Kata-Kata Mutiara [Anak-Anak]

2
259 Posts
643 Points
Johan Budi posted this in Serba-Serbi By: Johan Budi

Kumpulan kata mutiara seputar anak-anak

Anak-anak merupakan harta yang berharga dalam sebuah keluarga. Sebuah keluarga merupakan tempat belajar yang sesungguhnya bagi sang anak. Di dalamnya mereka mendapatkan didikan dan pantauan dari sang orang tua. Kata-kata mutiara untuk anak ini bisa menjadi tempat bagi kita untuk belajar dan memahami dunia anak yang memang tidak mudah untuk dipahami.

Dalam ketidakmengertian dan kenakalan mereka, seringkali para orang tua menjadi susah dan dibuat kesal. Padahal kita harus menyadari bahwa anak-anak memang masih belum memiliki kesadaran penuh akan sebuah kehidupan yang utuh. Mereka cenderung masih sangat egois dan mementingkan diri sendiri.

enter image description here

Agar menjadi orang tua yang lebih bijak dan lebih memahami anak-anak kita, kita perlu merenungkan beberapa kata-kata mutiara atau kata-kata bijak dan memahaminya dengan baik. Ada banyak hikmat dan pengalaman berharga yang dibagikan oleh orang tua yang lain dalam bentuk kata bijak atau kata mutiara. Semoga kata-kata mutiara ini memberikan makna dan mencerahkan para orang tua.

Anda juga bisa memberikan kontribusi berupa kata-kata mutiara yang memiliki makna seputar dunia anak dan keluarga.

Selamat membaca dan merenungkan kata-kata mutiara berikut ini:

Last edited 18 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

6 Posts/Answers
2
259 Posts
643 Points
Johan Budi posted this in Serba-Serbi By: Johan Budi

Kata-Kata Mutiara 01


Untuk kata-kata mutiara kategori dan topik lainnya silahkan lihat di halaman: Kumpulan Kata Mutiara Pilihan

Anak bukan tamu biasa di rumah kita. Mereka telah dipinjamkan untuk sementara waktu kepada kita dengan tujuan mencintai mereka dan menanamkan nilai-nilai dasar untuk kehidupan masa depan yang akan mereka bangun – Dr. James C Dobson


Seorang anak adalah ibarat kertas kanvas putih yang siap untuk diwarnai dan digambar sesuai dengan setiap keadaan lingkungan, pendidikan, keluarga yang ada disekitarnya. Orang tua perlu menyadari bahwa dalam batas umur tertentu segala nilai-nilai yang sudah pernah diperoleh selama ini akan sangat berperan dalam membentuk kepribadian sang anak.

Karenanya jangan abaikkan masa-masa terpenting dalam kehidupan sang anak, dimana mereka sedang mengumpulkan dan mempertimbangkan banyak nilai-nilai yang diserapnya setiap hari, khususnya dalam keluarga.

Last edited 23 December 2013


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2
259 Posts
643 Points
Johan Budi posted this in Serba-Serbi By: Johan Budi

Kata-Kata Mutiara 03

Seorang anak merupakan pribadi yang masih rentan. Mereka masih belum memiliki kemampuan analisa yang baik, karenanya apa yang bisa mereka lakukan adalah meniru dan mencontoh apa yang dilihat, didengar dan dirasakan setiap harinya.

Mereka sebenarnya juga pribadi yang lemah, dibalik kenakalan mereka ada juga penyesalan yang tidak terkatakan, ada kepahitan yang memicu, dan ketidakmengertian yang masih membingungkan.

Anak-anak membutuhkan kekuatan untuk bersandar, membutuhkan pundak untuk menangis dan membutuhkan contoh untuk mempelajari sesuatu dari seseorang


Kadang sebagai orang tua kita menyangka bahwa didikan dan nasehat yang kita berikan kepada anak-anak kita tidak membuahkan hasil, namun:

Nothing you do for children is ever wasted. They seem not to notice us, hovering, averting our eyes, and they seldom offer thanks, but what we do for them is never wasted. ~ Garrison Keillor

Tidak ada yang sia-sia jika kita melakukan sesuatu untuk anak-anak. Mereka sepertinya tidak memperhatikan kita, mengalihkan pandangan dan jarang berterima kasih, tapi apa yang kita lakukan untuk mereka tidak pernah sia-sia.


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2
259 Posts
643 Points
Johan Budi posted this in Serba-Serbi By: Johan Budi

Kata-Kata Mutiara Seputar Anak

J. Baldwin: “Anak-anak tidak pernah berhasil dalam mendengarkan orang yang lebih tua. Namun anak-anak tidak pernah gagal dalam meniru orang yang lebih tua.”

Last edited 12 May 2014


comments
1 user(s) write 1 comment(s) on this post
Johan Budi posted this 07 January 2014

Makna dari kata-kata mutiara anak tersebut adalah: bahwa seorang anak lebih banyak memperhatikan kelakuan dari orang yang lebih tua. Ibarat "monkey see, monkey do" demikianlah seekor anak kera akan memperhatikan kelakuan dari kera yang lebih dewasa daripadanya, sama seperti seorang anak akan ikut merokok apabila melihat orang tua atau saudara tuanya merokok.

Pendek kata, seorang anak lebih mudah menirukan apa yang dilakukan orang lain dibandingkan dengan diperintah untuk melakukan sesuatu melalui pendengarannya.

Jadi sebaiknya jangan banyak memberikan kalimat perintah kepada anak kalau ingin mendidik sang anak dengan baik. Namun berikan contoh melakukan apa-apa yang kita inginkan anak tersebut melakukannya.

Ambil contoh, Ambillah sebuah lap untuk membersihkan tempat tidur ataupun lantai, lalu ajaklah sang anak menirukan atau membantu mengambilkan air, lalu mengepel lantainya. Percayalah, teladan yang kita berikan akan menjadi kebiasaan bagi sang anak untuk melakukan hal tersebut di hari berikutnya.

Kesimpulan dari kata-kata bijak ini adalah seorang anak lebih mudah diajarkan sesuatu dengan memberikannya contoh daripada memberikan perintah yang tidak dipahaminya.

Please Log In to Comment..

1
259 Posts
643 Points
Johan Budi posted this in Serba-Serbi By: Johan Budi

Kata-Kata Mutiara 02

Seringkali anak-anak kurang termotivasi untuk sekolah dan mendapatkan pendidikan secara formal untuk bekal masa depan mereka, untuk itu:

Katakanlah kepada anak-anak bahwa masa bersekolah itu merupakan hari-hari yang paling menyenangkan, karena tidak perlu mencari-cari.


Berikan kepada anak-anak kita pengertian yang benar dan sudut pandang akan masa kehidupan mereka selama menempuh masa-masa sekolah. Sepertinya mereka merasa jenuh, bosan, dan berat dengan segala tugas dan ujian yang harus ditempuh di sekolah. Namun berikan mereka pemahaman bahwa kehidupan yang sesungguhnya baru dimulai ketika mereka harus mencari sendiri apa yang harus mereka dapatkan.

Selama mereka masih sekolah, mereka tidak perlu pusing dengan uang sekolah, makan, persaingan usaha, dsb semuanya itu disediakan oleh orang tua. Jika mereka menyia-nyiakan kesempatan yang berharga untuk membekali diri dengan pendidikan maka mereka akan meyesal ketika harus menghadapi kerasnya kehidupan saat mereka bekerja nantinya. Namun kita sebagai orang tua hendaknya bijaksana:

We worry about what a child will become tomorrow, yet we forget that he is someone today. ~ Stacia Tauscher

Kita khawatir akan menjadi apakah anak kita kelak, tetapi terkadang kita lupa bahwa anak kita adalah seseorang (manusia juga).


Jangan terlalu menuntut sang anak dengan jam belajar dan les yang sangat padat demi membekali mereka dengan ilmu dan keahlian, namun sadari bahwa mereka juga perlu menikmati masa kecil mereka dengan bermain secara seimbang.


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1
259 Posts
643 Points
Johan Budi posted this in Serba-Serbi By: Johan Budi

Kata-Kata Mutiara 04

Sebagai orang tua kita tidak hanya bertanggung jawab terhadap kebutuhan sang anak secara materi saja. Ini adalah salah satu kesalahan terbesar bagi orang tua jika mereka tidak memberikan perhatian dan didikan untuk masa depan mereka.

Anak-anak tidak akan mengingat Anda pada hal-hal materi yang Anda berikan tetapi pada perasaan menghargai mereka - Richard L. Evans

Anak-anak membutuhkan perasaan dihargai dan perasaan bahwa diri mereka lebih berharga dibandingkan sekedar materi. Mereka adalah pribadi yang unik dan memiliki potensi. Masa depan mereka sangat dipengaruhi sejak kehidupan masa kecilnya. Orang tua tidak boleh menggantikan peran mereka dengan hal yang lain.


Jika anda bisa memberikan putra atau putri anda sebuah hadiah, biarkanlah itu sebuah semangat.


“Kita harus mendidik anak-anak kita untuk bermimpi dengan mata terbuka.” ~ Harry Edwards


Janganlah heran jika anak-anak masih belum memandang dunia ini secara materialistis layaknya orang-orang dewasa. Mereka justru lebih menghargai perasaan dan penerimaan dalam keluarga. Mereka juga butuh dukungan, waktu kebersamaan, bercanda bersama, bermain dan berlibur bersama keluarga.

Mendidik anak Anda dalam hal pengendalian diri, kebiasaan menahan nafsu dan prasangka serta menjauhkan kecenderungan-keenderungan jahat, maka anda telah berbuat banyak untuk menghapuskan penderitaan kehidupan masa depan mereka dan kejahatan di masyarakat - Daniel Webster


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1
259 Posts
643 Points
Johan Budi posted this in Serba-Serbi By: Johan Budi

Kata-Kata Mutiara Seputar Anak

Ibarat membuat keris, tempalah baja selagi membara. Demikian membentuk karakter seseorang harus dimulai selagi masih usia muda.

Makna dari kata-kata mutiara anak ini: Banyak orang berpikir bahwa memberikan segala macam keinginan sang anak, akan memberikan dampak yang baik untuk masa depan sang anak. Namun berdasarkan kenyataan yang ada bahwa seorang anak yang lahir dari keluarga yang kurang mampu, justru melahirkan generasi anak yang tangguh, kuat, dan berkarakter indah.

Sekolah penderitaan yang dialami oleh anak-anak dari keluarga yang tidak mampu, justru memacu dan menempa kepribadian sang anak menjadi kepribadian yang tidak mengenal gagal, jatuh harus bangkit kembali, dan selalu optimis menatap masa depannya. Sedangkan anak-anak dari keluarga yang mampu, cenderung bersikap meremehkan, dan mengandalkan kekayaan orang tuanya.

Hal ini memicu adanya konflik batin dari orang tua yang kurang mengerti mengenai psikologi membentuk karakter yang baik bagi seorang anak. Makna yang benar dari kata-kata mutiara anak ini adalah bentuklah karakter anak-anak kita dengan kesederhanaan, meskipun kita kaya, kerendahan hati meskipun banyak yang bisa kita banggakan, ajarkan memperhatikan kepentingan orang lain meskipun kita masih kekurangan.

Singkat kata, dari kata-kata mutiara anak ini kita bisa mendapatkan kesimpulan bahwa kepribadian seseorang dibentuk melalui proses kehidupan yang masih muda belia, karena saat itulah memori mereka masih bisa diubah menjadi lebih baik.

Last edited 07 January 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: