Punya masalah dengan komedo? Komedo adalah bintik-bintik hitam atau putih pada kulit yang disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan yang akhirnya menyebabkan penyumbatan kecil di permukaan pori. Komedo dapat dikatakan sebagai tahap awal dan penyebab timbulnya jerawat. Ada berbagai cara yang bisa diterapkan untuk menjadi salah satu cara menghilangkan komedo secara alami.

Komedo terjadi pada berbagai jenis kulit. Tapi umumnya terjadi pada orang-orang yang memiliki kulit berminyak. Dengan komedo, wajah halus jadi terlihat kotor dan kusam. Saat membersihkan wajah, komedo seringkali terabaikan. Ada 2 jenis komedo. Yaitu komedo terbuka (Blackhead) dan Komedo tertutup (Whitehead). Blackhead seringkali tampak berwarna kehitaman karena teroksidasi oleh udara. Sedangkan whitehead tampak seperti benjolan kecil-kecil berwarna putih di bawah kulit.

15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

cara menghilangkan komedo secara alami

Bagaimana cara menghilangkan komedo? Jangan sentuh! Jangan berusaha mengeluarkan komedo dengan tangan Anda, karena itu hanya akan menimbulkan masalah baru. Daripada lelah menekan-nekan hidung, lebih baik Anda coba cara menghilangkan komedo secara efektif dari bahan alami yang tentunya mudah di dapat. Berikut tipsnya:

  1. Menggunakan putih telur. Putih telur merupakan masker yang mudah di dapat untuk mengencangkan pori-pori. Hal ini dapat mengangkat komedo secara dengan sangat efektif dan telah terbukti secara nyata. Manfaat putih telur yang kaya akan nutrisi bagi kulit Anda juga bisa mengatasi masalah komedo di hidung. Caranya, pisahkan kuning telur dari putih telur. Bilas wajah Anda dengan air hangat agar pori-pori membesar, kemudian keringkan. Setelah itu, balurkan putih telur ke area wajah dan balurkan sedikit lebih tebal pada area kulit yang terkena komedo. Lalu tempelkan 2 lembar tissue pada area yang berkomedo. Diamkan sampai benar-benar kering dan terasa mengeras. Setelah putih telur mengeras, lepaskan masker di wajah secara perlahan dan bersihkan. Kemudian bilas dengan air es agar pori-pori mengecil kembali. Untuk hasil yang maksimal lakukan secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu. Komedo akan hilang, wajah pun akan bersih.

  2. Menggunakan pasta yang terbuat dari kayu manis dan madu. Kayu manis dan madu merupakan kombinasi yang sangat bagus untuk menyingkirkan komedo. Manfaat madu sebagai agen anti bakteri berfungsi menjaga kulit dari bakteri yang menyebabkan jerawat serta bertindak sebagai perekat untuk menarik apapun yang menyumbat pori-pori Anda. Sedangkan manfaat kayu manis yang dapat meningkatkan sirkulasi, meningkatkan aliran darah dapat membuat kulit menjadi sehat, halus dan bercahaya. Caranya, dengan mencampur bubuk kayu manis dengan madu, aduk hingga tercampur rata membentuk pasta. Oleskan pada bagian kulit yang berkomedo, kemudian tempelkan kapas bersih diatasnya. Diamkan sampai kering. Setelah kering, angkat secara perlahan. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan secara rutin selama 10 hari.

  3. Menggunakan campuran susu dan madu. Susu dan madu, keduanya memiliki khasiat yang baik untuk kulit. Madu memiliki sifat antibakteri. Dan asam laktat dalam susu berfungsi untuk membantu menjaga kulit tetap lembut dan kenyal. Jika dicampur, keduanya akan berfungsi sebagai perekat yang dapat mengangkat komedo dengan efektif. Caranya, Campurkan 1 sendok makan madu mentah organik dengan 1 sendok teh susu. Panaskan selama 5-10 detik di microwave, ketika suhu suam-suam kuku, balurkan lapisan tipis campuran susu dan madu tersebut di atas kulit yang berkomedo dengan lembut. Tempelkan kapas bersih ke atasnya. Biarkan kering (tunggu minimal 20 menit) dan berhati-hatilah saat mengangkat kapas. Kemudian bilas dengan air dingin untuk mengecilkan pori-pori.

  4. Menggunakan pisang. Hanya dengan menggunakan buah Pisang, komedo di wajah Anda dapat terangkat. Manfaat pisang selain untuk membuat kulit tampak lebih mulus juga bisa membuat wajah bersih dari komedo yang membandel. Caranya dengan menghancurkan 1 buah pisang yang sudah matang, lalu tambahkan sedikit madu, oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan segarkan kembali dengan air dingin. Cara merawat wajah dengan pisang dapat mengecilkan pori-pori secara efektif.

  5. Menggunakan kulit pisang. Selain buahnya yang dapat menghilangkan komedo, ternyata manfaat kulit pisang juga bisa untuk menghilangkan komedo. Kulit pisang dipercaya mampu menghilangkan kotoran penyebab komedo. Caranya sangat mudah, cukup gosok bagian dalam kulit pisang pada area kulit yang berkomedo. Kemudian bilas dengan air.

    cara alami menghilangkan komedo dengan kulit pisang

  6. Dengan masker alpukat dan madu. Alpukat dapat membuat wajah Anda lebih kenyal, nampak segar dan menjadi solusi dalam mengatasi masalah komedo yang muncul di wajah serta membersihkan wajah Anda dari segala minyak dan kotoran penyebab jerawat. Caranya dengan menghancurkan 1 sdm daging alpukat dan dicampur 1 sdm madu, kemudian aduk hingga merata. Bersihkan wajah Anda dengn air hangat, setelah itu oleskan campuran alpukat dan madu tersebut pada area yang berkomedo dengan pijatan yang lembut pada kulit. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

  7. Menggunakan teh hijau. Selain dapat menghilangkan komedo, manfaat teh hijau yang kaya akan antioksidan juga dapat membuat wajah menjadi rileks dan segar. Ambil satu sendok teh daun teh hijau, tumbuk sampai halus dan tambahkan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini dengan lembut di atas bagian yang berkomedo dan biarkan kering selama 2 sampai 3 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Ini akan membantu Anda untuk membersihkan kulit berminyak dan pori-pori besar.

    manfaat teh hijau untuk menghilangkan komedo

  8. Menggunakan daun fenugreek. Daun fenugreek membantu Anda untuk menghilangkan komedo dengan mudah. Caranya, hancurkan beberapa daun fenugreek dan campurkan dengan air secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini pada komedo dan biarkan kering selama 10 menit. Kemudian cuci dengan air hangat dan untuk hasil yang maksimal, lakukan pengobatan ini secara rutin sekali dalam sehari.

  9. Menggunakan perasan kunyit dan mint. Tahukah Anda bahwa kedua bumbu yang sering terdapat di lemari dapur Anda ini, ternyata dapat mengangkat komedo secara efektif. Perpaduan manfaat kunyit dan mint dapat membantu membersihkan pori-pori yang kotor. Caranya pun mudah, Buatlah teh daun mint dan biarkan hingga dingin. Kemudian, tambahkan dua sendok makan bubuk kunyit kedalam teh daun mint tadi. Oleskan pada wajah Anda dan biarkan selama sepuluh menit. Setelah itu, basuhlah menggunakan air hangat.

    manfaat kunyit untuk menghilangkan komedo

  10. Menggunakan campuran lemon dan garam. Manfaat jeruk lemon ketika di padukan bersama dengan garam mampu mengangkat kotoran khususnya menghilangkan semua kotoran yang berada di dalam pori-pori kulit. Campur air perasan lemon dengan satu sendok makan garam dan untuk hasil yang lebih baik, Anda juga bisa menambahkan sedikit madu. Gunakan campuran bahan-bahan tersebut untuk membersihkan area wajah yang berkomedo. Oleskan pada wajah yang berkomedo, lalu diamkan selama 5 menit, kemudian basuh dengan air hangat.

  11. Menggunakan masker tomat. Tomat merupakan buah yang memiliki antiseptik tinggi. Selain mudah didapat, manfaat tomat juga sangat baik bagi kulit. Untuk menjadikan tomat sebagai alternatif pengangkat komedo jadikan tomat sebagai masker alami. Caranya, cucilah dan bersihkan tomat menggunakan air yang mengalir. Kemudian haluskan tomat menggunakan blender,dan di usahakan untuk tidak terlalu halus. Aplikasikan pada wajah, terutama pada area hidung. Jangan mengoleskan pada area sekitar mata dan mulut karena area tersebut sangat sensitif. Diamkan masker selama 20 hingga 30 menit sambil berbaring santai. Terakhir bilas wajah menggunakan air hangat.

    manfaat tomat untuk tips menghilangkan komedo

  12. Menggunakan campuran yogurt dan oatmeal. Yogurt sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Jika dijadikan sebagai masker, yogurt akan membuat kulit menjadi lembab dan lembut. Dan apabila yogurt dipadukan dengan oatmeal, akan sangat berguna untuk mengusir komedo dari wajah Anda. Caranya, campurkan 2 sendok makan oatmeal dengan 3 sendok makan yogurt, Anda juga bisa menambahkan sedikit perasan lemon. Campur bahan-bahan tersebut sampai membentuk pasta, oleskan pada wajah yang berkomedo. Diamkan selama 15 menit. Kemudian basuhlah dengan air dingin.

  13. Menggunakan Air Garam. Seperti yang dijelaskan di atas, komedo disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebih. Dan garam dapat mengurangi minyak yang berlebih. Itu artinya, garam dapat membantu menghilangkan komedo. Caranya dengan mencampur garam dengan air hangat. Fungsi air hangat adalah untuk membuka pori-pori kulit. Dan air garam untuk mengangkat komedo dari balik kulit. Basuhlah wajah dengan air garam. Setelah itu, basuh kembali wajah Anda dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

  14. Menggunakan Kacang Kedelai. Kacang kedelai yang merupakan bahan dasar untuk membuat tempe, tahu, kecap, dan oncom ini ternyata juga memiliki khasiat untuk menghilangkan komedo dari wajah. Caranya dengan menjadikan kacang kedelai sebagai masker wajah. Haluskan kacang kedelai secukupnya (bisa dengan di blender) kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas wajah Anda dengan air hangat.

  15. Menggunakan Masker Pepaya. Buah pepaya sudah dikenal sangat baik untuk perawatan kulit, manfaat pepaya sudah lama digunakan menjadi campuran dalam bahan-bahan kosmetik. Daripada menggunakan bahan kosmetik yang telah tercampur dengan zat kimia, alangkah baiknya jika mencoba membuat masker pepaya sendiri dengan khasiat yang jauh lebih baik dan aman. Pepaya dapat mengencangkan, melembabkan dan menghilangkan sel-sel kulit mati, dan sudah banyak yang membuktikannya. Dan kabar baiknya, pepaya juga berkhasiat untuk menghilangkan komedo di wajah Anda. Caranya jadikan pepaya sebagai masker alami pada wajah. Untuk hasil yang maksimal, Anda juga bisa menambahkan madu dan susu. Terapkan pada wajah Anda. Diamkan selama 20 menit. Lalu, bilas dengan air hangat. Bukan hanya komedo yang akan hilang, tapi Anda juga akan mendapatkan wajah yang kencang dan lembut.

    manfaat masker pepaya untuk menghilangkan komedo

Perbanyaklah mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buhan dan sayuran. Karena vitamin sangat diperlukan untuk meregenerasi kulit. Khususnya vitamin C dan vitamin E. kedua vitamin tersebut dapat merawat kulit dari dalam tubuh yang juga dapat membantu proses detoksifikasi melalui kulit. Dan pada akhirnya komedo pun tak akan muncul lagi pada wajah Anda.

Itulah tips dan cara menghilangkan jerawat secara alami yang dapat menjadi solusi dalam menghilangkan komedo membandel pada wajah Anda. Lakukan secara rutin, dan untuk mencegah komedo kembali lagi, jagalah kebersihan wajah Anda. Cucilah wajah Anda minimal 2 kali sehari. Akan lebih baik jika mencuci wajah dengan air es. Hal ini berfungsi untuk mengecilkan pori-pori sehingga mencegah kotoran hinggap dan menyumbat pori-pori kulit. Terapkan juga pola makan sehat. Hindari makanan penyebab jerawat dan komedo seperti makanan yang berminyak dan bersantan.

Last edited 18 November 2016