Harga HP: Asus Zenfone 5

Harga HP yang semakin hari semakin kompetitif, membuat banyak produsen smartphone Android pada khususnya harus bersaing dari segi harga selain fitur dan inovasi yang ditawarkan. Khususnya jika punya target pasar di negara-negara berkembang seperti di Indonesia yang notabene kalangan menengah ke bawah merupakan populasi terbesarnya. Harga HP yang murah cenderung menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen yang masuk dalam kategori kelas tersebut.

enter image description here

Untuk itulah maka Asus dengan segala strategi yang baru, membuat sebuah produk yang dikemas dengan spesifikasi dan desain ala smartphone premium namun dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Inilah jajaran smartphone Asus yang diberi nama Zenfone. Asus menggelontorkan sekaligus 3 varian dari smartphone keluarga Zenfone ini yaitu Asus Zenfone 4, Asus Zenfone 5, dan Asus Zenfone 6. Ketiganya dibanderol dengan harga yang membuat banyak orang menjadi antusias dan ingin segera membelinya.

Asus Zenfone 4 dibanderol dengan harga sekitar 1,1 juta, sementara itu Asus Zenfone 5 dan Asus Zenfone 6, berturut-turut diberikan harga 2,1 juta dan 3,2 juta. Asus tidak hanya bermain dari sisi harga untuk membuat produk ini begitu revolusioner dan diprediksi bakal laris manis di pasaran, namun Asus juga memberikan desain kelas premium dan spesifikasi yang sangat memukau untuk smartphone dengan harga murah tersebut.

Untuk kali ini kita akan banyak membahas detail dari salah satu jajaran Asus Zenfone tersebut, yaitu Asus Zenfone 5 yang merupakan seri kelas menengah dari ketiganya.

DESAIN ASUS ZENFONE 5

Asus Zenfone 5 secara sepintas terlihat begitu mewah, tidak terlihat seperti smartphone dengan harga yang murah. Semuanya itu berkat sentuhan bezel pada bagian bawah yang berkilau seperti logam dengan pola melingkar yang begitu presisi sehingga menampilkan pancaran yang berkilau dari berbagai sudutnya.

Meski secara keseluruhan smartphone ini menggunakan material dari bahan plastik, namun Asus dengan cerdiknya mampu menampilkan kesan premium pada jajaran ponsel Zenfone terbarunya itu.

Pada bagian belakang, tekstur doff dipilih oleh Asus untuk memberikan kesan kesat dan tidak licin pada saat dalam genggaman tangan. Backcover ini juga dapat dilepas dan diganti dengan berbagai macam warna cover yang bisa didapatkan secara terpisah. Ada sekitar 5 macam warna yang menjadi pilihan backcover.

Smartphone dengan harga murah ini semakin terlihat premium dengan ketipisannya yang berkisar antara 5.5 - 10.3 mm. Secara keseluruhan desain smartphone Asus Zenfone 5 ini begitu elegan dan tidak banyak orang akan menyangka jika smartphone ini hanya dibanderol dengan harga 2,1 juta saja.

LAYAR ASUS ZENFONE 5

Dari namanya kita sudah bisa mendapatkan informasi jika Asus Zenfone 5 ini menggunakan layar sentuh IPS dengan luas 5 inch dan resolusi yang digunakan adalah sebesar 1280x720. Untuk ukuran smartphone kelas menengah maka layar Asus Zenfone 5 ini sudah bisa dikatakan sangat bagus. Kepadatan pixelnya mencapai ~294 ppi yang artinya hampir setara dengan retina display pada iPhone 4 dan 5.

enter image description here

Berkat penggunaan layar IPS maka viewing angle dari layarnya cukup lebar. Anda bisa melihat layar dari samping dengan jelas dan tidak mengalami pudar dari sisi warna dan ketajaman. Dengan layar yang cukup luas ini, maka smartphone dengan harga terjangkau ini sangat cocok digunakan untuk membaca e-book, atau browsing dan menonton video di youtube. Layarnya cukup sensitif dan bisa menerima respon sentuhan dari balik sarung tangan sekalipun.

HARDWARE DAN PERFORMA ASUS ZENFONE 5

Dari sisi performa dan spesifikasi prosesor yang digunakan adalah Intel Atom Z2580 chipset Dual Core 2 GHz dan GPU PowerVR SGX544MP2 yang didukung oleh RAM berkapasitas 1 GB dan memori internal sebesar 8 GB yang bisa diekspansi dengan menggunakan microSD berkapasitas hingga 64GB.

