Berbagi Berita dan Update Status di Facebook

Fitur yang paling utama dan mendasar yang bisa digunakan oleh Facebookers adalah berbagi konten dan update status. Banyak hal yang bisa kita sharingkan dengan teman-teman kita di Facebook, dan inilah yang membuat Facebook begitu menarik dan membuat sebagian orang jadi "lupa waktu" dalam beraktivitas di dunia maya. Banyak facebookers yang memiliki update status yang menarik sehingga banyak komentar yang diterimanya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bisa membuat update status yang menarik, salah satunya adalah dengan menggunakan kata-kata yang singkat namun to the point.

Untuk bagian update status sendiri ada banyak fitur-fitur yang disediakan oleh facebook, beberapa diantaranya:


Untuk mengupdate status secara langsung melalui halaman website facebook, ada 3 cara yang bisa digunakan, yaitu:

Berbagi kepada semua orang (teman) yang ada di facebook.

Untuk berbagi status, menyampaikan ide atau pemikiran kita dengan teman-teman kita yang ada di Facebook, gunakan menu Perbaharui Status (Status Updates) yang terletak pada bagian atas di beranda (Home) atau kronologi (Timeline).

Facebook Home:

enter image description here

Facebook Timeline:

enter image description here

Melalui fitur update status ini kita bisa memperbarui status, berbagi foto, video, tautan, atau konten aplikasi lainnya. Setiap hal yang kita bagikan akan muncul juga di kronologi (Timeline), dan dapat muncul di kabar berita (News Feeds).

Untuk mengontrol siapa saja yang mempunyai hak untuk melihat berita (update status) anda, jangan lupa untuk menggunakan pengaturan privasi untuk setiap konten yang akan dibagikan.

enter image description here


Berbagi dengan sekelompok kecil teman.

Jika anda hanya ingin berbagi dengan sekelompok orang tertentu yang sudah anda kelompokkan (group), gunakan fitur grup untuk berbagi konten dengan orang-orang tertentu, seperti anggota keluarga, tim sepak bola, teman sekolah, saudara, teman dekat, dsb. Untuk membuat group tersebut, gunakan menu Friends:

enter image description here

Sehingga group tersebut dapat dipilih pada saat update status atau berbagi konten:

enter image description here

enter image description here


Berbagi secara perorangan.

Anda dapat menggunakan menu berbagi di bagian atas kronologi (timeline) teman untuk menulis atau berbagi sesuatu di kronologinya. Teman dari teman anda akan dapat melihat kiriman anda tersebut.

Caranya klik pada foto teman yang akan kita bagikan,

enter image description here

kemudian tuliskan apa yang akan anda bagikan di timelinenya:

enter image description here

Jika anda ingin berbagi sesuatu secara pribadi, dan tidak ingin diketahui oleh teman dari teman tersebut, anda bisa mengirim pesan pribadi kepada seseorang dengan menggunakan menu pesan pada timeline teman tersebut.

enter image description here

Tuliskan pesan anda di kotak dialog baru yang muncul:

enter image description here

Last edited 12 May 2014