Tablet baru acer untuk segmen menengah

Tren untuk menggunakan ukuran layar 8 inch masih menjadi primadona bagi para produsen tablet saat ini. Ukuran ini dirasa paling pas untuk mendapatkan pengalaman menggunakan tablet yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Agaknya inilah yang menjadi pertimbangan bagi Acer untuk meluncurkan tablet barunya, yaitu Acer Iconia A1 - 811.

Acer tidak mau kalah dalam persaingan memperebutkan pasar tablet yang masih potensial ini, yang sementara ini masih didominasi oleh Apple dan Samsung. Meskipun termasuk dalam segmen menengah, namun produk Acer ini tidak tanggung-tanggung dalam mengusung spesifikasi yang termasuk lengkap, namun dalam banderol harga tablet yang bisa bersaing dengan iPad Mini maupun jajaran tablet Samsung Galaxy Tab.

enter image description here

Desain Acer Iconia A1-811

Dengan ukuran 20,87 x 14,5 x 1,11 cm dan bobot sebesar 410 gram, Acer Iconia Tab A1-811 ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan iPad Mini. Untuk memperkecil biaya produksi, produk ini menggunakan material dari bahan plastik yang berwarna doff dan sedikit glossy. Meskipun menggunakan bahan yang terbilang tidak high-class, namun dengan kombinasi yang tepat ini bisa mengurangi tampaknya sidik jari atau bercak-bercak jari pengguna. Dengan banderol harga tablet yang tergolong cukup terjangkau ini, mau tidak mau Acer harus menggunakan material yang tepat agar ongkos produksi bisa ditekan seminimal mungkin.

Acer Iconia Tab A1-811 memiliki slot kartu SIM,sehingga bisa digunakan untuk akses internet, namun tidak bisa digunakan untuk telepon. Selain itu kita bisa menemukan adanya port HDMI, slot MicroSD, tombol pengatur volume pada sisi kanan tablet. Sedangkan lubang speaker dan port 3.5 mm audiojack terletak pada bagian bawah.

Layar Acer Iconia Tab A1-811

Acer Iconia Tab A1-811 menggunakan ukuran layar sebesar 7.9 inch dengan resolusi 1024x768 (162 ppi) yang sudah menggunakan teknologi IPS LED-backlit yang lebih hemat daya. Meski secara umum layar cukup baik digunakan di luar ruangan, namun resolusi layar yang diusung masih setara dengan iPad Mini dan sebagai hasilnya tidak terlalu memukau. Sebagai catatan iPad Mini versi 2 sudah menggunakan resolusi yang jauh lebih besar (2048x1058) karena banyak yang komplain dengan resolusi yang digunakan di iPad mini versi pertama.

Dapur Pacu Iconia Tab A1-811

Sekalipun masuk dalam segmen menengah, namun Acer tidak 'pelit' dalam mempersenjatai tablet barunya ini. Prosesor Quad-core 1.2 GHz MTK Cortex A9 sudah nangkring sebagai pendukung kinerja yang istimewa pada tablet ini. Dengan RAM 1 GB, memori internal sebesar 16 GB, dan slot untuk microSD up to 32 GB, maka masalah multitasking dan penyimpanan data sudah tidak terlalu mengkuatirkan.

Untuk menopang kebutuhan daya bagi prosesor Quad-corenya Acer menempatkan baterai dengan kapasitas 4960 mAh, yang diklaim mampu mempertahankan tablet ini untuk menonton video, browsing, bermain game, dsb selama 8 jam non stop.

Kamera dan Video

Acer menyematkan kamera sebesar 5 MP, namun tidak dilengkapi dengan lampu flash. Dari segi kualitas tergolong biasa-biasa saja, tidak ada yang istimewa. Untuk mendukung kegiatan chatting dan video call Acer juga memberikan kamera VGA pada bagian depannya. Kamera 5 MP juga bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi HD 720p.

Fitur dan User Interface

Iconia Tab A1-811 ini sudah menggunakan OS Android Jelly Bean v4.2.2 yang sudah tidak asing lagi. Beberapa aplikasi bawaan yang diberikan oleh Acer bisa menunjang berbagai kegiatan seperti membaca buku menggunakan aplikasi Zinio, mendengarkan musik dengan aplikasi 7digital, dan beberapa aplikasi game menarik untuk hiburan diwaktu senggang. Selain itu Acer juga sudah dilengkapi dengan Google Play Music untuk menikmati berbagai lagu favorit.

Aktifitas bermain game bisa jadi lebih menyenangkan dengan kehadiran port HDMI, karena bisa menampilkan layar ke monitor HD yang lebih besar.

Harga Tablet Iconia Tab A1-811

Acer Iconia Tab A1-811 ini dilepas dengan banderol harga awal sebesar Rp. 2.699.000. Dengan harga tablet yang lebih murah dari Samsung Galaxy Tab 3 8 inch dan iPad Mini, Acer berharap bisa merebut pangsa pasar tablet 8 inch yang sedang tren saat ini. Pesaing lainnya adalah Tablet Smartfren Andromax 8 yang dibanderol dengan harga tablet yang lebih murah, yaitu 2,3 jutaan, namun menggunakan prosesor dual-core.

Last edited 03 October 2014