Bagaimana cara membuat tahu pong??

1
2 Posts
4 Points

Tahu merupakan salah satu makanan favorit saya sejak kecil. Biasanya sih kalau pengen masak tahu tinggal beli di pasar, mudah dan praktis. Salah satu jenis tahu yang paling saya sukai adalah tahu pong yang dimakan dengan menggunakan petis... wuiiihh sipp banget rasanya. Nah, berhubung ngga bisa buat sendiri tahu pong ini, terpaksa beli jadi...

cara membuat tahu pong

Tapi kalo beli jadi, minyaknya kurang terjamin. Para penjual gorengan tidak terlalu ambil pusing dengan masalah kesehatan, minyak jelantah yang sudah keruh tetap dipakai berulang kali untuk menggoreng. Saya sekarang berusaha untuk menjaga kesehatan mulai dari soal makanan. Jadi sekarang saya pengen buat sendiri tahu pong tersebut... lebih higienis dan terjamin kebersihannya...

Temen2 ada yang punya resepnya ga?? Belakangan ini saya juga kepengin buka usaha sendiri.. Nah kalo bisa buat si tahu pong ini, kayanya boleh juga tuh jadi usaha rintisan awal.. dengan judul "TAHU PONG SEHAT"... hehehe....

Last edited 28 June 2015


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2 Posts/Answers
1
1 Posts
3 Points
marsiani posted this in Food and Baverages

cara membuat tahu pong

Membuat tahu sendiri di rumah memang menjadi suatu kepuasan yang tersendiri, selain bisa mendapatkan pengalaman memasak, kita juga bisa menjaga tahu lebih higienis dan bisa dimodifikasi sendiri sesuai dengan selera. Meskipun agak repot untuk membuatnya (dibandingkan kalau langsung beli jadi di pasar), tapi ada kepuasan tersendiri jika bisa membuatnya sendiri.

Proses pembuatan tahu pong sebenarnya hampir sama dengan pembuatan jenis tahu yang lain. Hanya ada sedikit perbedaan dalam tekniknya. Untuk informasi mengenai hal ini saya belum mendapatkan informasi yang cukup akurat. Saya pernah mendengar beberapa menggunakan teknik merendam tahu dalam ragi roti selama beberapa menit, ada juga yang mengatakan bahwa untuk membuat tahu pong sebenarnya ada pada teknik menggorengnya, dan masih banyak kabar lainnya yang belum bisa saya buktikan sendiri. Mungkin jika saya sudah tahu jawabannya, saya akan update posting saya ini.

Sebagai gambarannya saja, dalam proses pembuatan tahu kita membutuhkan bahan baku dan peralatan sebagai berikut: kedelai (jumlahnya sesuai kebutuhan), ember, penggiling kedelai, tungku perebusan, bahan bakar (grajen atau kayu), alat penyaring, bak tempat penyaringan, alat pengaduk, kotak pencetak tahu, kain sebagai alas kotak pencetak.

Cara pembuatan tahu juga tidak terlalu sulit. Untuk resep membuat tahu Anda bisa membacanya secara lengkap di artikel "Cara Membuat Tahu Sendiri di Rumah [step by step]". Dalam artikel tersebut akan dijelaskan secara mendetail langkah-langkah yang diperlukan dalam pembuatan tahu putih biasa.

cara membuat tahu

Prosesnya biasanya dibagi menjadi beberapa tahapan sebagai berikut:

  1. MERENDAM KEDELAI. Pelu diketahui bahwa ada 2 jenis kedelai yang beredar di pasaran, yaitu: kedelai lokal dan impor. Kedelai lokal memang unggul dalam rasa, sehingga jika menggunakan kedelai ini tahu menjadi lebih gurih. Tetapi harganya lebih mahal dan kedelainya sangat kotor, sehingga repot mencucinya. Sedangkan kedelai impor lebih murah, namun kualitasnya sedang. Kebanyakan pengusaha tahu di daerah saya menggunakan kedelai impor.

    Kedelai ditakar 10 kg dan direndam kurang lebih 3 jam (untuk kedelai impor, kedelai lokal sekitar 5-6 jam).

  2. MENGGILING KEDELAI. Setelah kedelai mengembang, tiriskan lalu kedelai dicuci bersih. Setelah itu digiling dengan menggunakan mesin penggiling sambil dialiri air sedikit demi sedikit, sehingga hasil gilingannya menyerupai bubur.

  3. MEREBUS BUBUR KEDELAI. Setelah menjadi bubur kedelai, langsung direbus dalam tungku atau drum yang terbuat dari besi (biasanya digunakan drum bekas oli).

  4. MENYARING BUBUR KEDELAI. Setelah mendidih, bubur kedelai disaring menggunakan kain saringan yang memiliki pori kecil. Bahan yang nantinya akan digunakan adalah cairan sari tahu yang melewati lubang saringan, sedangkan ampas yang tertinggal di saringan disisihkan. Ampas tahu ini nantinya biasa digunakan untuk bermacam-macam olahan, seperti diolah menjadi tempe gembus.

  5. MENGGUMPALKAN BUBUR KEDELAI. Setelah disaring, maka cairan tersebut perlu diproses menjadi gumpalan tahu. Ini adalah proses kunci dari pembuatan tahu. Perbedaan antara *tahu pong dengan tahu putih biasa* terletak pada bagian ini. Hasil penyaringan bubur tadi berada di bak yang berbentuk lingkaran, berwarna putih susu. Air di bak ini kemudian diaduk secara perlahan.

    Sampai terbentuk sirkulasi memutar vertikal dari air di bak tadi. Perlahan-lahan masukkan cairan penggumpal sambil terus di aduk. Cairan penggumpal yang digunakan adalah cuka (khusus tahu). Lama-lama cairan itu akan terbentuk bulir-bulir tahu kecil yang akan semakin membesar. Ketika bulir-bulir tersebut sebesar biji jagung, berhentilah mengaduk, namun jangan diberhentikan paksa sirkulasi air tersebut, biarkan sampai berhenti sendiri.

    Setelah menggumpal, biarkan sejenak supaya mengendap. Setelah mengendap sedot air yang berada di atas endapan tahu menggunakan selang. Air ini dapat simpan dalam ember, karena dapat digunakan untuk menggumpalkan tahu sebagai pengganti cuka tahu.

  6. MENCETAK. Setelah airnya habis, endapan tahu siap untuk dicetak. Caranya adalah dengan dimasukkan ke dalam kotak pencetak yang telah diberi kain terlebih dahulu. Bagian bawah kotak ini diberi banyak lubang untuk membantu mengeluarkan air yang masih tersisa dalam gumpalan tahu tersebut dan akan keluar lagi pada proses pencetakan tahu.

Setelah sekitar 30 menit, tahu yang dicetak sudah siap untuk dipotong-potong sesuai dengan selera. Proses pembuatan tahu ini berkisar antara 1 - 2 jam. Cukup mudah bukan??

Semoga tips ini dapat membantu...

Last edited 28 June 2015


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

0
23 Posts
91 Points
heryadi posted this in Food and Baverages

Wow.. membuat tahu sendiri ternyata tidak susah-susah amat koq ya...

Sepertinya potensi bisnis tahu juga menjanjikan sebagaimana konsumsi tahu setiap hari di Indonesia cukup banyak permintaannya. Namun perlu inovasi baru untuk bisa menaikkan harga jual si tahu ini. Tahu kriuk sudah ada yang jual, tahu gejrot, tahu mini, tahu crispy..... hehe apa lagi ya??

Last edited 12 May 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: