Bagaimana cara membuat anak usia 3 tahun sudah mau makan sayuran??

0
2 Posts
2 Points
sukma007 posted this in Kids and Parenting

Anak saya sudah berusia 3 tahun, tapi ia hanya mau makan makanan tertentu dan sama sekali tidak mau makan sayuran. Sudah saya coba berbagai jenis sayuran tidak ada yang mau dimakan. Kadang saya merasa jengkel, soalnya sayur kan buat menjaga kesehatan sang anak, khususnya untuk memberikan asupan serat. Apalagi sebentar lagi sang anak akan masuk ke sekolah SD.

Gimana ya caranya membuat anak tersebut mau makan sayuran??


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1 Posts/Answers
0
3 Posts
3 Points
aji warto posted this in Kids and Parenting

TIPS AGAR ANAK SUKA MAKAN SAYUR


Bagaimanapun juga tidak sedikit anak yang memang tidak suka makan sayur. Entah kenapa mereka tidak menyukai sayur tersebut. Ada yang anak yang ngga suka rasanya yang sedikit pahit, ada juga yang ngga suka warna hijaunya.. Nah sebagai seorang ibu, akan pusing menghadapi anak-anak yang tidak suka makan sayur, karena sayur sangat penting untuk metabolisme mereka.

Ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk membuat anak kita menjadi paling tidak mau memasukkan sayuran itu ke dalam mulutnya, lebih baik lagi jika bisa membuat anak kita menjadi suka makan sayuran. Salah satunya adalah dengan membuat kreasi masakan sayuran yang menarik.

enter image description here

Mau tidak mau, kita sebagai seorang ibu harus bekerja ekstra untuk menghidangkan masakan sayuran tersebut dalam bentuk yang semenarik mungkin. Saya pernah melihat tayangan di televisi dimana ada salah satu katering khusus di ibukota yang menyediakan hidangan sayuran untuk anak dengan berbagai kreasi yang sangat menarik. Katering tersebut mengkreasikan makanan berbahan dasar sayuran menjadi bentuk tokoh kartun favorit anak-anak, hingga sang anak tidak menghiraukan bahwa makanan tersebut sebenarnya adalah sayuran. Cukup banyak ibu-ibu yang memesan ke katering tersebut untuk memberikan bekal makanan sekolah anak-anaknya.

Bagi ibu-ibu yang tidak mau repot hal itu bisa dilakukan. Namun bagi yang hobi masak ibu-ibu bisa mulai mencari resep-resep kreasi masakan sayuran yang menarik bagi si anak. Ini bisa jadi salah satu langkah awal supaya sang anak mau makan sayuran.

Selain itu, sajikan masakan sayuran tersebut dalam kondisi yang renyah. Anak-anak biasanya tidak menyukai makanan yang terlalu lembek, jadi hindari memasak sayuran dalam waktu terlalu lama (overcook). Kondisi sayuran yang masih renyah biasanya juga akan lebih nikmat disantap, dan hal ini bisa memperkecil peluang si anak tidak menyukai masakan sayuran tersebut.

Kalau perlu sesekali ajak anak-anak kita untuk ikut berbelanja di supermarket. Biarkan anak-anak kita melihat-lihat berbagai jenis sayuran yang nampak menarik bagi mereka. Setelah itu mintalah mereka untuk memilih jenis sayuran yang ia sukai. Dengan cara ini diharapkan paling tidak anak-anak akan berkesan bila melihat sayuran pilihan mereka menjadi bagian dari menu makan.

Yuk kita coba....

Last edited 12 May 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: