Facebook terus melakukan inovasi dalam rangka mempertahankan dan memperkokoh posisinya sebagai pemimpin dalam social-network. Pada tanggal 4 April 2013, Facebook secara resmi meluncurkan aplikasi khusus yang diberi nama Facebook Home. Aplikasi ini sudah dapat diunduh melalui Google Play Store mulai tanggal 12 April 2013.

Dengan Facebook Home, pengguna akan merasakan pengalaman menggunakan aplikasi yang benar-benar berbeda. Mulai dari saat menyalakan ponsel, berita dan foto dari teman akan datang mengalir. Pemberitahuan di layar pengunci dan akses cepat ke fitur-fitur utama membuat kita tidak pernah melewatkan apa pun. Bahkan dapat terus mengobrol dengan teman meskipun sedang menggunakan aplikasi lain.

Untuk saat ini aplikasi Facebook Home baru bisa dinikmati di ponsel HTC One, HTC One X, Samsung Galaxy S III, dan Samsung Galaxy Note II saja. Namun secara bertahap akan bisa digunakan di ponsel lainnya. Begitu Facebook Home diaktifkan, ia akan mengubah tampilan utama Android menjadi tampilan baru bernama Cover Feed, yang menampilkan kabar terkini dari akun Facebook pengguna.

enter image description here

Apa saja fitur-fitur unggulan dari aplikasi Facebook Home ini?

  1. Cover Seed (Kabar Sampul). Cukup lihat sekilas ponsel Anda untuk mengetahui kiriman terbaru dari teman. Segera setelah menyalakan ponsel atau menekan tombol Home, Anda akan melihat aliran kiriman dari Kabar Berita. Kabar Sampul berisi apa pun yang dibagikan teman saat ini—foto, status, tautan, dan lainnya.

  2. Chat Head & Messenger. Terus mengobrol, meskipun Anda sedang menggunakan aplikasi lain. Semua percakapan di satu tempat, kirim dan terima SMS dan pesan Facebook di satu tempat. Foto profil membuat obrolan grup dan perorangan menjadi lebih personal.

  3. Peluncur Aplikasi. Langsung buka Facebook, Instagram, dan aplikasi utama lain. Tempatkan aplikasi sesuai pilihan Anda. Aplikasi ini dimulai dengan sepasang layar: peluncur aplikasi dengan fitur-fitur utamanya dan daftar semua aplikasi Anda. Seret favorit Anda ke peluncur aplikasi agar Anda dapat mengaksesnya dengan cepat. Jumlah layar dapat ditambah sesuai kebutuhan.

    Geser foto profil Anda untuk membuka semua hal penting di ponsel Anda dengan cepat. Geser ke kiri untuk melihat pesan atau mulai mengobrol dengan teman. Geser ke atas untuk membuka peluncur aplikasi atau mengirim di Facebook. Dan geser ke kanan untuk kembali ke aplikasi apa pun yang Anda gunakan terakhir kali.

Bagaimana pengalaman dan pendapat anda setelah menggunakan Aplikasi Facebook Home ini??

Last edited 12 May 2014