Apakah Kuliah itu Penting?? Bukankah banyak lulusan universitas yang menganggur??

3
3 Posts
9 Points

Kalau berbicara mengenai pendidikan, rata-rata orang akan cenderung untuk melanjutkan kuliah meskipun mereka sendiri tidak punya visi yang jelas, untuk apa mereka kuliah.. Paling-paling mereka hanya mengejar Ijazah yang bisa digunakan untuk mencari kerja. Faktanya setelah lulus dari kuliah mereka juga kebingungan mencari kerja.

Dengar-dengar jumlah pengangguran yang adalah para mahasiswa itu di Indonesia jumlahnya 9 juta orang... WOWW?? fantastis bukan? Hal ini sepertinya dikarenakan sistem pendidikan di universitas yang ada di Indonesia masih belum bisa memberikan kompetensi yang dibutuhkan dunia Industri. Bahkan tidak jarang lulusan-lulusan tersebut ternyata bekerja di bidang pekerjaan yang sama sekali berbeda dengan kuliah yang digelutinya selama 3-5 tahun itu.

Sementara itu kita semua tahu beberapa orang yang notabene tidak memiliki pendidikan yang tinggi, namun memiliki pekerjaan dan bisnis yang sukses.. Kalau begitu ceritanya penting ngga sih kuliah itu?? Kalau kuliah hanya sekedar untuk menjaga gengsi dan mendapatkan ijazah, kayanya hanya buang-buang biaya dan waktu donk??


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1 Posts/Answers
0
2 Posts
4 Points

Jika berbicara mengenai apakah seseorang perlu untuk kuliah?? maka saya langsung teringat pada pertentangan saran yang diberikan oleh 2 orang figur yang terkenal di Indonesia yaitu antara Bapak Mario Teguh dan Bob Sadino. Keduanya memang saat ini boleh dikatakan seorang publik figur yang telah mendapatkan kesuksesan, namun dengan paradigma yang berbeda. Beginilah kira-kira perbedaan pendapat antara keduanya:

enter image description here

Bob Sadino: “Mau kaya? berhentilah sekolah atau berhentilah kuliah sekarang juga, and start action, karena ilmu di lapangan lebih penting daripada ilmu di sekolahan atau kuliahan.”

Mario Teguh: “Berhati-hatilah dengan orang yang membanggakan keberhasilannya walaupun dia berpendidikan rendah. Itu tidak boleh dijadikan dalil. Pendidikan itu penting. Buktinya, dengan pendidikan yang sedikit saja, dia bisa berhasil, apalagi jika dia terdidik dengan lebih baik. Bukankah kita dianjurkan untuk menuntut ilmu sampai ke negeri Cina? Dengan ilmu, segala sesuatu bisa mencapai kualitas tertingginya.”

enter image description here

Trus gimana dong???

Jika ditanyakan kepada banyak orang, pasti akan ada yang sepakat dengan si pengusaha (Bob Sadino) dan juga ada yang sepakat dengan si Motivator (Mario Teguh). Pendapat dari Bapak Bob Sadino ternyata juga didukung oleh beberapa fakta bahwa ada beberapa orang yang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia yang tidak lulus kuliah, bahkan drop out (DO), sebut saja Bill Gates (pendiri Microsoft) dan Mark Zuckerberg (pendiri Facebook).

Namun pendapat dari Bapak Mario Teguh juga dapat didukung oleh fakta yang sama, yaitu beberapa orang yang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia juga ada yang mengenyam pendidikan tinggi (kuliah), seperti pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin.

Menurut saya, pendidikan dan pengetahuan memang tidak selalu harus didapatkan melalui bangku kuliah. Bisa dibilang pengetahuan bisa didapatkan dari mana saja, apalagi dalam dunia modern yang sudah semakin mudah mengakses informasi melalui internet. Kalau diselidiki lebih lanjut, maka orang-orang yang punya visilah yang memiliki potensi untuk mendapatkan kesuksesan.

Tidak masalah mereka mendapatkan kesempatan untuk kuliah atau tidak. Jika seseorang sudah memiliki kesempatan untuk kuliah namun tidak memiliki visi untuk mencapai kesuksesan, maka ya jadinya biasa-biasa saja, apalagi orang yang tidak kuliah namun malas-malasan dan tidak mau berjuang.. lebih parah dech...hahaha...

Last edited 12 May 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: