Bagaimana Business & Marketing Plan Food & Beverage Products/Services??

0
2 Posts
5 Points
sukarni posted this in Bisnis dan Keuangan

Seringkali yang menjadi faktor penyebab gagalnya calon entrepreneur atau pengusaha diawal usaha mereka adalah akibat tidak mampu merancang atau tidak memiliki perencanaan bisnis dan pemasaran (Business & Marketing plan) yang baik.

Pertanyaannya adalah bagaimana Business & Marketing plan yang paling inti dan crucial untuk bidang Food & Beverage products and services?


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1 Posts/Answers
0
1 Posts
1 Points
rianto posted this in Bisnis dan Keuangan

Untuk menjalankan rencana pemasaran (Marketing Plan) di bidang food and beverages, seperti restaurant, perlu dilakukan identifikasi pangsa pasar dan kebutuhannya. Ini merupakan langkah awal dalam menyusun strategi pemasaran dalam bisnis restoran. Marketing plan untuk pangsa pasar menengah ke atas tentunya sedikit berbeda dengan pangsa pasar yang menyasar mahasiswa atau pelajar.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi target pangsa pasar yang diinginkan adalah dengan melakukan riset terhadap kebutuhan, keinginan, dan harapan calon pelanggan potensial. Analisis yang meliputi segi lokasi, budaya, dan perilaku konsumen, akan dapat memberikan gambaran peluang dan strategi yang dibutuhkan untuk menghadapi kendala yang ada.

enter image description here

Setelah melakukan indentifikasi dan analisa secara menyeluruh, maka tahapan selanjutnya adalah menyusun rencana kegiatan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Rencana kegiatan tersebut nantinya akan direalisasikan dengan mempertimbangkan unsur-unsur pokok dalam sebuah bisnis, yang dikenal dengan formula 4P's, yaitu Products, Promotion, Place, dan Price.

Products. Bisnis yang berhubungan dengan food and beverages seharusnya tidak hanya terpaku kepada produk berupa makanan dan minuman saja. Suasana restoran yang nyaman, bersih, dan kualitas pelayanan yang diberikan juga merupakan 'produk' yang harus diperhatikan.

Promotion. Dengan menciptakan 'brand image' yang unik dan berkesan, baik melalui promosi menggunakan iklan, maupun sosial media, serta inovasi-inovasi yang terus dikembangkan, maka akan memberikan citra yang positif untuk bisnis tersebut.

Place. Lokasi yang strategis merupakan salah satu faktor penunjang yang bisa mempengaruhi keberhasilan sebuah bisnis restoran. Segi lokasi yang akan dipilih harus memperhatikan faktor lahan parkir yang aman dan nyaman, serta akses ke lokasi yang tidak jauh dari tempat keramaian.

Price. Faktor harga makanan dan minuman dalam bisnis food and beverages bisa menjadi salah satu faktor kunci dan mempengaruhi konsumen untuk datang berkunjung. Saat ini banyak sekali restoran yang menawarkan diskon khusus untuk menarik konsumen, dan hal ini ternyata cukup efektif.

Akibatnya banyak kompetitor yang melakukan hal yang sama, sehingga faktor harga ini perlu dikombinasikan dengan produk yang berkualitas, sehingga periode promosi tersebut dapat menghasilkan repeat order untuk masa yang akan datang.

Last edited 12 May 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: