Harga Tablet: Sony Xperia Z2

Sony tidak hanya fokus pada jajaran produk smartphonenya. Kali ini Sony meluncurkan Sony Xperia Z2 tablet yang diklaim sebagai salah satu tablet Android yang paling tipis dan ringan. Meski harga tablet ini dibanderol cukup mahal, yaitu IDR 8.999.000 Sony Xperia Z2 ini memiliki spesifikasi yang cukup tangguh. Harga HP dan Tablet Sony memang sudah dikenal cukup mahal, namun spesifikasi yang digunakan memang tergolong premium.

Tablet ini juga dibekali dengan sertifikasi IP58 yang membuatnya masuk dalam jajaran gadget tahan air dan debu seperti generasi smartphone Sony Xperia Z seri Z1, Sony Xperia Z Ultra, Sony Xperia ZR, dan Sony Xperia Z1 compact yang lebih dahulu hadir. Dengan banderol harga sekitar 9 juta itu apa saja yang bisa kita dapatkan dari tablet teranyar Sony ini? mari kita lihat lebih dekat detail spesifikasi yang diusung oleh tablet ini.

enter image description here

DESAIN SONY XPERIA Z2

Dari sisi desain, Sony Xperia Z2 yang termasuk dalam jajaran tablet dengan harga premium ini cukup bagus, namun tidak ada desain baru yang ditonjolkan. Tablet ini mengadopsi desain omni Balance yang menggunakan material terbuat dari bahan plastik. Hal ini membuat tablet ini terasa ringan ketika dibawa. Selain itu area bazel dari tablet ini terasa lebih lebar yang mungkin dimaksudkan untuk memberi ruang lebih kepada ibu jari saat menggenggam tablet ini agar tidak menyentuh layar sentuhnya yang cukup sensitif.

Dengan harga hampir 9 juta rupiah, tablet ini sudah dilengkapi dengan kemampuan anti air dan anti debu. Tablet ini masih mampu bertahan pada saat direndam dalam air dengan kedalaman hingga 1.5 meter selama 30 menit. Namun dengan catatan lubang-lubang port yang ada sudah dalam kondisi tertutup rapat oleh plastik pelindungnya.

Material kaca anti pecah dan anti gores juga sudah membuat tablet ini memiliki ketahanan fisik yang baik. Secara keseluruhan tablet yang harganya premium ini cukup ringan untuk dibawa-bawa karena bobotnya hanya 439 gram saja.

LAYAR SONY ZPERIA Z2 TABLET

Sony Xperia Z2 tablet ini menggunakan layar sentuh seluas 10.1 inch dengan resolusi 1920x1200 yang sudah mengadopsi teknologi Sony Mobile BRAVIA engine 2, Triluminos display dan X-Reality Engine. Harga tablet yang premium ini sudah pasti membuatnya dibekali dengan teknologi terbaik yang dimiliki oleh Sony saat ini. Kualitas layar ini akan terasa pada saat menjalankan video atau menampilkan foto dengan resolusi tinggi.

Salah satu teknologi terbaru yang diterapkan di tablet Sony ini adalah Live Color LED yang mampu menampilkan variasi warna yang sangat banyak, membuat kontras dan warna menjadi begitu natural. Dengan resolusi FullHD layar ini cukup cemerlang dalam menampilkan gambar ataupun memainkan video High Definition.

HARDWARE DAN PERFORMA SONY XPERIA Z2

Sony Xperia Z2 diperkuat dengan prosesor Quad Core 2.3 GHz Krait 400 menggunakan chipset Qualcomm MSM8974AB Snapdragon 801 dan GPU Adreno 330 serta RAM sebesar 3GB, dan internal memori sebesar 16 GB yang bisa ditambah hingga 64GB menggunakan memori microSD.

Dengan kombinasi hardware yang sedemikian, maka wajar saja jika Sony Xperia Z2 ini dibanderol dengan harga yang relatif mahal untuk ukuran tablet, yang mana hampir sejajar dengan harga dari iPad Air yang merupakan produk terbaru Apple.

Kinerja tablet Sony Xperia Z2 ini secara keseluruhan sangat mantap dan hampir tidak ada kendala dalam membuka beberapa aplikasi sekaligus, atau memainkan video dengan kualitas FullHD, semua itu berkat dukungan RAM dan GPU yang sangat memadai.

SISTEM OPERASI DAN APLIKASI

Sebagai salah satu produk paling gress, sudah pasti Sony membenamkan sistem operasi Android yang laing gress pula. Adalah Android KitKat v4.4.2 yang sudah dimodifikasi dengan tampilan TimeScape UI khas Xperia. Dari sisi user interface, Sony Xperia Z2 tablet ini cukup oke. Tampilan dari ikon dan homescreen hampir sama dengan seri pendahulunya, namun karena sudah menggunakan OS Android KitKat, maka beberapa perubahan membuatnya tampil lebih sederhana dan lebih mudah dioperasikan.

Untuk sisi konektivitas, tablet Sony Xperia Z2 ini support 4G LTE sehingga jika jaringan memadai, tablet ini mampu menghadirkan koneksi super cepat untuk browsing, menonton video streaming, ataupun melakukan download file dengan ukuran besar.

Selain koneksi internet mobile super cepat, tablet ini juga sudah disematkan koneksi standar seperti HSDPA/HSUPA, Wi-Fi, Wi-Fi Direct, Wi-Fi Hotspot, DLNA, Bluetooth v4.0 with A2DP, NFC, infrared, dan micro USB v2.0 (MHL 3). Dengan koneksi yang super lengkap itu pantas saja tablet Sony Xperia ini dibanderol dengan harga cukup tinggi.

KAMERA SONY XPERIA Z2

Tidak ketinggalan, Sony juga menanamkan kamera dengan resolusi yang cukup besar untuk ukuran tablet, yaitu sebesar 8 MP autofocus yang sudah mampu merekam video dengan kualitas resolusi 1080p dan kamera depan sebesar 2.2 MP untuk melakukan panggilan video ataupun sekedar untuk foto selfie. Hasilnya anda bisa mendapatkan kualitas hasil foto dan perekaman video yang diatas rata-rata untuk ukuran tablet. Karena Sony juga mengaplikasikan teknologi sensor backside illuminated dan teknologi Exmor RS.

HARGA SONY XPERIA Z2 TABLET

Dengan keseluruhan desain, hardware, dan performanya pantas saja tablet ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Namun untuk kelas tablet premium, Sony Xperia Z2 tablet harus bersaing dengan jajaran Samsung Galaxy Tab 3 10.1, Samsung Galaxy Note 10.1 (2013), dan sebentar lagi akan muncul Samsung Galaxy Tab 4. Harga HP dan Tablet Samsung Galaxy Tab bisa dikatakan jauh lebih murah. Namun melihat fitur dan spesifikasinya, maka Sony Xperia Z2 ini mungkin bisa juga disandingkan dengan tablet premium seperti iPad Air yang juga dibanderol dengan harga premium pula.

Last edited 4 weeks ago