Harga HP Smartphone kelas atas yang masuk akal

Dengan berbekal pengalaman meluncurkan smartphone Android, Acer rupanya makin percaya diri dan bersiap untuk merebut sebagian pangsa pasar smartphone dan tablet, termasuk di Indonesia. Acer sendiri sudah menyiapkan strategi tersendiri untuk bisa bersaing di pasar yang potensial dengan harga HP yang semakin terjangkau oleh ceruk pasar yang berada di segmen menengah ke bawah.

Belum lama ini Acer sudah meluncurkan smartphone di kelas menengah yaitu Acer Liquid E2. Harga HP ini dibanderol sekitar 2,5 jutaan dengan spesifikasi yang cukup garang. Saat ini Acer sepertinya juga melirik pangsa pasar smartphone kelas atas dengan meluncurkan seri berikutnya yaitu Acer Liquid S1. Harga HP produk terbaru Acer ini cukup premium, namun dengan banyak sekali fitur dan spesifikasi yang mampu bersaing dengan para kompetitornya seperti Samsung, HTC, dan LG.

enter image description here

Desain Acer Liquid S1

Dengan ukuran yang tergolong cukup besar dimensinya, Acer Liquid S1 ini tetap bisa memiliki bobot yang ringan. Bahan materialnya memang menggunakan plastik, namun dengan sentuhan tekstur matte, body smartphone ini cukup nyaman ketika digenggam dan tidak licin maupun mudah meninggalkan jejak sidik jari. Meski harga HP ini cukup terjangkau, namun kesan murahan tidak terlihat pada smartphone ini. Cukup memuaskan meski beberapa smartphone terbaru dari Asus bisa menampilkan kesan premium pada jajaran Asus Zenphonenya.

Tombol home, back, dan task switcher terletak pada bagian bawah berupa tombol sentuh (bukan tombol fisik). Ukuran fisik ponsel ini adalah 16.3x8.3x9.6 dengan bobot hanya 165 gram. Maka masih memungkinkan untuk digenggam dengan menggunakan satu tangan.

Salah satu kelebihan dari Acer Liquid S1 adalah sudah mendukung dual SIM GSM. Dua buah slot kartu SIM sudah tersedia di bagian belakang (setelah membuka penutup belakang cover). Seperti biasanya tombol pengatur volume diletakkan pada bagian kanan, dan port 3.5 mm jack audio terletak pada bagian atas. Port micro USB ada dibagian bawah sebagai port untuk charger dan transfer data menggunakan kabel USB.

Layar dan User Interface Acer Liquid S1

Ukuran layar Acer Liquid S1 menjadi salah satu keunggulan dari smartphone ini. Layar sentuh seluas 5.7 inch yang membentang dengan resolusi sebesar 720x1280 (~258 ppi) tergolong sangat lega dan mendekati ukuran phablet. Harga HP yang setara dengan smartphone ini masih sedikit yang bisa memberikan layar seluas Acer Liquid S1 ini.

enter image description here

Fitur Live screen yang sudah disematkan pada ponsel ini cukup menarik. Pasalnya kita bisa berbagi gambar dan layar dengan ponsel Acer Liquid S1 lainnnya cukup menggunakan koneksi Wi-Fi saja.

Acer Liquid S1 juga sudah menggunakan OS Android Jelly Bean yang bisa dikustom mulai dari tombol shortcut aplikasi hingga efek transisi perpindahan halaman, serta theme secara keseluruhan.

Hardware dan Koneksi Internet

Dengan berbekal prosesor Quad-core 1.5 GHz dan GPU PowerVR SGX-544MP, serta didukung oleh memori RAM sebesar 1 GB, kinerja Acer Liqiud S1 tidak mengecewakan. Namun kapasitas baterai yang hanya sebesar 2400 mAh terbilang kurang memadai untuk memasok kebutuhan daya untuk seharian beraktifitas menggunakan smartphone ini.

Kehadiran memori internal yang hanya sebesar 8 GB bisa diterima, karena Acer sudah menyediakan slot untuk microSD hingga kapasitas 32 GB.

Kamera Acer Liquid S1

Kamera sebesar 8 MP yang dilengkapi dengan Flash sepertinya cukup memuaskan sama seperti yang digunakan pada seri Liquid E2. Sementara itu untuk kamera video call juga tersedia di bagian depan.

enter image description here

Harga HP Acer Liquid S1

Harga HP Acer Liquid S1 tergolong cukup mahal, karena smartphone ini memang menyasar kelas atas untuk bersaing dengan smartphone Samsung, HTC, ataupun LG. Banderol harga HP sebesar IDR 3.999.000 termasuk cukup mahal, namun jika dibandingkan dengan produk kompetitornya seperti Samsung Galaxy SIII dan HTC X One yg masih dikisaran 5 jutaan, maka Liquid S1 ini boleh dibilang lebih terjangkau. Bahkan juga mampu bersaing secara ketat dengan harga HP LG Nexus 4 yang sekarang berada dikisaran 4 jutaan.

Last edited 03 October 2014