HARGA HP TERBARU: JUNI 2014

Harga HP dan smartphone Android semakin lama semakin murah dan terjangkau. Persaingan harga menjadi tidak terelakkan lagi. Harga HP android dengan fitur standar sekarang ini sudah banyak yang dibawah 1 juta rupiah. Mau tidak mau beberapa produsen smartphone harus mempertimbangkan masalah harga perangkat smartphone yang akan dilempar ke pasaran. Khususnya di Indonesia dimana konsumen yang ada di kelas menengah ke bawah yang luar biasa banyaknya namun disisi lain sangat perhitungan dengan masalah harga hp yang akan dibelinya.

enter image description here


Sejalan dengan hal itu, maka Blackberry datang dengan produk antarnya yaitu Blackberry Z3 Jakarta yang seolah ingin menjawab kebutuhan akan smartphone berkelas dengan harga yang terjangkau yang juga harus mampu bersaing dengan smartphone Android yang sudah mengalahkan pamor Blackberry selama beberapa tahun terakhir ini.

Tentunya dengan harga HP yang cukup murah ini diharapkan mampu menarik banyak konsumen lama Blackberry yang pindah ke Android untuk bergabung kembali ke komunitas pengguna Blackberry. Harga HP Blackberry Z3 Jakarta ini dilepas dengan harga perdana sebesar 2.2 juta rupiah. Dengab banderol harga seperti itu maka Blackberry Z3 ini layak disebut sebagai salah satu ponsel BB10 termurah saat ini.

Beberapa rumor menyebutkan bahwa Blackberry Z3 ini memang dirancang khusus untuk pasar Indonesia yang pada masa kejayaannya dulu Indonesia merupakan negara pengguna Blackberry terbesar di Asia. Karena itu Blackberry menggunakan code name Jakarta pada smartphone terbaunya ini. Harga HP murah menjadi pertimbangan khusus bagi Blackberry untuk menembus kembali pasar Indonesia yang sudah diambil alih oleh Android beberapa tahun belakangan ini.

Apakah dengan harga HP yang murah ini kita bisa mendapatjan fitur-fitur yang menarik? Mari kita lihat dan bedah spesifikasi hp terbaru dari Blackberry ini.

Desain Blackberry Z3 Jakarta

Meski menggunakan bodi berbahan plastik demi menekan ongkos produksi dan mendapatkan harga hp yang terjangkau, namun secara keseluruhan ponsel ini tampil cukup elegan. Salah satu hal yang membuat smartphone ini menarik adalah bodinya yang cukup tipis hanya 9.3 mm saja.

Bagian backcovernya terasa kesat dan secara keseluruhan hampir sama dengan desain nokia lumia yang menggunakan konsep full unibodi. Karena itu pada bagian belakang covernya tidak bisa dibuka.

Layar Blackberry Z3 Jakarta

Meski dengan banderol harga HP yang lebih murah, namun layar Blackberry Z3 Jakarta ini hampir sama luasnya dengan seri premium Blackberry Z30 dan lebih luas dari seri Blackberry Z10. Layar sentuh kapasitif dengan luas 5 inch dan resolusi 540x960 dapat.menghasilkan tampilan yang cukup menawan baik dari segi warna, kontras, dan viewing anglenya.

Dengan banderol harga yang cukup murah setidaknya layar Blackberry Z3 ini cukup memuaskan. Dengan layar yang lapang kita bisa menikmati browsing internet ataupun menonton video dengan nyaman. Akan tetapi layar Blackberry ini agak sulit dilihat pada kondisi outdoor jika terkena paparan langsung dari sinar matahari.

Hardware dan performa Blackberry Z3 Jakarta

Harga HP Blackberry Z3 yang murah ini berimbas pada sisi hardware yang digunakan. Untuk prosesornya yang digunakan adalah Qualcomm MSM8230 Snapdragon 400 chipset yang masih dual core dengan clock speed 1.2GHz. Untuk GPU yang digunakan adalah Adreno 305 dengan RAM sebesar 1.5GB dan internal memori sebesar 8 GB yang bisa ditingkatkan dengan memori eksternal menggunakan microSD hingga kapasitas 32GB.

Dari kombinasi hardware yang digunakan ini, Blackberry Z3 ini cukup mantap dalam performanya. Mungkin salah satunya adalah karena ada peningkatan kinerja dari sistem operasi yang digunakan yaitu OS Blackberry 10.2.1 yang mampu mengoptimalkan kinerja aplikasi yang berjalan diatasnya.

Performa hardware harus ditopang oleh kemampuan dan kapasitas baterai yang memadai. Ini juga menjadi salah satu andalan Blackberry Z3. Dengan sokongan baterai berkapasitas 2500 mAh smartphone ini mampu bertahan seharian dalam satu kali charge. Hal ini juga dipengaruhi oleh pengoptimalan kondisi jaringan seluler dan juga aplikasi yang dijalankan. Sistem Operasi dan aplikasi

Sistem Operasi dan Aplikasi di Blackberry Z3

Sistem operasi Blackberry OS 10 yang sudah digunakan pada versi terdahulu seperti Blackberry Z10 dan Z30 memiliki antar muka yang hampir sama. Hanya saja ada beberapa update dan peningkatan fitur yang membuatnya lebih stabil dan kaya fitur baru.
Salah satu peningkatan yang ada pada OS 10.2.1 ini adalah keyboard predictivenya yang mampu menghadirkan pilihan kata-kata yang berhubungan dengan kata yang sedang diketikkan. Yang membuatnya istimewa adalah tersedianya predictive text untuk pilihan bahasa indonesia, bahasa jawa, dan sunda.

Selain itu Blackberry menawarkan sebuah fitur dan platform khusus untuk menjalankan beberapa aplikasi Android. Fitur ini memang merupakan strategi tersendiri dari Blackberry untuk mengantisipasi persaingan dengan Android yang sedang berada pada masa jayanya. Hanya saja Blackberry Z3 ini juga sama seperti nokia dengan Nokia X yang hanya mampu menjalankan beberapa aplikasi Android saja. Android runtime yang digunakan adalah OS Jelly Bean v4.2.2.

Untuk menjalankan aplikasi Android di BlackBerry Z3 ini cukup dengan mengkopi file aplikasi .apk, kemudian dibuka dari file manager Blackberry OS untuk melakukan instalasi. Jika instalasi berjalan dengan baik maka ikon aplikasi akan muncul pada daftar aplikasi di homescreen.

Konektifitas dan Kamera

Meski harga HP Blackberry Z3 murah namun koneksi yang disematkan sudah cukup lengkap, mulai dari akses data kecepatan tinggi di jaringan HSPA+, WiFi, bluetooth, hingga koneksi micro USB. Hanya saja minus koneksi HDMI dan NFC.

Kamera yang dibenamkan pada ponsel dengan harga murah ini cukup memadai. Dengan resolusi 5 MP autofocus dan dilengkapi dengan LED Flash serta kamera depan 1.1 MP sanggup mengabadikan momen penting anda ataupun hanya untuk selfie. Kualitas hasil fotonya tergolong standar namun sudah bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi 1080p. Meski tidak terlalu istimewa namun hasilnya sudah cukup baik untuk dinikmati.

Kesimpulan

Dengan harga HP yang cukup terjangkau ada beberapa hal yang bisa menjadi alasan bagi anda untuk membeli perangkat yang satu ini. Wajar saja jika masih ada beberapa hal yang kurang di ponsel dengan harga hp yang murah ini, karena mau tidak mau harus ada fitur yang dikorbankan demi memangkas ongkos produksinya demi mendapatkan harga seminimal mungkin.

Namun di rentang harga HP yang sejenis, bisa dikatakan bahwa Blackberry Z3 ini termasuk paling murah dikelasnya. Kapan lagi kita bisa mendapatkan gadget Blackberry murah dengan fitur lengkap seperti ini?

Last edited 16 March 2016