Ada sebuah kisah yang sangat menginspirasi,

Sebuah kejadian unik pernah terjadi di gedung First Security Bank di Boise, Idaho. Secara tidak sengaja penjaga meletakkan sebuah kotak berisi 8.000 lembar cek senilai 840.000 dollar di dekat mesin penghancur kertas. Malam itu, seperti biasa operator penghancur kertas melakukan tugasnya. Dan karena sudah menjadi pekerjaan yang rutin, penjaga itu tanpa memeriksa isi kotak langsung memasukkan lembaran kertas yang adalah cek itu ke dalam mesin penghancur dan membuang hasil potongannya ke bak sampah.

enter image description here

Alhasil, keesokan harinya kantor bank itupun gempar. Pimpinan bank pun menangis karena seluruh cek itu sudah cair dan menunggu untuk dibawa ke bagian kliring. Mimpi burukpun semakin menyedihkan, karena bagian pembukuan belum sempat mencatat cek-cek tersebut. Sehingga mereka tidak tahu siapa saja yang membayar cek-cek tersebut, untuk pembayaran apa, dan kepada siapa harus dibayarkan.

Namun apa yang terjadi? Sang pimpinan bank membuat keputusan yang berani dan sepertinya mustahil untuk dikerjakan. Ia memerintahkan agar sobekan kertas-kertas cek tersebut disusun ulang. Ia menyusun 50 orang pegawainya untuk bekerja dalam 2 kelompok dan bekerja 6 jam sehari untuk memasang sobekan-sobekan kecil, dan mencocokkannya layaknya memasang puzzle yang rumit. Namun pada akhirnya 8.000 lembar cek itu dapat tersusun kembali.

Kesalahan adalah sesuatu yang mungkin terjadi, entah karena kelalaian, kurang teliti, kurang komunikasi, kecerobohan, dsb. Akibat yang ditimbulkan oleh kesalahan kecil juga bisa fatal dan menjadi masalah yang besar. Dalam kondisi seperti itu sebagian besar orang akan sibuk dengan kepanikan dan mencari 'kambing hitam' daripada mencari penyelesaian masalah.

Punya pengalaman seperti cerita di atas? Silahkan share disini... semoga bisa menginspirasi teman-teman HOPERs yang lain.

Last edited 12 May 2014