Perlu dicatat bahwa meski prosesor yang digunakan tertera sebagai Dual Core prosesor, namun karena teknologi hyperthreading yang digunakan pada setiap inti prosesor maka kinerja prosesor ini secara logic adalah sama dengan Quad Core prosesor, dimana setiap corenya memiliki 2 thread yang bisa bekerja secara bersamaan untuk memproses data. Artinya walaupun tercantum sebagai Dual Core prosesor, namun secara teknis memiliki kekuatan yang setara dengan Quad Core prosesor lainnya.

Meskipun hanya dibekali dengan RAM sebesar 1 GB, namun kinerja multitasking pada smartphone ini bisa dikatakan cukup baik dan lancar. Semua itu berkat kemampuan prosesornya yang terbilang sangat bagus dalam mendukung performa dan kinerja smartphone ini secara keseluruhan.

SISTEM OPERASI DAN APLIKASI

Asus Zenfone 5 ini masih menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean v4.3 yang bisa diupgrade ke Android KitKat v4.4.2 nantinya. Tampilan dari OS Jelly Bean Asus sudah dimodifikasi dengan sentuhan antar muka ZenUI yang terlihat begitu elegan dan rapi. Pada seri Asus Zenfone 6, anda juga bisa menjalankan 2 aplikasi sekaligus dalam 2 window yang berbeda seperti yang terdapat pada Samsung Galaxy Note dengan fitur multiwindownya.

Ada beberapa aplikasi gratis yang sudah disematkan oleh Asus dalam smartphonenya itu, yaitu SuperNote, AudioWizard, What's Next, Power Saver, Do It Later, dan Quick Memo. Semuanya itu sudah terinstal dalam smartphone keluarga Zenfone ini secara gratis.

KONEKTIVITAS ASUS ZENFONE 5

Untuk urusan konektivitas, Asus Zenfone 5 ini sudah dilengkapi dengan slot untuk dua kartu micro SIM yang bisa berjalan di jaringan HSDPA dengan teknologi DC-HSPA+ yang membuatnya mampu menembus kecepatan pengunduhan maksimum sebesar 42 Mbps dan upload sebesar 5.76 Mbps. Dengan teknologi ini smartphone Asus Zenfone 5 sudah bisa menghadirkan kecepatan diatas rata-rata smartphone yang ada saat ini.

Untuk kelengkapan konektivitas yang lain seperti Wi-Fi, Wi-Fi Direct, Wi-Fi Hotspot, Bluetooth v4.0 with A2DP dan micro USB v2.0 juga sudah dibenamkan ke dalam smartphone ini, hanya saja sensor NFC yang masih belum ada.

KAMERA ASUS ZENFONE 5

Dengan harga HP Asus Zenfone 5 yang cukup terjangkau ini anda sudah bisa menikmati hasil jepretan kamera dengan resolusi sebesar 8 MP 3264x2448 pixels yang sanggup digunakan untuk merekam video dengan kualitas 1080p. Untuk kamera depan, Asus Zenfone 5 ini menggunakan sensor kamera 2 MP yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan video call ataupun sekedar melakukan foto selfie.

Kualitas hasil jepretan foto Asus Zenfone 5 ini tergolong sangat bagus. Semua itu berkat teknologi PixelMaster yang dikembangkan oleh Asus untuk mengoptimalkan kemampuan optik kamera dengan algoritma pemrosesan gambar yang canggih sehingga bisa didapatkan kualitas hasil foto dan video yang bagus meski berada dalam kondisi low light.

HARGA ASUS ZENFONE 5

Dengan seluruh kelebihan dan desain yang premium ini, harga HP Asus Zenfone 5 ini sudah pasti sangat pas, bahkan cenderung murah dibandingkan dengan para kompetitor yang meluncurkan smartphone Android dengan spesifikasi yang setara. Harga Asus Zenfone 5 ini dibanderol dengan harga pembukaan sebesar 2,1 juta yang mungkin akan terkoreksi selama beberapa bulan mendatang.

Dengan harga HP premium yang sangat murah ini, Asus berharap dapat mengambil ceruk pasar konsumen Indonesia yang sangat besar jumlahnya, apalagi rata-rata konsumen di Indonesia berharap bisa mendapatkan smartphone Android dengan kualitas premium bintang 5 namun berharga kaki 5.

Last edited 09 October 2014