Jerawat memang merupakan masalah yang umum dialami oleh sebagian orang, namun tidak semua orang memiliki jenis jerawat yang sama. Untuk itu teknik dan cara menghilangkan jerawat perlu disesuaikan dengan jenis jerawat dan jenis kulit seseorang agar cara yang ditempuh bisa dengan tepat memberikan solusi bagi masalah jerawat yang sedang dialami.

Secara umum jerawat disebabkan adanya kelebihan kelenjar minyak yang diproduksi oleh hormon androgen. Beberapa makanan penyebab jerawat perlu dihindari jika anda ingin jerawat cepat hilang, agar produksi sebum bisa dikontrol. Kelebihan kelenjar minyak tersebut atau yang sering disebut sebum, akhirnya menjadi semakin bertumpuk di pori kulit. Bertumpuknya sebum inilah yang menyebabkan terjadinya kristal kecil ada yang berwarna putih, ada yang kemudian menjadi kehitaman. Bintik warna putih, bentuknya lebih kecil dari biji wijen kecil, bisa dirasakan dengan cara meraba kulit wajah, kulit dada, kulit punggung, kulit bagian lengan atas.

jenis-jenis jerawat

Apabila bintik putih yang disebut whitehead ini terkontaminasi dengan bakteri maka bintik putih ini akan meradang atau bengkak. Ketika Whitehead atau komedo ini di sentuh dengan tangan yang kotor maka terjadilah infeksi, artinya masuknya bakteri atau kuman ke dalam tubuh. Infeksi inilah yang merupakan penyebab terjadinya kulit yang meradang, yang pada akhirnya mengakibatkan terjadinya jerawat.

Bintik warna putih, atau whitehead ini apabila dibiarkan beberapa hari atau sekitar 4 hari dengan hanya dioles minyak tawon misalnya, maka akan mengering dan membentuk kristal kecil yang apabila kita cuci muka maka akan lepas dengan sendirinya. Whitehead ini lama kelamaan akan berubah jadi bintik hitam apabila pori-porinya terbuka dan terkontaminasi dengan kotoran atau lemak. Dengan menggunakan kaca pembesar maka bisa dilihat bentuknya seperti pasir hitam yang disebut blackhead apabila diraba terasa seperti ada kristal seperti pasir. Ini merupakan jenis jerawat yang biasanya dialami kebanyakan orang, namun ada juga jerawat yang lebih parah, yaitu jerawat batu. Jerawat batu membutuhkan cara dan penanganan yang khusus untuk menghilangkannya dibandingkan jerawat biasa.

Penulis pernah mengamati butiran kecil hitam ini apabila di amati unsur yang ada dalamnya dengan cara memecahkan butiran hitam itu dengan memencetnya diantara dua jari. Ternyata butiran hitam ini mengandung kotoran dan sedikit lengket karena ada minyak, baunya khas seperti lemak yang asam.

Penanganannya yang tepat adalah dengan cara memperhatikan kebersihan dari mulai rambut yang di basuh setiap bepergian, juga mencuci wajah dengan sabun madu G&H (gliserin dan honey). Cuci tangan dengan teratur akan sangat membantu menjaga kesehatan tangan, tangan yang bersih akan steril dari bakteri atau kotoran. Cara menghilangkan jerawat bisa dimulai dari perawatan wajah yang tepat. Hal lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah menjaga pola makan, baik itu menghindari jenis makanan penyebab jerawat dan memperbanyak konsumsi makanan yang bisa membantu menghilangkan jerawat, serta menghindari stress berlebih agar jerawat cepat hilang.

Kadangkala kita lupa mengusap wajah dengan tangan kita yang tidak steril, sehingga mengakibatkan terjadinya infeksi di wajah tanpa disadari. Handuk yang digunakan untuk cuci rambut atau mengusap wajah, badan dan punggung seringkali kurang diperhatikan penggantiannya. Sebaiknya mengganti dengan handuk bersih dalam kurun waktu 4 hari paling lama, karena lebih dari itu kuman atau bakteri akan menempel pada handuk.

Kuman atau bakteri yang mengumpul di handuk, biasanya dengan adanya tanda kumal karena kotoran, juga dapat di analisa dari bau handuk yang asam, tidak wangi lagi. Penanggulangannya juga bisa dilakukan dengan mengetahui hal apa saja yang bisa membuat jerawat tumbuh, cucilah sarung bantal, guling, selimut, seperai lebih sering. Dari kain yang kotor itulah penyebab timbulnya bakteri yang menimbulkan radang pada kulit wajah kita.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Jenis Jerawat

Setelah kebersihan kita jaga maka barulah membahas hal lainnya mengenai cara menanggulangi jerawat yang sering menyerang tiap orang. Menyerang mulai anak remaja sampai ke orang dewasa,tanpa pandang status sosial seseorang. Jerawat menyentuh setiap kulit wajah manusia yang kurang bisa menjaga kebersihan dan makanan yang dikonsumsinya dengan baik.

Berikut ini jenis-jenis jerawat yang perlu kita ketahui:

  1. Jerawat Biasa.

    Bagian yang paling membuat sewot seseorang dengan datangnya jerawat adalah bagian wajah. Meskipun sebenarnya wajah bukan satu-satunya tempat yang ditaburi oleh jerawat, bagian punggung juga bisa terjangkit jerawat, dada, lengan atas, lekuk hidung, lubang hidung bagian dalam dan juga lengan atas.

    Berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis, masing-masing bagian tubuh yang dihinggapi jerawat memberikan pertanda bahwa ada salah satu organ tubuh kita yang terganggu kesehatannya. Berikut pertanda bagian tubuh yang ditumbuhi jerawat, dan jenis penyakit yang menyerang, serta penanganannya secara tepat:

    • Bila jerawat tumbuh di seluruh area leher atau sebagian ketiak hingga lengan atas, sekujur dada, maka itu pertanda stress berlebih.

    Cara menghilangkan jerawat jenis ini adalah dengan menghindari stress berlebih dengan cara berpikirlah yang luas, yakinlah setiap masalah seberat apapun pasti ada jalan keluarnya. Selain itu anda juga perlu mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa membantu mengurangi stess, seperti makan buah apel yang dikupas, minumlah jeruk nipis dengan madu. Untuk perawatan jerawat yang paling praktis adalah dengan mengoleskan alkohol 70 persen ke bagian sekitar leher dan ketiak yang terjangkit jerawat tersebut. Gunakan minyak cap tawon sebagai obat untuk mencegah terjadinya radang di kulit tersebut.

    • Bila pencernaan terganggu akibat kurang minum air maka muncullah jerawat di bagian atas dahi.

    Bagi sebagian orang minum air hal yang mutlak dan sering minum air dengan rutin. Sebagian lagi malas atau memang tidak suka minum air putih meskipun haus, solusinya adalah sadarilah bahwa air penting untuk menetralisir racun dalam tubuh dan juga memberikan kehidupan bagi setiap sel tubuh agar tetap sehat. Bila perlu tambahkan madu, lalu masukkan ke dalam kulkas agar lebih segar dan mendorong anda lebih banyak minum karena ada rasa manis khas madu. Minum air dalam jumlah yang banyak juga bisa membantu anda untuk menghilangkan bekas jerawat.

    • Bila sekitar daerah T wajah yang terjangkit jerawat, yaitu garis horisontal sekitar alis mata, dan garis vertikal sekitar kening ke bawah cuping hidung, memberi pertanda kolesterol tubuh berlebih karena banyak konsumsi telur, kacang, creamer, daging berlemak, juga es krim, durian, mangga, jeruk keprok, mete,dan lain makanan yang berlemak tinggi. Hindari makanan yang menjadi potensi pemicu munculnya jerawat.

    Makanan yang berlemak tinggi bisa diamati dengan cara mengoleskan bahan tersebut ke atas kertas putih, keringkan kertas tersebut. Apabila kertas yang diolesi dengan bahan yang telah dihancurkan tersebut, memberikan bekas yang berwarna mengkilat, berarti banyak lemaknya. Penanggulangannya adalah batasi konsumsi makanan berlemak tersebut diatas, termasuk goreng tempe, tahu, kerupuk.

    Acapkali kita kurang menyadari, makanan yang di goreng dengan minyak bekas yang dipanaskan lagi, menjadi minyak jenuh yang banyak kandungan kolesterol jahat. Sebaiknya pakailah minyak goreng secukupnya untuk sekali penggorengan makanan, sisanya harus dibuang, jangan digunakan lagi. Gunakan minyak goreng dari bahan jagung yang non kholesterol. Makanlah makanan yang mengandung lecithin, zat yang bisa menguraikan lemak menjadi zat yang diurai menjadi kotoran yang akan dibuang oleh tubuh.

    • Bila jerawat tumbuh disekitar kulit pipi, maka pertanda ada gangguan pada organ paru-paru, akibat sering begadang hingga malam.

    Begadang malam hari, kurang tidur, merokok adalah penyebab jerawat di pipi. Cara menanggulanginya adalah hindari asap rokok, cukup istirahat, hilangkan kebiasaan pulang larut malam, perbanyak makan buah dan sayur. Bersihkan wajah dengan sabun G&H gliserin dan honey, wajah akan lembut halus dan bersih.

    • Bila jerawat tumbuh di daerah lipatan hidung, itu pertanda darah bertekanan tinggi.

    Jantung berpacu dengan kencang akibat makanan asin yang berlebih, minum kopi dengan gula, makan cabe berlebih. Cara menanggulanginya adalah perbanyak olahraga jalan kaki 10 ribu langkah, hindari kopi manis untuk sementara. Konsumsilah sayur yang organik secara mentah, seperti selada segar misalnya, minumlah jeruk nipis dengan madu. Sungguh, apabila ingin minum kopi karena ketagihan, kebiasaan, maka minumlah nescafe tanpa gula.

    • Bila jerawat tumbuh di dalam lubang hidung, pertanda ada alergi makanan tertentu yang berlebih, seperti lombok cabe, udang, kepiting.

    Jerawat dalam lubang hidung banyak membawa penderitaan, karena setiap cuci mulut usai makan maupun cuci muka selalu menekan hidung yang berjerawat tersebut. Cara menanggulanginya adalah gunakan jari kelingking yang bersih untuk mengoleskan minyak cap tawon yang masih baru ke lubang hidung tersebut, percayalah jerawat tersebut akan mereda, tidak meradang lagi setelah pemakaian berulang dalam sehari mengoleskan minyak capbtawon asli tersebut. Dalam jangka waktu singkat jerawat tersebut akan pecah dan kering tanpa infeksi atau meradang.

    • Bila jerawat tumbuh di daerah dagu, maka pertanda banyak hal yang dipikirkan, sehingga kurang tidur dan hati cemas.

Cara menanggulanginya adalah perbanyak makan buah tomat yang utuh, apel yang dikupas kulitnya yang mengandung zat semacam lilin, minumlah air mineral. Hindarilah minum coca-cola atau soft drink yang sarat dengan gula, juga makan cabe berlebihan harus dihentikan. Jerawat di dagu kebanyakan agak lama meradangnya, oleskan minyak cap tawon secara merata dan digosok berulang-ulang. Selang beberapa hari akan mengempis jerawatnya dan kering tanpa bekas.

  1. Jerawat Papule.

    Papule adalah jenis jerawat yang berbentuk bisul kecil dan lunak, tanpa mata seperti biang keringat yang tumbuh karena pergantian udara dari musim hujan ke musim panas. Papule ini termasuk jerawat yang agak susah keringnya, serta perlu segera di obati agar tidak terjadi infeksi lebih lanjut.

    Penyebab jerawat Papule adalah:

    • Penumpukan kelenjar minyak yang sangat masif di pori-pori kulit.
    • Akibat matinya sel kulit yang tidak bisa membentuk sel kulit yang baru dengan segera dan menyumbat pori-pori kulit.
    • Hormon tubuh yang reaktif terhadap luka kulit di wajah, sehingga timbullah jerawat tersebut.
  2. Jerawat Nodule.

    Jerawat nodule yang tidak diobati akan menjadi biang jerawat yang meradang besar, disertai rasa sakit bila tersentuh tangan. Nodule tersentuh tangan jadi sakit, biasa cream yang aman adalah mengoles dengan minyak cap tawon aja. Minyak ini tidak membuat kulit meradang atau sakit lagi, malah rasa gatal hilang dan tidak bengkak lagi. Sungguh, tak lama lagi pasti kering tanpa meninggalkan bekas jerawat atau bopeng.

  3. Jerawat Abses.

    Jenis jerawat ini berbentuk merah meradang, ada yang sampai membentuk nanah karena tidak diobati dengan baik. Rasanya nyeri, hal ini karena daya tahan tubuh yang lemah,sehingga mudah terinfeksi kotoran yang ada.

    Jerawat abses sebaiknya ditutup dengan plester obat yang dari bahan kain, untuk menghindari adanya masuknya bakteri ke luka tersebut. Selain itu, jari tangan kita yang mengandung bakteri sering tergoda untuk menggaruk atau mengelupas kulit yang kering. Akibatnya jerawat tersebut meradang lagi, jadi tidak kunjung sembuh dalam waktu yang lama.

  4. Jerawat Conglobata.

    Jerawat Conglobata adalah jerawat yang berbentuk abses, keloid, kista, maupun luka yang panjang berderet. Biasanya jerawat ini tumbuh di wajah, paha, pantat, punggung atas sampai bawah punggung. Penyebab utamanya adalah masifnya hormon testosteron yang ada dalam tubuh pria yang berusia 16 tahun hingga 42 tahun. Bilamana jerawat Conglobata ini tidak segera diobati maka akan terjadi radang hingga bernanah, dan abses.

    Jerawat Conglobata ini kadang dalam tahap stadium awal berupa jerawat batu, jerawat yang berbentuk merah tapi masih tidak banyak butiran merah meradangnya. Namun pada stadium akut, jerawat Conglobata sangat menakutkan dan sakit luar biasa karena bernanah, berdarah dan meradang. Sedangkan jerawat batu atau cystic acne merambah lebih luas ke seluruh wajah, bentuknya bisul yang besar dan tidak ada matanya, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Sebagian orang memilih untuk pergi ke salon kecantikan untuk mengobati jerawat jenis ini, karena perlu penanganan secara klinis dan higienis untuk menghindari infeksi dan peradangan yang lebih hebat.

macam-macam jerawat

Berikut ini beberapa tips praktis untuk membantu anda merawat wajah dan menghilangkan jerawat:

  • Basuhlah wajah dengan sabun herbal yang baik kualitasnya, untuk membersihkan minyak di pori-pori kulit, kotoran atau bahan make-up yang menempel di kulit. Cara merawat wajah yang tepat mampu menghindarkan anda dari salah satu penyebab timbulnya jerawat.

  • Edukasi diri dengan mengetahui penyebab timbulnya jerawat anda, mungkin masalah kebersihan, makan pedas, makanan berlemak atau padat gula, stress berpikir. Atau faktor make-up yang tidak cocok, dan masih banyak lagi yang tidak mungkin disebutkan disini.

  • Biasakan tangan tidak menyentuh jerawat atau wajah, karena itulah yang menyebabkan terjadinya infeksi di wajah. Mengingat tangan kita ada banyak kuman dan bakteri yang tidak kita sadari. Bagi yang terbiasa menyentuh tangan dengan wajah, karena memang wajah yang berjerawat ada bakteri yang bergerak sehingga terasa gatal dan dengan reflek tangan menggaruk.

  • Atasi hal ini dengan mengoleskan minyak tawon setiap terasa gatal, dan jangan digaruk. Rasa hangat minyak tersebut bisa mengurangi rasa gatal dan bakteri jadi mati karena antibiotik alami dari sereh yang terkandung dalam minyak tersebut.

  • Senantiasa menjaga pola makan dan minum yang sehat, bergizi, dan aman bagi tubuh. Pemberian asupan makanan yang sehat akan membuat daya tahan tubuh kuat. Daya tahan tubuh yang kuat, akan mempercepat kesembuhan dan menjauhkan diri dari terserang bakteri atau virus dari luar.

Pengenalan terhadap jenis-jenis jerawat dan cara penanggulangannya dimaksudkan memberikan edukasi yang penting bagi tiap orang, khususnya bagi yang sedang menderita salah satu jenis jerawat tersebut, maupun bagi yang masih mulus wajahnya. Anda perlu mengetahui cara menghilangkan jerawat yang sesuai dengan jenis jerawat dan penyebab munculnya jerawat tersebut. Semoga dengan perawatan yang tepat anda bisa segera menghilangkan jerawat dari wajah anda dan membuat wajah anda tampil lebih bersih dan bebas dari gangguan jerawat secara efektif.

Last edited 08 July 2015