Bisnis Busana: Peluang usaha yang tidak pernah usang dengan potensi pasar yang luas

2
708 Posts
910 Points

Bisnis yang bergerak dalam bidang busana dan fashion dipastikan memiliki segmen pasar yang luas. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, pria maupun wanita, kalangan bawah, menengah dan atas. Tidak ada yang luput dari kebutuhan akan busana ini. Dengan melihat potensi pasar yang sangat luas ini, maka banyak yang menganggap bisnis dibidang busana tidak akan meredup.

peluang usaha bisnis fashion

Meski memiliki potensi pasar yang sangat besar dan luas, namun bisnis di bidang busana ini juga memiliki masalahnya sendiri. Salah satunya yang paling jelas adalah masalah persaingan (kompetisi) yang makin sengit. "Ada gula ada semut", kira-kira demikianlah ungkapan yang pas untuk mengatakan bahwa bisnis yang empuk ini pasti mengundang banyak orang untuk ikut-ikutan terjun dalam bisnis yang satu ini. Apalagi di Indonesia, yang mana jumlah penduduk potensial sebesar 250 juta manusia yang pasti mengenakan busana (mulai dari bayi hingga orang tua).

Potensi bisnis dibidang sandang (fashion) ini hanya bisa ditandingi oleh bisnis dibidang kuliner. Untuk bisnis dibidang busana sendiri, para pebisnis dapat menentukan segmen pasar yang hendak disasar, entah itu kalangan menengah ke bawah, atau menengah ke atas. Modal yang diperlukan akan berbeda. Membuka gerai butik di pusat perbelanjaan mewah akan berbeda dengan membuka toko pakaian di pasar-pasar atau grosir-grosir pakaian.

Untuk margin keuntungan, rata-rata para pebisnis (khususnya para produsen), bisa meraup laba kotor sebesar 40%, yaitu pendapatan yang didapatkan setelah dikurangi harga pokok produksi (HPP). Sedangkan bagi penjual akhir (retailer), bisa mendapatkan laba yang lebih tinggi, bahkan bisa mencapai 200%.

Salah satu segmen pasar yang potensial saat ini adalah kalangan anak muda. Untuk menyasar segmen ini para pebisnis harus bisa mengikuti tren dan mode yang sedang digandrungi oleh para anak muda. Di sisi lain, para wanita merupakan pasar yang relatif stabil, karena sudah menjadi bagian dari gaya hidupnya. Apalagi kalangan wanita karier, yang mana memiliki penghasilan yang lebih untuk bisa mengganti-ganti model busana dan mengikuti tren busana terkini.

Salah satu hal yang harus mulai disadari oleh para pelaku bisnis saat ini adalah kehadiran bisnis busana secara online. Inilah yang mulai menggerus pasar penjualan secara konvensional. Di Indonesia sendiri tahun 2013 ini diperkirakan sudah ada sekitar 70 juta pengguna Internet yang mana sebagian dari mereka sudah mengenal belanja secara online. Meskipun masih ada banyak ketakutan dalam melakukan pembelian secara online, namun dengan munculnya e-commerce yang lebih matang, maka pasar online ini bisa menjadi ancaman tersendiri bagi para pelaku bisnis konvensional.

enter image description here

Dengan cara menjalankan penjualan secara online, para pelaku bisnis, khususnya bisnis busana bisa menekan biaya produksi dan biaya investasi untuk membuka toko. Cukup dengan menggunakan website, mereka dapat mulai memasarkan barang dagangannya secara online. Apalagi banyak bank dan penyedia pembayaran online mulai muncul dan berkembang untuk memfasilitasi pembelian online ini. Ini merupakan tanda-tanda bahwa Indonesia akan mulai masuk dalam masa transisi menuju trend jual beli secara online seperti di negara-negara maju, dimana belanja secara online justru menjadi budaya yang biasa dan aman untuk dilakukan.

Last edited 27 November 2017


comments
1 user(s) write 2 comment(s) on this post
guest posted this 20 November 2017

- Comment awaiting moderation -

(Menunggu Persetujuan Admin atau Moderator)
guest posted this 27 November 2017

- Comment awaiting moderation -

(Menunggu Persetujuan Admin atau Moderator)

Please Log In to Comment..

2 Posts/Answers
2
23 Posts
91 Points
heryadi posted this in Peluang Usaha

Berbisnis di bidang busana atau fashion memang cukup menggiurkan, apalagi untuk market Indonesia yang notabene merupakan negara dengan jumlah penduduk yang sangat banyak dan terus bertambah setiap tahunnya. Namun kompetisi dan persaingan pasar begitu kompetitif, belum lagi sekarang banyak toko online yang juga menawarkan produk khusus fashion.

Menurut saya, jika anda ingin bermain di bisnis fashion, maka alangkah baiknya kita memiliki ceruk pasar dan target style yang unik dan khusus. Jika kita hanya menjual baju atau pakaian yang umum maka kita sedang masuk dalam sebuah persaingan yang sangat berat. Kita bisa mengambil strategi untuk bermain di pakaian atau perlengkapan bayi saja, atau fashion dari korea yang populer saat ini. Dengan memiliki tema atau niche pasar yang spesifik, maka kita bisa membedakan diri dari para saingan kita. Customer juga akan lebih mengingat kita jika kita memiliki kekhususan tersebut.

Last edited 28 June 2015


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

0
1 Posts
1 Points
ahmad dwipa posted this in Peluang Usaha

Di Indonesia ini bisnis busana yang sedang lagi tren adalah bisnis busana muslim, khususnya busana muslim anak. Mengingat jumlah penduduk di Indonesia adalah mayoritas muslim, maka bisa dipastikan pangsa pasarnya cukup besar dan menjanjikan. Selain itu jika kita bisa menampilkan koleksi busana muslim yang lebih lengkap, maka sebenarnya ceruk pasar ini masih belum terlalu mendapatkan persaingan dari department store yang ada di mal-mal.

Karenanya jika anda tertarik untuk mulai menjalankan bisnis busana muslim ini, anda harus terlebih dahulu mempelajari karakter dan style dari busana muslim tersebut secara keseluruhan, dan harus juga mengikuti tren yang sedang disukai masyarakat akhir-akhir ini. Mulai dari perpaduan warna hingga konsep dan signature style yang ingin diusung.

Jika anda memiliki modal yang lebih, maka anda bisa membuat sebuah butik dengan rancangan busana muslim yang didesain sendiri, sehingga produk anda memiliki nilai unik dan berbeda dengan yang ada dipasaran. Hal ini dapat mengangkat nilai jual busana anda.

Bagaimana??

Apakah anda mulai tertarik untuk menjalankan bisnis busana muslim ini?

Last edited 27 August 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: