Harga HP LG L2: Pesaing terdekat Samsung Galaxy S4

LG seperti tidak mau kalah dengan Samsung dalam meluncurkan produk dengan harga HP premium. Dengan tampilan dan spesifikasi yang high-end, LG rupanya telah menyiapkan pesaing yang sepadan dengan Samsung Galaxy S4, bahkan bisa jadi memancing perhatian sebagian orang yang sebelumnya sudah mengincar Samsung Galaxy S4 sebagai pilihannya. Bagi orang-orang yang tidak terlalu mementingkan harga HP yang dibeliya, maka LG G2 ini akan menjadi pilihan yang sulit untuk ditolak.

Desain Inovatif LG G2

Sepintas, kita akan melihat tampak depan dari LG G2 ini 95% didominasi oleh layar yang berukuran maksimal, yaitu sebesar 5.2 inch. Hampir-hampir tidak ada tombol sama sekali pada bagian depan. Ukuran layar LG G2 ini diklaim merupakan ukuran yang paling maksimal dan paling lega untuk ukuran smartphone yang masih bisa nyaman digenggam dengan satu tangan. Harga HP LG G2 yang mahal ini sepertinya terbayar dengan desain yang memukau dan sangat eksklusif.

Layar LG G2 yang begitu besar namun masih ergonomis dalam genggaman ini dimungkinkan karena desainnya yang begitu inovatif dan detail, dimana bingkai layar disebelah kanan dan kiri diminimalkan setipis mungkin, sehingga tidak membuang space yang bisa menyebabkan ukuran ponsel melebar.

enter image description here

Dilihat dari dimensinya, tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy S4, hanya selisih sedikit pada bagian ketebalan, ketinggian dan lebarnya yaitu 1 mm, sementara pada bobotnya, hanya beda 13 gram dibandingkan Samsung Galaxy S4. Meski demikian, ada beberapa keunggulan yang dibawa oleh LG G2 ini, yaitu layarnya yang lebih besar dan kapasitas baterai yang juga lebih besar. Dengan beberapa kelebihan ini LG masih memberikan harga HP yang lebih terjangkau dibandingkan pesaing terdekatnya yaitu Samsung Galaxy S4.

Layar 5.2 inch dengan resolusi 1080x1920 (~424 ppi pixel density)

Dengan resolusi layar FullHD dalam bentangan 5.2 inch, bisa dikatakan sangat tajam. Tingkat kecerahan warna, kontras, viewing angle dan tingkat refleksi pada LG G2 bisa dikatakan sangat baik, karena LG menggunakan layar True HD-IPS yang bisa menampilkan warna yang diklaim 100% akurat dan lebih baik dari Layar SUPER AMOLED yang digunakan pada Samsung Galaxy S4

Prosesor Quad-Core 2.26 GHz Krait 400 yang tangguh

Kesan smartphone high-end pada LG G2 ini semakin terasa jika dilihat dari dapur pacunya yang tidak tanggung-tanggung yaitu menggunakan chipset yang terkini dan terbaik keluaran Qualcomm, Snapdragon 800 dengan clockspeed 2.26 GHz. Dengan dilengkapi RAM sebesar 2 GB dan Internal Memory sebesar 16GB/32GB, maka lengkap sudah performa dari LG G2 ini. Harga HP LG G2 ini memang mahal, namun performanya jangan diragukan lagi, pasti tidak membuat pembeli merasa rugi untuk merogoh koceknya.

Meski secara performa LG G2 sangat memuaskan, namun kita tidak disediakan microSD slot untuk menambah kapasitas penyimpanan, karena itu kita harus menentukan pilihan pada kapasitas memori pada saat membeli smartphone ini. Sebagai gambaran, untuk LG G2 dengan kapasitas 32GB, ruang yang tersisa untuk penyimpanan file hanya sebesar 24GB. Karenanya jika anda termasuk yang gemar merekam video atau mengoleksi video HD untuk ditonton di smartphone LG G2 ini, maka kapasitas sebesar 24GB tidak bisa dikatakan lapang.

enter image description here

Antarmuka dan Aplikasi LG G2

LG G2 masih menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean v4.2.2, tentunya ada opsi untuk upgrade ke OS Android terbaru yaitu KitKat v4.4. User Interface yang digunakan pada LG G2 ini masih menggunakan Optimus UI yang sama dengan LG G Pro, namun ada beberapa penambahan fitur dan kustomisasi yang menarik.

Fitur seperti Q-Slide yang sudah ada pada generasi smartphone LG juga masih tetap ada di LG G2, dimana kita bisa membuka aplikasi multitasking tanpa harus menutup/menyembunyikan aplikasi yg sedang berjalan, ketika ingin membuka video player, browser, calculator, email, kalender, pesan, memo, email, ataupun file manager. Fitur semacam ini rasanya juga sudah digunakan pada smartphone lain yg menggunakan update Jelly Bean terbaru, seperti Samsung Galaxy S4, Asus MemoPad, Acer Liquid S1, dsb.

Ada satu fitur tambahan yang disematkan pada LG G2 ini yang merupakan fitur tambahan yang dimasukkan untuk mengkompensasi penempatan tombol lock/unlock yang tidak wajar pada LG G2, yaitu di belakang. Fitur ini disebut Knock On, dimana pengguna cukup mengetukkan jari 2 kali ke layar di area kosong pada homescreen atau status bar maka layar bisa mengunci/membuka (lock/unlock).

enter image description here

Karena menggunakan Android Jelly Bean, maka pada LG G2 ini memiliki fitur Guest Mode, dimana kita bisa membuat 2 account yang berbeda pada satu ponsel. Fitur ini memungkinkan pemiliknya untuk mengatur aplikasi apa saja yang boleh digunakan pada saat orang lain menggunakan ponsel ini pada mode Guest.

Kamera 13MP Autofocus, video recording FullHD [email protected]

Tidak mau kalah dari pesaing terdekatnya, yaitu Samsung Galaxy S4, LG G2 juga menggunakan Kamera yang beresolusi sama yaitu 13 MP dengan fitur Simultaneous video and image recording yang memungkinakan pengguna untuk mengambil foto pada saat perekaman video sedang berjalan. Selain itu kualitas rekam videonya bisa dikatakan mumpuni karena sudah dilengkapi dengan Optical Image Stabilizer yang membuat guncangan pada saat perekaman video bisa diminimalkan secara optimal.

Selain itu juga banyak fitur-fitur yang melengkapi area fotografi di LG G2 ini yang bisa diakses menggunakan 12 mode perekaman layaknya photography professional.

Harga HP: LG G2

Harga HP premium belakangan ini justru laris manis di Indonesia, mungkin karena faktor prestise dan gaya hidup yang ingin sesuatu yang istimewa yang bisa ditampilkan melalui gadget yang dibawanya. Tidak jarang anak-anak muda yang masih duduk di bangku SMA atau mahasiswa yang menenteng smartphone dengan harga premium tersebut.

Sebagaimana LG G2 dengan berbagai attribut high-endnya bisa dimasukkan dalam kelas superphone, maka dari segi harga juga mengikuti. LG G2 dilepas dipasaran pada harga IDR 6,7 juta yang bersaing ketat dengan Samsung Galaxy S4 dikisaran harga yang hampir sama. Boleh dikata ini merupakan head to head yang sangat sengit antara 2 produsen smartphone asal Korea Selatan itu. Harga HP dikisaran 6 - 8 juta masih harus bersaing dengan produk premium dari Apple yaitu iPhone 4s dan iPhone 5 yang sejauh ini masih tinggi peminatnya. Bagaimana dengan anda?

Last edited 03 October 2014