Beberapa orang tua merasa sedih, susah melihat anak-anaknya tidak patuh kepada orang tua, sehingga orang tua berusaha bagaimana caranya untuk menjadikan mereka sekedar tunduk (takut, bukan taat).

Tips yang baik mengatasi anak yang hiperaktif, menjadi masalah dalam keluarga, anak yang cenderung bandel. dsb adalah dengan memberikan mereka perhatian, penerimaan terhadap kondisi sesuai umur mereka, menempatkan diri pada posisi anak kita.

enter image description here

Ambil contoh, ada seorang ibu yang mengeluh anaknya yang masih 9 tahun mencoba merokok bersama dengan teman-temannya. Hal yang harus dilakukan adalah menjauhkan anak kita dari lingkungan teman-temannya yang nakal, memberikan pengarahan mengenai kerugian merokok, menjadi sahabat bagi anak tersebut. Yakinlah, dengan membesarkan hati anak yang berumur 9 tahun tersebut, maka dengan bertambahnya usia akan tersebut akan berubah, karena understanding yang meningkat.

Seringkali orang tua khawatir bahwa anak sekecil 9 tahun ini saja sudah merokok, bagaimana kelak kalau telah menjadi dewasa?? Pemikiran seperti ini adalah keliru. Usia anak 9 tahun adalah usia yang rentan untuk mencoba apa saja yang ada di lingkungannya. Oleh sebab itu perlu perhatian orang tua tanpa takut kelak anaknya menjadi orang yang perokok berat. Dengan doa dan bimbingan yang benar, sebagai seorang sahabat bagi anak-anaknya, maka alhasil anak tersebut akan menjadi baik.

Tentu, banyak orang tua punya pengalaman yang lebih unik dan menarik.. Saya punya pertanyaan, bagaimana cara menangani anak yang terlibat tawuran di usia remaja?? Punya solusinya??

Last edited 12 May 2014