Pepaya termasuk buah yang tersedia sepanjang tahun. Rasanya yang manis, bisa meleleh seperti mentega di lidah kita. Warna kulit pepaya bisa hijau, kuning, oranye dan merah. Sedangkan warna daging buahnya kuning, oranye dan merah. Manfaat pepaya salah satunya adalah sebagai bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat jerawat yang bisa digunakan sehari-hari dan cukup mudah untuk didapatkan. Cara menghilangkan jerawat dengan pepaya bisa anda coba di rumah dengan cara yang cukup mudah untuk dipraktekan.

Pepaya mengandung enzim papain. Papain membantu kita mencerna protein dengan mudah. Biasanya dia digunakan sebagai bahan utama permen karet. Bisa juga digunakan dalam suplemen diet. Pepaya tidak hanya baik bagi kulit, tapi juga untuk rambut dan tubuh.

Pepaya berasal dari Amerika Tengah. Dia dibawa ke daerah tropis oleh petualang dari Portugis dan Spanyol. Sekarang pepaya banyak ditemukan di India, Filipina, Thailand, Indonesia dan Afrika. Amerika, Mexico dan Puerto Rico merupakan negara penghasil pepaya terbesar di dunia.

manfaat buah pepaya untuk mengobati jerawat

Christoper Columbus menyebut pepaya sebagai buah malaikat. Selain karena rasanya yang manis, teksturnya yang lembut dan manfaatnya bagi kesehatan. Selain enzim papain, pepaya juga kaya akan antioksidan dan nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B, karoten, flavonoid, serat dan mineral seperti magnesium dan potasium. Bubur pepaya digunakan sebagai bahan dasar sampo dan krim wajah.

Pepaya mengandung banyak komponen yang bermanfaat bagi kesehatan kulit dan membuat kulit Anda sehat dan bersinar. Buah pepaya berharga murah, mudah didapat, dan banyak manfaatnya. Berikut manfaat buah pepaya bagi kulit:

  • Pepaya merupakan sumber terbaik vitamin A. Dia membantu menguraikan protein tak aktif. Dia juga membantu membuang sel kulit mati.
  • Pepaya memiliki kadar sodium yang rendah. Dia membantu menyimpan air dan menjaga kadar air dalam kulit.
  • Pepaya mengandung lebih banyak karoten dibandingkan dengan buah lain seperti jambu atau apel.
  • Pepaya membantu Anda mengurangi jerawat dan bercak. Caranya dengan menutup jerawat dengan pasta pepaya. Biarkan selama 25 menit, jerawat akan sembuh dengan sendirinya.
  • Pepaya membantu melembutkan kulit. Baik dengan cara dimakan ataupun dioleskan langsung ke kulit.
  • Pepaya membantu membuat kulit bercahaya. Manfaat ini diperoleh setelah mengkonsumsi pepaya secara teratur.
  • Pepaya dapat mengurangi kepecahan pada tumit. Caranya dengan menggunakan bubur pepaya pada tumit yang retak dan pecah-pecah.
  • Pepaya membantu membersihkan dan menyehatkan kulit.
  • Pepaya mencegah kulit Anda menjadi berubah warna. Caranya dengan menggunakan pepaya pada kulit secara teratur.

Kulit pepaya tidak hanya dapat memutihkan kulit. Tapi juga dapat memutihkan lengan dan kaki. Caranya dengan penggunaan langsung ke kulit. Pepaya mentah merupakan cara terbaik menyembuhkan kurap. Anda juga dapat mengurangi peradangan jerawat dengan menggosokkan potongan pepaya mentah pada daerah yang meradang. Pepaya juga membantu Anda mengurangi tanda penuaan pada wajah.

Manfaat Pepaya Untuk Perawatan Kulit

Kulit pepaya bagus untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. Anda harus menggosokkan kulit pepaya ke seluruh wajah Anda. Biarkan selama 5 menit dan basuh dengan air dingin. Gunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik. Pepaya mengandung AHA. AHA memiliki sifat anti penuaan. Sifat ini menjadikan pepaya sebagai buah asam. Jika kulit Anda sensitif, jangan menggunakan terlalu sering atau terlalu lama. Sifat asam pepaya dapat menyebabkan iritasi kulit dan mengeringkan kulit.

  • Pepaya dapat juga digunakan untuk menghilangkan noda hitam. Untuk dapat menghilangkan bekas jerawat, Anda harus menggunakan bubur pepaya yang dicampur dengan susu. Gunakan pada daerah dengan noda hitam bekas jerawat secara teratur. Dia akan membantu memperbaiki corak kulit dan membuat kulit Anda bersinar.

  • Pepaya dapat menjaga agar kulit Anda tetap terhidrasi. Campurkan pepaya dengan beberapa tetes madu. Oleskan secara merata pada wajah Anda. Salah satu manfaat masker pepaya adalah untuk mengatasi kulit kering. Ambil sepotong kecil pepaya. Hancurkan hingga menjadi bubur. Tambahkan satu sendok makan krim susu. Campur hingga merata dan oleskan pada wajah Anda. Biarkan selama 20 menit, basuh dengan air bersih.

  • Pepaya dapat digunakan sebagai agen pelembab kulit. Bersihkan dan hancurkan pepaya matang sampai menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada wajah Anda. Biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air bersih dan keringkan.

  • Pepaya dapat digunakan untuk mengencangkan kulit Anda. Hancurkan pepaya, campur dengan tepung beras dan madu. Gunakan campuran tersebut pada kulit Anda. Biarkan selama 20 menit. Gunakan tiga kali seminggu sebagai salah satu cara merawat wajah yang akan memberikan hasil terbaik untuk kulit wajah anda.

  • Pepaya juga dapat digunakan sebagai scrub untuk tubuh. Scrub dibuat dengan cara mencampur pepaya mentah dengan garam spa, minyak zaitun dan madu.

  • Pepaya merupakan obat kulit alami. Untuk mendapatkan adonan pepaya, ikuti langkah-langkah berikut. Hancurkan pepaya hingga menjadi pasta. Tambahkan madu, yogurt, putih telur dan sari lemon. Aduk semuanya hingga menjadi kental. Bersihkan wajah Anda. Gunakan pada wajah Anda sebagai masker. Biarkan selama 15 atau 20 menit. Basuh dengan air hangat.

Demikianlah beberapa manfaat buah pepaya, semoga bisa menjadi inspirasi dan bisa segera dipraktekkan bagi anda yang ingin mengatasi masalah jerawat dengan obat alami yang aman dan praktis. Selain bisa mengatasi masalah jerawat anda juga bisa mengencangkan kulit anda hingga lebih cerah dan berseri. Selamat mencoba.

Last edited 26 June 2016