yang tidak pernah Anda pikirkan.

Dalam hal penggunaan masker madu, Anda dapat menggunakannya dengan pengobatan lain yang barangkali Anda perlukan. Dia tidak akan berpengaruh buruk bagi tubuh Anda. Sebelum Anda mulai melakukan perawatan wajah anda, Anda harus sepenuhnya memahami apa penyebab jerawat. Jika Anda sudah paham, maka Anda dapat memahami bagaimana masker madu dapat membantu menghilangkan jerawat Anda.

Nama ilmiah jerawat adalah Acne Vulgaris. Jerawat merupakan masalah universal. Semua orang pasti pernah memiliki jerawat dalam hidupnya. Yang membedakan adalah tingkatannya: ringan, sedang atau berat. Jerawat disebabkan oleh tersumbatnya kelenjar minyak. Kelenjar ini bertanggungjawab atas produksi dan sekresi sebum. Penyumbat bisa disebabkan oleh sel kulit mati yang terkelupas, debu atau bahan pengganggu lainnya.

Jerawat dapat juga muncul sebagai akibat dari aktivitas hormonal selama masa remaja. Jerawat juga bisa dijadikan pertanda seseorang telah memasuki masa pubertas. Aktifitas hormonal ini sering membuat peraturan kelenjar minyak menjadi kacau. Dia bisa menghasilkan sebum dalam jumlah banyak. Itu sebabnya remaja biasanya ditemukan pada remaja. Ketika saluran kelenjar sebum tersumbat, maka sebum tidak dapat tersalurkan.

Dia mulai menumpuk di bawah pori-pori kulit, terlihat merah dan bengkak. Akibatnya saluran kelenjar ini tidak dapat dibersihkan seperti biasanya oleh aliran sebum. Kondisi itu menyebabkan pori-pori rentan terinfeksi oleh mikroba. Keadaan dapat menjadi bertambah buruk. Pori-pori menjadi merah, gatal dan nyeri. Kulit yang bengkak terlihat tidak menarik. Dia akan meninggalkan noda hitam ketika sembuh. Keadaan yang tidak menyenangkan tersebut disebut berjerawat.

Setelah Anda tahu penyebab timbulnya jerawat, sekarang waktunya menemukan cara penyembuhannya. Karena jerawat disebabkan oleh penyumbatan dan infeksi kelenjar sebum, maka jerawat dapat disembuhkan dengan cara menghilangkan penyumbatan dan mengatasi infeksi. Di sinilah peranan masker madu. Penggunaan masker madu tidak hanya menghilangkan penyumbatan, tapi juga membasmi mikroba pengganggu. Jenis masker madu yang berbeda, digunakan untuk jenis kulit yang berbeda. Contohnya kulit kering, kulit berminyak dan kulit sensitif mendapatkan manfaat madu yang berbeda. Berikut adalah kombinasi yang paling sering digunakan. Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan kulit Anda. Jenis masker tersebut disertai resep, gejala, jenis kulit dan tips berharga.

Masker Madu

Madu saja dapat digunakan sebagai masker yang efektif menyembuhkan jerawat dengan membersihkan pori-pori dan mencegah pertumbuhan mikroba. Madu memiliki sifat anti mikroba. Madu juga membuat kulit lembut, halus dan bercahaya:

Bahan: Madu
Jumlah: Secukupnya
Persiapan: Tidak ada
Penerapan: Oleskan pada wajah Anda
Tips: Gunakan madu yang sudah disaring, bukan madu tradisional

Fakta: Madu memiliki sifat anti mikroba dan antioksidan. Madu juga lengket. Kelengketan itu mencegah debu dan kulit mati masuk. Dia juga mencegah kulit terinfeksi. Antioksidan membuat kulit nampak lebih muda, halus, bercahaya dan lembab.

Peringatan: Tidak dianjurkan bagi orang yang kulitnya alergi madu.

Masker Madu Yogurt Lemon

Paduan ini bagus untuk penyembuhan jerawat. Jenis ini juga sepenuhnya dibuat dari bahan-bahan alami.

Bahan: 2 sendok makan susu segar, 2  sendok makan madu, sari segar sebutir lemon, 1 sendok makan yogurt segar, air hangat
Persiapan: Campur semua bahan dalam mangkok sampai merata
Penerapan: Oleskan satu lapis pada seluruh wajah Anda sampai ke dagu. Tunggu beberapa menit sampai mengering. Oleskan lapisan kedua, tunggu hingga kering. Ulangi lagi sampai habis. Tunggu sampai 10 menit. Basuh wajah Anda dengan air hangat.
Tips: Lakukan 3-4 kali seminggu. 
Gunakan selalu madu segar, bukan madu bekas. Gunakan sebisa mungkin bahan organik. Semakin sedikit bahan kimia buatan, semakin baik.

Fakta: Asam sitrat pada sari lemon, susu dan yogurt adalah pembersih yang bagus. Jika Anda hanya menggunakan sari lemon saja, kulit Anda akan terasa kencang dan kering. Peringatan: Tidak dianjurkan bagi orang yang kulitnya alergi madu, sari lemon, susu dan yogurt

Catatan: Anda dapat mencoba kombinasi madu-lemon, madu-susu dan madu-yogurt sebagai masker jerawat.

Kondisi yang kurang nyaman tentang penggunaan masker madu:

  • Lengket
  • Mudah mengalir, dapat menetes ke lantai atau baju.
  • Proses membutuhkan waktu
  • Beberapa orang kulitnya alergi terhadap madu

Berikut panduan umum menggunakan berbagai masker madu.

  • Gunakan selalu madu segar, bukan madu bekas
  • Gunakan bahan organik sebisa mungkin
  • Gunakan madun yang telah disaring. Madu mentah yang belum disaring bisa berisi debu, butiran pollen, rambut lebah.
  • Madu Manuka memiliki sifat anti mikroba terbaik.
  • Kapanpun Anda membilas wajah atau tubuh Anda setelah penggunaan masker madu, jangan menggunakan sabun. Sabun tidak disarankan untuk perawatan jerawat. Sabun dapat menimbulkan masalah lain.
  • Setelah Anda membilas wajah Anda dengan air hangat, bilas lagi dengan air dingin beberapa menit kemudian. Kulit Anda akan menjadi lebih kencang.
  • Selalu coba dahulu kemungkinan alergi pada kulit selain wajah.
  • Basuh wajah Anda dengan air hangat atau pembersih alami (bukan sabun) sebelum mengoleskan masker Anda.

Demikianlah manfaat madu untuk merawat wajah serta membantu untuk menghilangkan jerawat secara alami.

Last edited 26 June 2016