Bagaimana cara memulai usaha sebagai konsultan pernikahan dan wedding planner?

2
2 Posts
12 Points
Angel Brownies posted this in Peluang Usaha

Teman-teman HOPERs, sepertinya peluang bisnis menjadi konsultan pernikahan di Indonesia cukup menjanjikan lho. Bayangkan, berdasarkan statistik tahun 2009 ada 6,8 dari 1000 orang yang menikah setiap tahunnya, ini artinya sekitar 2 juta orang menikah setiap tahunnya di Indonesia. Meskipun sudah ada banyak jasa konsultan pernikahan, tetapi jika melihat ceruk pasar yang besar itu, rasanya peluang untuk mendapatkan client masih cukup besar. Apalagi jumlah penduduk yang terus bertambah setiap tahunnya.

Beberapa waktu yang lalu saya juga melihat acara infotaintment di televisi yang meliput pernikahan beberapa artis yang mengeluarkan biaya ratusan juta bahkan sampai milyaran rupiah. Orang sibuk mempersiapkan acara pesta pernikahan, rela mengeluarkan biaya ratusan juta bahkan milyaran rupiah untuk sewa gedung, catering, pakaian, undangan, souvenir, sound system, fotografi dan sebagainya.

enter image description here

Nah, saya melihat ini sebagai peluang usaha bagi Anda yang tertarik untuk menjadi konsultan pernikahan, memang ini bukan hanya murni bisnis semata, tetapi lebih untuk tujuan yang mulia dalam arti mempersiapkan keluarga yang baik, anak-anak yang baik, keluarga sejahtera lahir dan batin dan mengindarkan pernikahan dari perceraian.

Teman-teman yang punya pengalaman di bidang ini mungkin bisa share di sini, siapa tahu bisa membantu teman-teman lainnya yang juga lagi mencari peluang usaha, hitung-hitung dapat membantu pemerintah mengurangi pengangguran...

Last edited 27 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2 Posts/Answers
2
2 Posts
8 Points
Hari Margono posted this in Peluang Usaha

Pengalaman membagikan jasa wedding planner

Aku mencoba untuk bisnis wiraswasta dengan modal yang pas-pasan. Awalnya aku mulai mengajak teman-teman yang punya gawe sebagai Event Oganizer (EO) yang selama ini mendapatkan kontrak dari Mall yang ada di kotaku.

Saat pertama, aku ingin jual jasa wedding planner, namun tersendat-sendat karena modal yang terbatas. Akhirnya aku memberanikan diri untuk gabung dengan EO tersebut dengan biaya patungan untuk membuka di mall. Lumayan juga ada beberapa orang akhirnya mengambil jasa wedding planner ku. Perasaanku begitu haru, bangga, dan sangat gembira melihat antusias orang-orang yang menggunakan jasaku tanpa merendahkan kualitas kemampuan finansialku.

Aku tunjukkan pada mereka, pelayanan yang optimal, agar mereka lebih mempercayai untuk event-event berikutnya tetap menggunakan jasa pelayanan wedding planner ku. Setiap usaha pasti terasa berat di awalnya, ketika kita berani melangkah, maka kesulitan tersebut nampak sirna dan sebenarnya tidak ada yang sulit bagi pemula yang mau mencoba.

Cobalah segala sesuatu dengan perasaan yakin, jangan takut gagal, mulai dengan hal yang kita bisa, jangan mengkhayal terlalu mewah atau berlebihan. Cukupkan diri dengan apa yang ada dan andalkan DOA dalam setiap USAHA.

Amin.

Last edited 19 November 2013


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2
1 Posts
5 Points
Mulya Sastra posted this in Peluang Usaha

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEORANG WEDDING PLANNER


Untuk menjadi seorang wedding planner, kita dituntut untuk memiliki kreatifitas dan kemampuan multitasking yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, seorang wedding planner harus mampu memberikan gambaran, usulan, dan ide dan konsep yang menarik untuk sebuah perhelatan acara yang hanya diadakan sekali seumur hidup. Selain itu seorang wedding planner juga harus cakap dalam mengurus segala aspek yang perlu dipersiapkan dalam acara pernikahan tersebut. Karena itu, seorang wedding planner harus memiliki kecakapan dalam berkomunikasi dan memilki banyak relasi yang terkait dengan kebutuhan acara pernikahan.

enter image description here

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi anda yang ingin terjun dalam dunia usaha ini, dan menjadikannya sebagai profesi, yaitu:

  1. Milikilah jaringan pertemanan dan relasi yang banyak. Seorang wedding planner harus memiliki pengetahuan dan jaringan pertemanan yang luas, karena cara ini terbukti cukup ampuh dalam memberikan order-order acara kepada kita. Selain itu kita punya beberapa opsi dalam mempersiapkan komponen-komponen kebutuhan untuk persiapan acara pernikahan tersebut. Mulai dari makanan, pengisi acara, MC, dekorasi, artistik, dokumentasi, dsb.

  2. Miliki seni berkomunikasi yang baik. Dengan menjadi seseorang yang mudah bersahabat dan berkomunikasi maka kebutuhan calon mempelai akan konsep dan keinginannya untuk acara pernikahan tersebut dapat diakomodasi dengan baik. Hal ini akan memperkecil kesalahpahaman dan hal-hal yang terjadi diluar dugaan.

  3. Miliki fleksibilitas dalam pelayanan, budget, maupun dalam mengakomodasi selera pasangan calon pengantin. Kita harus dapat memahami style serta keinginan calon mempelai sebagai prioritasnya. Meskipun kadang-kadang kita merasa ide dan konsep yang kita miliki lebih baik dan menarik. Karena hal ini berkenaan dengan keinginan pasangan tersebut pada hari bahagia nantinya.

Tugas seorang Wedding Planner tidaklah ringan. Ia harus bisa mengkreasikan sebuah momen yang paling berharga terutama untuk calon mempelai dan keluarga. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh seorang Wedding Planner yang baik adalah membantu calon mempelai semaksimal mungkin, sehingga mereka berada dalam kondisi mood yang baik pada hari pernikahan mereka.

Memang potensinya masih besar, dan banyak kebutuhan yang bisa dihandle. Tergantung dari pelayanan yang kita berikan, usaha ini sangat bergantung pada kualitas pelayanan.

Mungkin hal ini dapat membantu anda yang akan terjun dalam dunia Wedding Planner.

Last edited 08 December 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: