Keluarga merupakan tumpuan harapan dari orang tua, anak-anak, dan seluruh kerabat untuk bisa saling memperhatikan, menghargai, dan peduli satu dengan yang lain. Dengan berjalannya waktu setiap orang tidak mengharapkan akan terjadi prahara yang menimpa anak kita. Satu hal yang tidak bisa dipungkiri adalah bahwa anak merupakan kelanjutan generasi kita yang harus tetap dibela, di cintai, dan dijaga.

enter image description here

Kalau terjadi hal yang tidak diinginkan menimpa atas anak, maka kita harus tetap berkepala dingin untuk memikirkan solusinya. Hal yang mendatangkan aib buat keluarga adalah ketika terjadi hamil di luar nikah. Apa yang harus dilakukan oleh orang tua yang menghadapi kenyataan anaknya bergaul bebas sehingga terjadi kehamilan di luar nikah?

Beberapa tips berikut ini yang mungkin berguna bagi orang tua yang mengalami prahara tersebut:

  1. Berikan pengampunan kepada anak gadis kita dan jangan menyarankan untuk melakukan aborsi.
  2. Besarkan hati anak gadis kita, agar ia menerima kesalahan tersebut tanpa mendapatkan hukuman tambahan berupa makian atau cemoohan.
  3. Mulai amati perkembangan anak gadis kita agar tidak melakukan perbuatan nekat akibat ulah laki-laki yang tidak bertanggung jawab dengan memberikan dukungan moral maupun kedekatan kasih.
  4. Jangan mengungkit masa lalu si anak, namun lebih memberikan arahan mengenai apa yang harus dilakukan ketika anak tersebut lahir.
  5. Berikan kesibukan yang berarti sehingga si anak tidak merasa 'down' atau rendah diri namun lebih dewasa di dalam menghadapi masa-masa sulit yang akan datang.
  6. Jangan mencoba untuk menuntut paksa 'sang pelaku' dengan mengawinkan paksa dengan anak kita. Pengalaman menunjukkan seorang yang menghamili pasangannya kelak ketika menikah juga akan menghamili gadis-gadis yang lain. Ini akan menambah deretan penderitaan apabila dipaksa menikah sekarang.