Dunia fotografi sangat menjanjikan bagi orang-orang yang mau mengabadikan momen-momen penting dan berharga yang tidak pernah terulang lagi. Ada yang menjadikannya sekedar hobby. Tapi tidak sedikit pula yang menggunakannya untuk meraih prestasi ataupun menjadikannya sebagai profesi secara professional. Bagi seseorang yang menyukai seni dan kreativitas, dunia fotografi memberikan kepuasan tersendiri.

Bekerja sebagai fotografer profesional ataupun sambilan sama enaknya. Banyak kisah sukses dimana fotografi juga bisa dijadikan sumber pendapatan yang tidak sedikit jumlahnya. Bidang-bidang keahlian dalam dunia fotografipun sangat beragam, mulai dari spesialisasi wedding photography, food photography, product photography, hingga advertising dan model photography. Bagi kita yang ingin terjun dalam dunia profesi sebagai fotografer, tentunya ingin mengetahui seberapa besar sih penghasilan yang bisa didapatkan dengan hasil jepretan kamera kita??

enter image description here

Untuk wedding photography sendiri ada beragam kisaran harga jasa yang dipatok oleh para fotografer, mungkin saya bisa memberikan gambarannya untuk pangsa pasar di luar negeri. Secara umum jika seseorang memerlukan jasa wedding photography, maka setidaknya mereka dapat memilih 4 kategori dasar, yaitu budget, moderate, upscale and luxury.

Budget photographers biasanya berkisar pada budget sebesar $1,000. Untuk moderate photographers rata-rata berada di antara $1,000 hingga $3,000. Sedangkan upscale photographers biasanya akan meminta charge antara $3,000 sampai $5,000. Bayaran paling besar adalah Luxury weddings photographers, dimana nominal charge yang akan dikenakan bisa mencapai lebih daru $5,000 hingga $10,000.

Sebuah angka yang cukup besar bukan?? Bagaimana dengan di Indonesia??

Bagi rekan-rekan fotografer di Indonesia, yuk kita sharing berapa sih bayaran seorang fotografer professional.. ?? Bagaimana sih kita memberikan ukuran atas service bidikan kamera kita?? apa saja patokannya??

Last edited 12 May 2014