Pertumbuhan perekonomian Indonesia pada tahun 2011 mencatat angka pertumbuhan tertinggi 6,5 persen adalah salah satu bukti keberhasilan kelompok UMKM dan koperasi yang dilandasi jiwa wirausaha. Wirausaha itu memang bisa terjadi secara alami (bakat) dan bisa dari hasil praktek. Wirausaha juga bisa terjadi antara perpaduan kedua hal tersebut. Tapi yang lebih penting adalah yang berani mengambil risiko, dan berani praktek.

Di Indonesia, UKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha).

enter image description here

UKM sendiri tidak bisa dianggap enteng. UKM berperan cukup besar dalam peningkatan perekonomian Indonesia. UKM telah terbukti mampu hidup dan berkembang di dalam badai krisis selama lebih dari enam tahun, keberadaannya telah dapat memberikan kontribusi terhadap PDB sebesar hampir 60%, penyerapan tenaga kerja sebesar 88,7% dari seluruh angkatan kerja di Indonesia dan kontribusi UKM terhadap ekspor tahun 1997 sebesar 7,5% (BPS tahun 2000).

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mencatat jumlah penduduk yang berwirausaha saat ini baru mencapai angka 0,18 persen dari jumlah 238 juta penduduk Indonesia. Idealnya, agar Indonesia bisa berdaya saing tinggi dibutuhkan paling sedikit 2 persen dari 238 juta orang penduduk Indonesia atau sekitar 4,76 juta orang wirausaha baru dengan beragam profesi dan keahlian.

Melalui semangat kewirausahaan, inovasi dan kreatifitas akan berkembang dengan pesat. Berbagai dukungan baik dari pemerintah maupun pihak swasta telah sedikit banyak membuat tumbuhnya wirausaha-wirausaha baru di Indonesia. Bahkan anak muda Indonesia sudah banyak yang berhasil dalam usaha mandirinya.. Billy Boen adalah salah satu contohnya dan merupakan salah satu inspirasi bagi anak-anak muda Indonesia.

AYO BERKREASI DAN BERINOVASI DENGAN BERWIRAUSAHA...

Last edited 20 March 2014